Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BanjarCapaska Kota Banjar Mantapkan Latihan, Siap Kerek Merah Putih

Capaska Kota Banjar Mantapkan Latihan, Siap Kerek Merah Putih

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Seminggu menjelang upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, sebanyak 8 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) Kota Banjar, Jawa Barat, menjalani pemusatan latihan pengibaran bendera pusaka merah putih.

Mereka menjalani pemantapan latihan pengibaran bendera pusaka merah putih untuk pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI.

Salah seorang Anggota Capaska, Muhammad Rifai, mengatakan, meski peringatan upacara kemerdekaan pada tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangatnya menjadi pengibar bendera merah putih pada 17 Agustus mendatang.

Hal itu karena selain menjadi kebanggaan tersendiri juga sudah menjadi cita-citanya sejak kecil untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka merah putih atau Paskibraka.

“Sudah menjadi cita-cita saya sejak kecil pengen jadi Paskibraka. Jadi tetap semangat. Semoga nanti bisa berjalan dengan lancar,” kata siswa kelas XI SMAN 1 Banjar kepada HR Online usai latihan di halaman Setda Kota Banjar, Kamis (12/8/2021).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, Dedi Suardi, mengatakan, sebanyak 8 calon pengibar pasukan bendera tersebut merupakan hasil seleksi peserta yang berlangsung pada bulan Maret lalu.

Kedelapan peserta tersebut merupakan hasil seleksi dari 100 pendaftar yang berasal dari seluruh sekolah menengah atas SMAN/Sederajat yang ada di Kota Banjar.

“Sebetulnya jumlahnya ada 9 orang yang lulus seleksi Capaska Kota Banjar. Cuma yang satu untuk perwakilan di tingkat Provinsi,” kata Dedi.

Saat ini, lanjutnya, para calon pasukan pengibar bendera pusaka merah putih tersebut sudah memasuki tahap akhir pelatihan pelaksanaan upacara kemerdekaan yang tinggal menyisakan beberapa hari lagi.

Adapun terkait kondisi peserta, kata Dedi, sejauh ini pihaknya bekerjasama dengan tenaga kesehatan untuk melakukan pengecekan kesehatan peserta Capaska.

“Fasilitas kelengkapan seperti sepatu, pakaian dan lainnya juga kami support. Jadi fasilitasnya juga baru. Rencana untuk Capaska ini akan dikukuhkan pada hari Minggu mendatang,” kata Dedi. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Editor: Ndu