Senin, Oktober 18, 2021
BerandaTeknologiAplikasiCara Membuat Video Singkat dengan Tampilan Menarik, Simak Tutorialnya!

Cara Membuat Video Singkat dengan Tampilan Menarik, Simak Tutorialnya!

Cara membuat video singkat dengan daya tarik tersendiri tentu tidak terlepas dari hadirnya perkembangan teknologi yang ada saat ini. Selain itu, adanya peningkatan aksesibilitas pada keseluruhan platform media sosial, seperti Facebook, YouTube, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya juga mampu membuat tren video singkat mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Baca juga: Aplikasi Snack Video Bisa Hasilkan Uang, Intip Cara Praktisnya

Seperti yang kita ketahui, video saat ini sangat mendominasi dunia maya. Bahkan Anda pun dapat dengan mudah melihat berbagai tampilan video pada semua jenis aplikasi smartphone.

Maka tidak heran jika sebuah konten dalam bentuk video akan lebih mudah diterima apabila kita bandingkan dengan bentuk konten digital lainnya.

Pasalnya, konten video menyuguhkan tampilan visual yang dinamis dan lebih menarik. Dengan hadirnya teknologi yang berkembang saat ini tentunya semakin memudahkan seseorang untuk berkreasi dalam membuat video, termasuk bagi pemula sekalipun.

Inilah Cara Membuat Video Singkat Unik dan Menarik

Secara umum, video singkat mempunyai pengertian sebagai salah satu karya yang paling simple dan komplek. Biasanya video ini mempunyai durasi di bawah 60 menit. Namun pada video dengan durasi singkat ini mempunyai karakteristik tersendiri.

Salah satunya adalah memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih luas bagi pembuat atau pemainnya. Pada ruang gerak ini dapat memberikan kesempatan bagi para pembuatnya agar lebih leluasa dalam mengembangkan ide mereka.

Meskipun demikian, video singkat juga mampu menyiapkan materi dengan sebaik-baiknya. Idealnya, materi tersebut harus singkat, padat, serta lugas.

Menyaksikan video dengan durasi yang cukup panjang, salah satunya pada aplikasi YouTube memang menjadi suatu hal yang cukup menyenangkan. Namun semua itu tidak terlepas dari adanya teaser yang dibuat di media sosial terlebih dahulu melalui sebuah video pendek.

Dengan kata lain bahwa video pendek dapat dianggap sebagai sebuah iklan untuk mempromosikan content creator. Apabila video pendek yang hadir cukup menarik, maka mampu menciptakan rasa penasaran bagi siapa saja yang melihatnya.

Baca juga: Cara Membuat Link WA di Bitly yang Langsung ke Chat Pribadi

Saat ini telah hadir beragam jenis media sosial yang menawarkan fitur video pendek. Siapa saja dapat mencoba cara membuat video singkat yang menarik.

Saat ini telah banyak Storygraph yang menciptakan video dengan durasi singkat. Story Grapher adalah julukan bagi para milenial yang gemar mereka dari setiap moment serta membuat konten video.

Meskipun memiliki durasi yang singkat, video-video yang dihadirkan oleh para Story Grapher ini ternyata mampu menarik bahkan menghipnotis perhatian para penonton. Pada akhirnya, video tersebut pun menjadi viral di kalangan netizen.

Bagi Anda para pemula yang ingin membuat konten video dengan durasi singkat, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh hasil maksimal:

Persiapan Awal Pembuatan Video Pendek yang Menarik

Langkah pertama dalam pembuatan video singkat yang menarik adalah dengan menentukan alur serta suasana cerita. Suasana seperti apa yang akan Anda sampaikan kepada penonton setelah menyaksikan video yang Anda buat.

Apakah suasana gembira, sedih, penuh haru, kekaguman, hingga video yang membuat penasaran. Dalam menentukan storytelling, Anda dapat menentukan cerita sesuai dengan kisah nyata atau rekayasa.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan berbagai jenis hal umum yang terjadi di sekitar Anda. Dengan alur cerita jelas, penonton pun dapat menikmati video yang Anda hadirkan.

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam cara membuat video singkat adalah fokus pada satu titik tema. Mengingat yang Anda buat adalah video singkat, maka hindari membuat video yang terlalu bertele-tele dan justru pesan tidak akan sampai pada penonton.

Setelah menentukan storytelling yang cukup orisinil, cara berikutnya dalam pembuatan video singkat yang menarik adalah dengan membuat video yang lagi trending.

Dalam hal ini, Anda dapat mengikuti trending yang terdapat di media sosial. Akan tetapi, Anda juga perlu memasukkan hal yang unik. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menghasilkan video singkat dengan daya tarik tersendiri.

Teknik Pengambilan Gambar

Cara buat video singkat selanjutnya adalah mengenai teknik pengambilan gambar. Dalam proses pengambilan gambar, terdapat beberapa teknik yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  1. Teknik Long Shot

Salah satu teknik pengambilan gambar yang memperlihatkan seluruh tubuh pada subjek tanpa terpotong oleh frame. Teknik ini juga lebih fokus pada subjek dengan segala ekspresi serta kegiatannya tanpa ada bagian tubuh yang terpotong.

Ketika menerapkan teknik long shot dalam cara membuat video singkat ini juga mencakup area sangat luas dengan memasukkan berbagai objek yang terdapat di sekitar subjek.

Baca juga: Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mencari komposisi yang pas dalam menyatukan subjek utama dengan kondisi sekitar. Sehingga dapat menjadi satu kesatuan video yang menarik.

  1. Teknik Zoom

Tujuan penggunaan teknik zoom proses pengambilan gambar video adalah untuk membuat objek pada gambar seolah menjauh atau mendekat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengubah jarak focal lensa dari sudut pandang sempit menuju sudut pandang lebar atau sebaliknya.

  1. Teknik Depth of Field (DOF)

Cara membuat video singkat dengan hasil yang menarik selanjutnya adalah dengan memperhatikan teknik DOF. Merupakan salah satu teknik yang dapat membuat subjek utama nampak jelas serta mempunyai fokus menarik.

Dengan demikian, mampu membuat latar belakang yang ada di sekitarnya terlihat lebih bokeh. Efek tersebut dapat Anda peroleh dengan mudah hanya menggunakan ponsel yang telah memperoleh kelengkapan fitur Bokeh Flare Portrait Video.

Dalam fitur ini menghadirkan proses video real time dalam menangkap video potret dengan latar belakang yang bokeh. Selain itu, fitur ini juga dapat membuat subjek potret terlihat lebih cerah alami.

Menariknya lagi, fitur ini dapat Anda gunakan pada kamera depan maupun belakang. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk menghasilkan video yang lebih ciamik.

Perhatikan Pencahayaan

Cara membuat video singkat hasil ciamik berikutnya adalah dengan memperhatikan pencahayaan pada gambar. Dalam proses pengambilan gambar, arah cahaya yang jatuh akan menentukan karakter cahaya itu sendiri.

Selain itu, pencahayaan yang tepat dapat menentukan kesan serta dimensi yang ingin Anda timbulkan pada subjek. Dengan demikian, secara keseluruhan dapat membentuk atau menghasilkan video dengan pencahayaan yang alami.

Dengan menggunakan tata cahaya yang tepat, kedalaman sebuah objek pun dapat Anda citrakan. Dimensi dapat tercipta dengan membagi sisi gelap dan terang dari objek yang Anda sinari.

Hal menarik dari penataan cahaya dalam sebuah video adalah kemampuannya dalam menghadirkan suasana yang mempengaruhi emosi penonton.

Baca juga: Aplikasi Pembuatan Video Berkualitas untuk Berikan Efek Berbeda

Hampir sebagian besar kekuatan video singkat terletak pada komposisi pencahayaannya. Tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, akan tetapi pencahayaan juga mempunyai kekuatan lebih untuk menghadirkan efek yang dramatis.

Cara membuat video singkat dengan memperhatikan pencahayaan salah satunya dengan memfokuskan pencahayaan pada satu objek untuk menghasilkan efek kontras.

Langkah ini bertujuan untuk menentukan mood pada video yang Anda buat. Apabila cahaya layar terlalu kuat, maka Anda dapat memanfaatkan adanya fitur Al Highlight Video yang tersemat pada smartphone.

Fitur ini secara otomatis akan dapat mendeteksi cahaya sekitar. Lalu membantu dalam membuat video potrait dengan hasil yang lebih jelas, lebih hidup, dan cerah.

Namun sebaliknya, apabila Anda mendapati cahaya gelap, maka Anda dapat menggunakan fitur Ultra Night Video yang membantu kecerahan serta mengembalikan warna asli pada gambar.

Setelah semua video selesai diambil, maka hal penting lain yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan pengeditan cek video. Pastikan tidak ada gambar terlewat atau kurang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Pembuatan Alur Cerita Final

Cara membuat video singkat untuk hasil yang menarik berikutnya adalah dengan membuat alur cerita final. Sesuaikan hasil catatan dengan pengambilan gambar.

Perhatikan apakah catatan Anda telah sesuai dengan hasil rekaman. Atau terdapat bagian yang harus Anda ubah. Langkah selanjutnya, Anda dapat masuk ke dalam proses editing video singkat yang telah Anda buat.

Proses Editing Video

Proses berikutnya untuk menghasilkan video singkat yang menarik adalah proses editing. Tujuan dari editing ini adalah untuk menggabungkan part rekaman serta memberikan sejumlah efek khusus.

Mulai dari gradasi warna agar tampilan video pendek Anda semakin menarik. Anda tidak perlu khawatir saat ini telah banyak tersedia aplikasi edit video yang sangat mudah untuk Anda gunakan serta menawarkan berbagai efek kece.

Simak Cara Membuat Video Singkat dengan Menambahkan Audio dan Transisi

Dalam proses pembuatan video dengan durasi pendek, Anda dapat menambahkan theme song yang sesuai untuk video tersebut. Hal ini tentu dapat membuat video singkat Anda akan menjadi lebih menarik.

Untuk memasukkan audio pada video yang Anda buat, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Saat ini telah tersedia banyak aplikasi untuk menambahkan musik ke dalam sebuah video yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Cara membuat video singkat agar lebih menarik adalah dengan menambahkan filter ke dalamnya. Salah satunya adalah dengan menambahkan efek transisi video yang dapat menjadikan video tampak lebih kreatif dan seru.

Sama halnya dengan penambahan audio ke dalam video untuk menambahkan efek transisi. Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi lain yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan transisi video.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Jadi Video Berlagu yang Mudah Digunakan

Pada umumnya, pilihan aplikasi tersebut memperoleh kelengkapan berbagai jenis template menarik. Berbagai template menarik tersebut dapat Anda gunakan untuk proses pengeditan video yang bernama Smart Template.

Dalam template ini berisi berbagai jenis musik, transisi, teks, juga filter yang sangat menarik. Dengan demikian, Anda pun dapat mengekspresikan kreativitas Anda melalui penyuntingan konten video.

Caranya dengan memilih aspek rasio pada video sesuai keperluan dalam berbagai platform video popular. Sebagai informasi, aspek rasio merupakan perbandingan antara tinggi dan lebar pada sebuah gambar video. Pada umumnya, aspek rasio ditulis sebagai dua angka yang terpisah oleh titik dua.

Dengan memanfaatkan smartphone yang memiliki kelengkapan berbagai fitur unggulan untuk menghasilkan visualisasi video berkualitas, maka Anda pun dapat menghasilkan video berkualitas pula.

Cara membuat video singkat dengan hasil menarik dapat Anda lakukan secara mudah. Video singkat tersebut pun dapat Anda unggah pada platform media sosial yang Anda miliki. Miliki video keren dengan langkah simple di atas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img