Buah yang Bagus untuk Covid-19, dari Jeruk, Pepaya, hingga Kiwi

buah yang bagus untuk covid
Ragam buah yang bagus untuk covid. Foto: Ist/Net

Buah yang bagus untuk Covid-19 penting kita konsumsi secara rutin. Selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, buah-buahan ini juga kaya dengan berbagai vitamin dan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan. Apa saja jenis buah itu?

Menjaga imun tubuh agar selalu berada dalam kondisi terbaik adalah tugas kita, khususnya pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Apalagi virus Corona telah bermutasi dan telah menyebabkan banyak korban jiwa.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan imun tubuh adalah mengonsumsi buah-buahan dan makanan bergizi. Makanan ini berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dalam menangkal penularan virus Corona.

Buah yang Bagus untuk Covid-19

Meskipun banyak buah yang kaya nutrisi, namun tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan untuk menangkal Covid-19. Karena itu penting memilih buah-buahan dengan kandungan vitamin, dan tinggi antioksidan yang sangat baik kita konsumsi secara rutin.

Mengenai apa saja jenis buah yang bagus untuk Covid-19, yuk langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Baca Juga : Herbal untuk Imunitas Tubuh, dari Jahe hingga Buah Mengkudu

Buah Kiwi

Kiwi adalah jenis buah yang terdapat berbagai macam nutrisi penting. Termasuk terdapat kandungan nutrisi berupa asam folat, vitamin K, kalium dan juga vitamin C yang cukup tinggi.

Jenis buah yang satu ini juga dapat membantu dalam meningkatkan sel darah putih dalam melawan infeksi. Nutrisi lain yang terdapat di dalamnya juga membantu menjaga seluruh organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

Buah Jeruk

Jeruk dan jenis buah citrus lainnya juga termasuk salah satu jenis buah yang bagus untuk Covid-19. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya sama halnya kiwi.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah jeruk berfungsi meningkatkan produksi sel darah putih yang merupakan senjata ampuh dalam menghalau berbagai macam infeksi, virus dan bakteri.

Karena itu, buah jeruk atau jenis buah citrus lainnya sangat penting kita konsumsi ketika sedang sakit.

Baca Juga : Cara Memulihkan Anosmia akibat Infeksi Covid-19, Lakukan di Rumah!

Buah Mangga

Buah mangga termasuk salah satu jenis buah yang mengandung vitamin A yang cukup penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

Satu cangkir buah mangga juga menyediakan kurang lebih seperempat dari target harian vitamin A yang perlu menjadi konsumsi tubuh dalam sehari.

Pada era pandemi seperti sekarang ini, mengonsumsi buah mangga secara rutin setiap hari tentu sangat penting untuk meningkatkan imun tubuh Anda.

Buah Pepaya

Selain murah, buah pepaya termasuk salah satu jenis buah yang bagus untuk Covid-19. Pepaya tinggi kandungan vitaminnya. Satu buah pepaya ukuran sedang bahkan bisa memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian tubuh Anda.

Buah pepaya juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang menjadi sebuah kandungan baik untuk mencegah terjadinya inflamasi di tubuh Anda.

Baca Juga : Keampuhan Daun Kelor untuk Mencegah Penularan Covid-19

Kandungan lainnya dari buah pepaya adalah potassium, magnesium serta folat yang semuanya sangat menguntungkan bagi kesehatan Anda.

Buah Apel

Selain sangat baik dalam membantu diet, buah apel juga termasuk salah satu jenis buah yang akan menjauhkan Anda dari berbagai jenis penyakit. Tidak hanya dapat meningkatkan imun, buah apel juga akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan serta mencegah berbagai jenis penyakit lainnya.

Bahkan, kulitnya mengandung polifenol yang merupakan suatu antioksidan alami yang mampu membantu mengurangi resiko stroke, penyakit jantung, dan sangat baik dalam membantu meningkatkan imun tubuh.

Buah Semangka

Semangka juga termasuk jenis buah yang bagus untuk Covid-19. Selain kaya dan nutrisi dan banyak mengandung air, buah ini juga berkhasiat menjadikan tubuh tetap terhidrasi ketika Anda konsumsi.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi akan mudah sakit karena imun tubuh menurun.

Nah, oleh karena itu buah semangka dengan kandungan berupa vitamin C, vitamin A, vitamin B5 dan potasium dapat mencegah dehidrasi.

Buah Nanas

Kandungan vitamin C dan mangan dalam buah nanas berada dalam jumlah yang cukup. Nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit seperti halnya penyakit diabetes, penyakit jantung dan kanker.

Anda bisa menjadikan buah nanas sebagai camilan sehat atau mengolahnya sebagai smoothies. Cita rasa segar asamnya pun sangat cocok kita padukan dengan berbagai jenis sayur ataupun buah.

Itulah berbagai jenis buah yang bagus untuk Covid yang bisa Anda pilih. Pastikan untuk mendapatkan manfaat sehatnya dengan mengonsumsinya secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor : Eva