Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan, Mulai dari Kroto Hingga Porang

Bisnis Budidaya Unik
Ilustrasi Bisnis Budidaya Unik. Foto: Ist/Net

Bisnis budidaya unik dapat menjadi ide usaha yang menguntungkan. Bisnis ini dapat dijalankan bagi Anda yang ingin menambah penghasilan saat pandemi Covid-19 saat ini. Terdapat banyak sekali pilihan ide bisnis budidaya cukup unik yang dapat memberikan keuntungan.

Baca juga: Potensi Bisnis Budidaya Ikan Hias yang Sangat Menjanjikan

Membangun usaha budidaya memang tidaklah semudah yang kita bayangkan. Akan tetapi, memulai usaha yang masih minim pesaing tentu dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemula.

Kita dapat melihat bisnis yang terdapat di sekitar kita. Tidak sedikit bisnis yang pada awalnya nampak remeh, akan tetapi justru secara perlahan dapat berkembang sukses sehingga menjadi potensi usaha menjanjikan.

Daftar Bisnis Budidaya Unik yang Menguntungkan

Bisnis dalam bidang budidaya dapat kita bagi menjadi dua bagian, yakni budidaya ternak serta budidaya tanaman. Masing-masing jenis bisnis budidaya tersebut tentu mempunyai beragam kelebihan masing-masing.

Selain itu, peluang bisnis budidaya yang unik dapat dikatakan masih langka serta minim pesaing. Oleh karena itu, pada saat akan memulai bisnis minim pesaing ini akan memberikan peluang jauh lebih besar apabila kita bandingkan dengan jenis usaha yang telah banyak dijalankan.

Di bawah ini termasuk dalam daftar jenis bisnis budidaya unik yang dapat menjadi inspirasi Anda:

Budidaya Kroto

Bisnis Budidaya Unik
Budidaya Kroto

Bisnis ini dapat menjadi salah satu contoh budidaya ternak yang cukup unik untuk Anda jalankan. Bahkan pada masa saat ini, usaha ini cukup menjanjikan untuk Anda jalankan.

Mungkin untuk beberapa orang belum begitu paham dengan kroto. Kroto merupakan telur sekaligus larva yang berasal dari semut rangrang. Karena populasi di hutan yang semakin berkurang, maka masyarakat pun mulai membudidayakan kroto.

Bahkan usaha kroto saat ini mulai menjadi peluang bisnis menguntungkan. Sebenarnya budidaya kroto adalah salah satu jenis usaha sampingan yang sederhana.

Akan tetapi, mampu memberikan keuntungan yang menggiurkan. Secara umum bisnis budidaya unik satu ini memang sangat bagus untuk Anda jalankan. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang perlu kita cermati sebelum menekuni usaha ini.

Terdapat beberapa aspek yang dapat kita pertimbangkan supaya bisa menentukan seberapa tinggi prospek usaha ini. Tidak seperti budidaya hewan lainnya yang memerlukan banyak tempat, tenaga, dan waktu untuk perawatan, beternak kroto mudah untuk Anda jalankan.

Menariknya lagi, bisnis budidaya unik ini dapat Anda jalankan dengan menggabungkan budidaya sayuran organik. Semut rangrang akan memperoleh makanan dari hama yang menyerang sayuran organik.

Baca juga: Usaha Budidaya Kroto Rumahan yang Praktis dan Menghasilkan

Dengan demikian, sayuran organik tersebut akan bebas dari hama dan dapat menjadi simbiosis mutualisme. Anda pun akan memperoleh keuntungan dua kali lipat dari dua bisnis tersebut.

Budidaya Maggot

Budidaya Maggot

Jenis bisnis budidaya unik lainnya adalah maggot atau belatung. Sekilas memang nampak menjijikkan, bahkan cukup gila untuk dijalankan. Namun jangan salah, budidaya maggot ini justru dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Pada faktanya, maggot memiliki banyak manfaat yang dapat kita ambil. Jenis belatung ini dapat menjadi obat mujarab untuk berbagai penyakit serta bermanfaat untuk terapi kesehatan.

Baca juga: Belajar dari Internet, Warga Ciamis Ini Berhasil Kembangkan Usaha Budidaya Maggot

Selain itu, budidaya maggot juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi lingkungan. Dengan menjalankan bisnis budidaya unik ini, dapat mengurangi sampah organik dalam setiap 1,5 meter kubik.

Di lingkungan masyarakat, budidaya maggot telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir. Selain maggotnya sendiri yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa, harga dari telur maggot juga menggiurkan.

Bisnis budidaya unik satu ini tidaklah sulit untuk dijalankan. Mengingat pengmbangbiakannya dapat Anda peroleh dari alam. Dalam kembangbiak maggot, para peternak dapat memberikan makanan organik untuk maggot yang mereka budidayakan. Dengan demikian, maggot pun dapat tumbuh dengan baik.

Maggot juga sangat bermanfaat bagi para peternak ikan. Mereka menggunakan maggot sebagai pakan ikan yang dapat memberikan hasil memuaskan.

Dengan metamorfosa maggot yang tidak memerlukan waktu lama, membuat budidaya maggot cukup menjanjikan, sehingga banyak peternak ikan mulai beralih dari pelet ke maggot. Hal ini pun dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi para peternak maggot.

Bisnis Ikan Cupang

Bisnis Ikan Cupang

Salah satu inspirasi bisnis budidaya unik yang dapat Anda jalankan selanjutnya adalah bisnis ikan cupang. Saat ini, bisnis ikan cupang hits di kalangan anak muda. Mempunyai warna sangat cantik dengan ekor yang mengembang, ikan cupang tampak lebih unik.

Maka tidak heran jika jenis ikan ini memiliki banyak penggemar. Dapat dikatakan bahwa bisnis ikan cupang memang menjanjikan yang dapat Anda coba. Salah satu keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam menjalankan bisnis ini adalah modal tidak terlalu besar.

Dalam menjalankan bisnis budidaya unik satu ini, hal yang Anda perlukan adalah membeli bibit serta lokasi usaha. Harga dari bibit ikan cupang pun juga tidak terlalu mahal.

Baca juga: Budidaya Ikan Cupang yang Benar Untuk Raup Keuntungan, Ini Caranya

Selain itu, budidaya ikan satu ini juga tidak memerlukan kolam terlalu luas, mengingat ukuran dari jenis ikan ini juga tak terlalu besar.

Cara budidaya ikan cupang juga penting untuk Anda pahami sebelum menjalankannya. Langkah pertama, sebaiknya pilih bibit yang sehat serta tidak cacat. Hal ini bertujuan agar proses pertumbuhannya dapat lebih cepat.

Cupang merupakan jenis ikan yang dapat bertahan dalam perairan minim oksigen. Oleh karena itu, ikan cupang dapat Anda pelihara di dalam akuarium tanpa perlu aerasi.

Meskipun demikian, Anda juga perlu menjaga kualitas air. Hal ini supaya air tetap bersih sehingga ikan dapat tumbuh dengan sempurna dan menarik.

Selain menjaga kebersihan air, Anda juga perlu memisahkan antara ikan yang satu dengan lainnya supaya tidak berkelahi serta merusak ekor lawannya.

Pemberian pakan pada ikan cupang dapat Anda lakukan sedikit demi sedikit dan sesering mungkin. Semakin sering Anda beri makan, maka ikan akan lebih cepat tumbuh.

Selain memerlukan modal yang kecil, Anda juga harus merawat ikan supaya dapat tumbuh dengan baik. Dengan demikian, bisnis budidaya yang unik ini pun dapat membuahkan hasil bagus.

Budidaya Ciplukan

Bisnis Budidaya Unik
Budidaya Ciplukan

Mungkin sebagian besar masyarakat tidak akan pernah terpikirkan untuk menjalankan bisnis budidaya unik ini. Pasalnya, ciplukan merupakan salah satu jenis tanaman liar yang banyak tumbuh di sawah.

Akan tetapi, sejak ditemukannya khasiat dari tanaman satu ini, maka banyak yang mencarinya sebagai obat. Ternyata ciplukan mempunyai khasiat cukup beragam.

Mulai dari mengatasi epilepsi, menurunkan kadar gula, mengobati nyeri sendi, menurunkan kolesterol, dan lain sebagainya. Tanaman dengan nama lain golden berry atau latin Physalis Angulata L ini merupakan tanaman langka bercitarasa sedikit asam.

Selain itu, tanaman ciplukan dapat Anda olah menjadi manisan kaya manfaat dengan harga sangat fantastik. Dengan harga yang fantastis tersebut, cara budidaya ciplukan justru mudah tanpa adanya perawatan khusus.

Hingga saat ini belum ada yang benar-benar fokus menjalankan budidaya ciplukan. Masih banyak penjual yang mengandalkan serta mencari ciplukan dari lingkungan sekitar.

Padahal dilihat dari beragam manfaat yang terdapat di dalamnya, ciplukan dapat menjadi bisnis budidaya unik dengan peluang sangat besar.

Budidaya Bonsai

Budidaya Bonsai

Si kerdil yang dapat menjadi pemanis rumah ini juga termasuk ide bisnis budidaya unik yang dapat Anda jalankan. Tren tanaman hias menjadikan para pelaku bisnis mulai melakukan budidaya tanaman hias, salah satunya adalah bonsai.

Kabarnya, tanaman hias satu ini dapat mencapai harga jual hingga Rp 3 miliar rupiah untuk jenis bonsai tertentu. Untuk membudidayakannya pun, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek pentingnya.

Mulai dari pemilihan bibit berkualitas, media tanam yang tepat, serta proses pembentukan hingga perawatannya. Pada umumnya, pohon bonsai akan ditanam pada sebuah pot yang telah Anda tambahkan kerikil-kerikil kecil, pasir, atau tanah kasar.

Sedangkan proses pembentukannya pun juga tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Terdapat teknik tersendiri untuk memperoleh hasil bonsai yang lebih maksimal.

Selain itu, dalam menjalankan bisnis budidaya unik satu ini, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai perawatan bonsai. Pasalnya, perawatan tanaman hias satu ini berbeda dengan perawatan jenis tanaman hias lainnya.

Pemangkasan harus Anda lakukan secara rutin supaya cabang serta dahan tidak tumbuh dengan lebat. Penyiraman harus Anda lakukan sesuai spesies serta kebutuhan pohon bonsai itu sendiri. Pemberian pupuk dapat Anda lakukan dalam kurun 3 kali setahun supaya bonsai tumbuh dengan baik.

Budidaya Bekicot

Budidaya Bekicot

Selain maggot, hal yang sering dianggap geli atau jijik oleh sebagian besar kalangan masyarakat adalah bekicot. Namun sebetulnya bisnis hewan lunak ini dapat menjadi budidaya unik yang dapat menjanjikan keuntungan luar biasa. Pasalnya, harga jual dari hewan mollusca ini relatif tinggi dengan modal minim.

Saat ini, banyak orang yang memburu bekicot untuk mereka jadikan pakan ternak. Hewan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Bahkan untuk beberapa daerah, bekicot juga sudah dikonsumsi sebagai menu tongseng, sate, atau keripik.

Selain itu, bekicot juga memiliki manfaat sebagai obat tradisional yang terpercaya untuk dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Maka tidak heran jika harga dari hewan ini cukup tinggi.

Meskipun Anda merasa jijik dan enggan berdekatan dengan bekicot, namun jika melihat proses keuntungannya, masihkah Anda ragu untuk membudidayakannya? Dapatkan keuntungan yang menggiurkan dengan budidaya bekicot.

Budidaya Tanaman Porang

Bisnis Budidaya Unik
Budidaya Porang

Saat ini tanaman porang sedang hangat dibicarakan masyarakat. Pasalnya, banyak petani porang yang berhasil menjadi miliarder. Seperti yang kita ketahui, bisnis ekspor umbi-umbian ini pun berkembang dengan pesat.

Penting untuk Anda ketahui, manfaat dari porang ini sangat beragam. Dapat menjadi bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, untuk pembuatan lem, dan jelly.

Baca juga: Tips Sukses Budidaya Porang di Lahan Terbuka

Bahkan porang dalam beberapa tahun terakhir menjadi barang komoditi ekspor ke negeri Jepang. Dengan demikian, porang dapat menjadi peluang bisnis budidaya unik dengan nilai strategis untuk kita kembangkan sebagai barang ekspor.

Usaha budidaya porang saat ini terbukti dapat mengubah petani porang menjadi seorang miliarder. Hingga saat ini porang tetap memiliki potensi yang sangat besar karena jumlah permintaannya tinggi dari luar negeri.

Memang untuk menjalankan bisnis budidaya unik satu ini memerlukan persiapan matang. Mulai dari pemilihan bibit, lahan, dan perawatan. Meskipun tidak sulit dalam hal perawatan, Anda harus memilih lokasi yang tepat. Usahakan Anda menanam pada lahan yang subur dan gembur. Dengan demikian, Anda pun akan memperoleh hasil yang maksimal. (R10/HR-Online)