Cara Membuat Emoji Sendiri dengan Aplikasi, Tampilan Chat Lebih Unik

Cara Membuat Emoji Sendiri
Ilustrasi Cara Membuat Emoji Sendiri. Foto: Ist/Net

Cara membuat emoji sendiri dapat Anda lakukan dengan mudah pada perangkat smartphone yang Anda gunakan. Emoji saat ini telah banyak hadir dalam penggunaan perangkat mobile kita.

Baca juga: Aplikasi Emoji iPhone Terbaik Dapat Diterapkan di Android, Ini Pilihannya!

Pada aplikasi seperti Telegram, WhatsApp ataupun pada jejaring sosial telah menggunakan adanya emoji secara teratur. Meskipun ada juga pengguna yang ingin membuat emoji sendiri.

Dengan demikian, pengguna pun dapat membagikannya dengan teman-teman melalui aplikasi yang mereka gunakan. Dengan semakin fenomenalnya emoji pada budaya era digital seiring berkembangnya aplikasi smartphone.

Para pengguna sangat percaya bahwa emoji bisa menjelaskan perasaan secara lebih tepat. Maka untuk lebih memberi keleluasaan untuk mengekspresikan perasaan, para pengguna smartphone dapat dengan mudah membuat emoji dengan cara custom sendiri.

Mengetahui Cara Membuat Emoji Sendiri pada Smartphone

Berikut ini beberapa cara membuat emoji dengan memanfaatkan aplikasi tambahan antara lain:

Membuat Emoji Kreatif dengan Aplikasi Gboard

Aplikasi Gboard merupakan papan ketik yang khusus dari Google bagi para pengguna Android. Saat ini Gboard yang terdapat pada Android mengambil emoji favorit Anda. Selanjutnya Gboard akan mengkombinasikannya ke dalam stiker untuk dapat Anda sesuaikan.

Dengan demikian Anda dapat mengekspresikan pikiran serta perasaan dengan suasana yang berbeda-beda. Fitur ini telah Google sebarkan bagi para pengguna Aboard pada Android.

Baca juga: Cara Membuat Konten Menarik di Medsos, Promosi Makin Laris

Anda juga dapat bergabung pada program Gboard Beta. Hanya sekali mengaktifkan, maka fitur ini dapat Anda gunakan dalam beberapa aplikasi chat. Seperti Snapchat, Messenger, atau WhatsApp.

Cara membuat emoji sendiri dengan memanfaatkan aplikasi Gboard cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya dengan aplikasi Gboard antara lain:

  • Langkah pertama, download dan instal aplikasi Gboard terbaru pada layanan Google Play Store
  • Selanjutnya ubah pengaturan keyboard smartphone menggunakan Gboard. Caranya adalah dengan buka pada pengaturan, pilih bahasa, selanjutnya keyboard virtual, lalu pilih Gboard sebagai standar keyboard.
  • Cara membuat emoji sendiri dengan menggunakan aplikasi Gboard berikutnya adalah dengan membuka salah satu obrolan atau chat media sosial untuk menghadirkan keyboard virtual Gboard.
  • Kemudian pilih logo Google “G” yang terdapat pada pojok kiri atas Gboard, atau pada bagian atas huruf “Q”. Kemudian pilih ikon emoji pada bagian bawah logo Google.
  • Selanjutnya pilih gambar animasi wajah tersenyum. Gambar animasi inbi terletak pada pojok kanan pada deretan sticker. Lalu pilih “buat” untuk membuat emoji dari foto Anda.

Maka secara otomatis kamera selfie akan menangkap foto Anda. Kemudian akan memprosesnya menjadi emoji. Berikutnya, Anda dapat membuat custom dengan menggunakan berbagai pilihan karakter.

Menariknya lagi, aplikasi Gboard dapat membuat emoji dengan mendeteksi wajah secara lebih detail. Pasalanya aplikasi ini telah mendukung adanya teknologi dengan basik AI (Artificial Intelligence).

Cara Membuat Emoji Sendiri pada Windows 10

Selain memanfaatkan adanya aplikasi yang terdapat pada layanan Google Play Store, Anda juga dapat menggunakan situs web. Dengan demikian Anda dapat mempunyai emoji buatan sendiri.

Emoji tersebut pun dapat Anda bagikan ke jejaring sosial atau aplikasi dengan cara yang cukup sederhana. Dalam hal ini, tentu Anda memerlukan cara yang efektif untuk membuat sesuatu yang orisinal.

Oleh karena itu, selain menggunakan perangkat smartphone, Anda juga dapat menggunakan perangkat komputer Windows 10 untuk membuat emoji custom.

Cara membuat emoji sendiri melalui perangkat Windows 10 adalah dengan menggunakan web Discord Emoji. Pengoperasiannya pun cukup sederhana yang antara lain:

  • Langkah pertama, Anda perlu menentukan basis untuk membuat karakter yang Anda inginkan.
  • Berikutnya pilih gambar yang Anda inginkan dengan menampilkan aspek lain, yakni dengan menambahkan mata mulut dan lain sebagainya.
  • Hasil dari gambar yang telah Anda buat akan nampak pada sisi layar komputer.
  • Cara membuat emoji sendiri di Windows 10 berikutnya adalah mempersonalisasi gambar dengan menggunakan bagian-bagian yang sesuai.
  • Selanjutnya, setelah proses personalisasi selesai, Anda dapat mengkonfigurasi semuanya, lalu Anda pun dapat mengunduhnya.
  • Untuk proses pengunduhan, pada sisi layar PC Anda akan menemukan tombol hijau, klik tombol hijau tersebut.
  • Tunggu proses pengunduhan selesai.
  • Selanjutnya, setelah proses pengunduhan selesai, maka emoji pun tersimpan dalam perangkat komputer Anda. Anda pun dapat membagikannya dengan teman kapan saja.

Membuat Emoji dengan Menggunakan Aplikasi Moji Maker

Moji Maker merupakan salah satu aplikasi pembuat emoji terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat emoji khusus yang dapat Anda bagikan kepada teman-teman. Namun sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia pada pengguna iOS. Aplikasi ini menawarkan berbagai kontrol atas aspek emoji Anda. Dengan demikian Anda pun dapat membuat emoji persis dengan yang Anda inginkan. Berikut ini cara membuat emoji sendiri dengan menggunakan aplikasi Moji Maker antara lain:

  • Download dan instal aplikasi Moji Maker pada perangkat Anda
  • Selanjutnya buka aplikasi Moji Maker
  • Sebagai pemula, sebaiknya Anda menggunakan basis emoji dasar serta menambahkan detail pada langkah berikutnya.
  • Langkah berikutnya, Anda cukup ketuk “Selesai”, yang kemudian Anda dapat memilih untuk menyimpan emoji atau tidak
  • Cara berbagi emoji melalui aplikasi ini pun cukup mudah. Anda dapat mengetuk emoji yang selanjutnya Anda ketuk opsi “bagikan”.

Dengan menggunakan cara membuat emoji sendiri ini, Anda pun juga dapat memilih ukuran sesuai dengan yang Anda inginkan. Hal ini tentunya dapat menjadi bukti bahwa Moji Maker merupakan aplikasi yang cukup hebat. Para pengguna dapat mengirim emoji dalam berbagai ukuran, sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Membuat Emoji Melalui Aplikasi Bitmoji

Bitmoji merupakan salah satu aplikasi emoji yang cukup populer dan banyak digunakan untuk membuat aplikasi di seluruh dunia. Perlu Anda ketahui, bahwa Snap Inc juga telah mengakuisisi Bitmoji serta mengintegrasikannya dengan Snapchat.

Baca juga: Cara Membuat Avatar Facebook, Foto Diri Jadi Menggemaskan

Hal ini memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan Bitmoji sebagai stiker pada Snaps. Sehingga aplikasi ini akan memperoleh daya tarik tersendiri.

Terutama bagi para remaja yang sebagian besar menjadi pengguna Snapchat. Dengan menggunakan aplikasi Bitmoji, memungkinkan para penggunanya untuk membuat avatar yang kemudian dapat pengguna gunakan pada sejumlah stiker dan emoji yang berbeda.

Berikut ini cara membuat emoji dengan menggunakan aplikasi Bitmoji antara lain:

  • Proses melalui aplikasi ini cukup mudah, para pengguna dapat membuat emoji sendiri dengan menggunakan hal-hal mulai dari gaya rambut, bentuk serta warna alis serta detail lainnya.
  • Selanjutnya pengguna akan diminta untuk memilih tipe tubuh untuk emoji yang akan Anda buat.
  • Berikutnya, pengguna juga dapat memilih dari berbagai jenis pakaian untuk avatar mereka, lalu ketuk tombol “centang’ yang terdapat pada bagian kanan atas.
  • Proses berikutnya, Bitmoji akan mulai membuat sejumlah emoji yang berbeda bagi pengguna. Hal ini berdasarkan dengan avatar yang telah mereka buat. Setelah cara membuat emoji sendiri berhasil dengan sempurna, maka dapat Anda bagikan di media sosial atau sejumlah platform pengiriman pesan.

Membuat Emoji dengan Aplikasi Makemoji

Merupakan salah satu aplikasi pembuat emoji yang tersedia untuk perangkat iOS. Hampir sama dengan Moji Maker, para pengguna pun dapat membuat emoji unik sesuai dengan yang mereka inginkan.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur pengeditan gambar yang memungkinkan para pengguna untuk membuat gambar dari bentuk dasar atau foto. Cara membuat emoji sendiri dengan menggunakan aplikasi Make Moji berhasil pengguna lakukan, maka pengguna dapat memberinya judul atau nama.

Kemudian emoji tersebut akan masuk ke dalam umpan berita Makemoji. Dimana pengguna lain dapat melihatnya. Emoji ini juga tersimpan pada area profil milik pengguna supaya orang lain dapat melihatnya pada profil tersebut.

Selanjutnya adalah dengan memanipulasi gambar yakni dengan menambahkan atau mengubah elemen. Seperti alis lebat, topi dan lain sebagainya.

Baca juga: Emoji Baru di 2020, Hadir dengan Ratusan Inklusif Gender

Emoji yang pengguna buat melalui aplikasi Make Moji dapat pengguna sisipkan langsung pada pesan teks yang telah dibuat dengn iMessage Apple atau aplikasi SMS asli yang telah terpasang pada perangkat iPhone.

Namun untuk memasukan emoji ke dalam pesan, para pengguna tidak hanya mengambil emoji pada aplikasi iMessage. Seperti yang pengguna lakukan dengan emoji biasa yang telah dikelola oleh Unicode Consortium.

Hal ini karena Unicode Consortium telah terpasang pada keyboard emoji digital khusus yang dapat pengguna akses hanya dengan satu klik saja. Dengan mengikuti cara melalui aplikasi Make Moji, maka pengguna harus menjalankan aplikasi untuk dapat menyalin pesan menuju aplikasi iMessage pengguna.

Membuat Emoji Melalui Aplikasi Bobble Keyboard

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Bobble Keyboard untuk perangkat Android Anda. Melalui aplikasi Bobble Keyboard, memungkinkan para penggunanya untuk mengambil foto selfie serta merubahnya menjadi gambar kartun untuk emoji.

Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah. Ambil foto selfie pada diri Anda, selanjutnya tunggu hingga aplikasi merubahnya menjadi gambar kartun serta menjadi emoji.

Dari emoji yang telah berhasil Anda buat, akan memperoleh nomor. Sehingga Anda dapat menentukkan yang mana emoji favorit Anda untuk Anda bagikan atau Anda simpan. Dengan kemudahannya, cara ini terasa cukup populer.

Membuat Emoji dengan Aplikasi Emojidom

Sama seperti aplikasi pembuat emoji lainnya, cara dengan Emojidom adalah dengan memilih template dasar terlebih dahulu. Selanjutnya Anda dapat menambahkan parameter wajah dan parameter lainnya yang dapat memberikan tampilan serta nuansa.

Cara membuat emoji sendiri berikutnya, setelah Anda berhasil menambahkan layer, maka Anda dapat mengeditnya serta membuatnya lebih menarik. Kemudian, selesaikan kreasi Anda melalui tombol selesai, lalu simpan emoji Anda atau bagikan pada aplikasi perpesanan yang Anda miliki.

Membuat Emoji dengan Aplikasi Face Cam

Berbeda dengan aplikasi pembuat emoji sebelumnya, dengan aplikasi ini pengguna akan diberikan kebebasan untuk membangun avatar emoji.

Baca juga: Aplikasi Font untuk Whatsapp, Pengguna Android dan iOS Wajib Punya

Cara membuat emoji melalui aplikasi ini dapat Anda memulai dengan memilih rambu, bentuk mata, kulit serta jenis karakteristik lainnya.

Selanjutnya setelah avatar emoji berhasil Anda buat, maka aplikasi akan berfungsi sebagai kamera. Berikutnya, wajah asli pengguna akan secara otomatis tergantikan oleh avatar yang telah pengguna buat.

Hal menarik dalam menggunakan aplikasi ini adalah emoji yang telah pengguna buat akan mengikuti gerak serta mimik wajah para penggunanya. Mulai dari gerakan alis, mata serta mulut.

Demikianlah beberapa cara membuat emoji sendiri dengan memanfaatkan beberapa aplikasi tambahan. Anda dapat memilih jenis aplikasi yang dapat disesuaikan dengan perangkat mobile, baik Android maupun iOS. Dengan demikian, Anda pun dapat membuat emoji dengan lebih menarik dan unik. (R10/HR-Online)