Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengaktifkan Hotspot iPhone Hingga Berhasil, Simak Tips Praktisnya

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone Hingga Berhasil, Simak Tips Praktisnya

Cara mengaktifkan hotspot iPhone sedikit berbeda dengan perangkat Android. Terdapat beberapa langkah khusus untuk dapat mengaktifkan tethering WiFi pada perangkat besutan Apple ini.

Memang tidak semua perangkat iPhone tidak dapat secara langsung dapat melakukan tethering WiFi. Bahkan yang sering kali terjadi, justru perangkat lain tidak dapat menemukan Hotspot dari iPhone yang bersangkutan, meskipun Hotspot sudah dalam kondisi menyala.

Dengan adanya masalah ini, mungkin sebagian pengguna akan sedikit bingung. Namun Anda tidak perlu khawatir, di sini akan kita ulas tentang bagaimana mengaktifkan hotspot pada perangkat iPhone hingga berhasil.

Mengetahui Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone Hingga Berhasil

Hotspot atau tethering adalah salah satu fitur untuk berbagi koneksi internet kepada orang lain, yang sedang memerlukan koneksi internet.

Baca Juga : Cara Hapus Kontak di iPhone Mudah Tanpa Ribet, Simak Trik Praktisnya!

Sehingga, dengan hadirnya fitur ini, maka para pengguna dapat berbagi internet kepada orang lain. Tidak hanya kepada smartphone, akan tetapi juga pada PC atau laptop.

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, pada perangkat iPhone sendiri, cara mengaktifkan hotspot atau tethering sedikit berbeda dari perangkat Android. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan tethering pada perangkat iPhone.

Menggunakan Wifi dan Bluetooth

Untuk dapat menggunakan cara ini, maka Anda harus masuk dalam pengaturan atau Setting. Selanjutnya Anda dapat mencari Personal Hotspot yang terletak tepat di bawah cellular lalu tekan.

Lalu pada laman berikutnya untuk mengaktifkan fitur hotspot, Anda perlu menggeser alihan personal hotspot ke sebelah kanan hingga berubah warna menjadi hijau. Selanjutnya akan keluar pop pilihan.

Pilihlah Turn on Wifi dan bluetooth. Hal ini bertujuan untuk berbagi koneksi internet dengan orang lain baik pada perangkat PC atau smartphone. Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan Wifi dan Bluetooth sebagai perantaranya.

Pada saat Anda tekan Turn Of Wifi and Bluetooth, maka secara otomatis Wifi dan bluetooth Anda akan menyala. Cara mengaktifkan hotspot iPhone dengan menggunakan Wifi dan bluetooth selanjutnya adalah Anda dapat memastikan dengan melihat pada list network yang terdapat pada fitur Wifi smartphone atau PC yang memerlukan koneksi internet.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Privasi Lebih Terjaga, Simak Triknya!

Setelah Anda melihat nama hotspot Anda ada pada perangkat tersebut, hal ini berarti Anda sudah dapat berbagi koneksi dengan orang lain. Hal penting lain yang tidak dapat Anda lakukan adalah memasukkan kata sandi yang telah Anda buat pada hotspot Anda. Karena tanpa memasukkan password, koneksi internet pun tidak dapat Anda bagi kepada pihak lain.

Mengaktifkan Hotspot iPhone dengan USB

Cara mengaktifkan hotspot iPhone lainnya adalah dengan memanfaatkan USB. Sebenarnya rasanya hampir sama dengan menggunakan Wifi dan Bluetooth.

Hal yang membedakannya adalah Anda menggunakan kabel USB sebagai perantaranya. Anda dapat memilih USB Only pada saat Anda akan berbagai koneksi internet dengan pihak lain. Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  • Pertama, hubungkan iPhone Anda ke perangkat komputer dengan menggunakan kabel USB. Dalam hal ini sebaiknya Anda menggunakan kabel USB yang biasa digunakan untuk menyinkronkan atau mengisi daya ponsel. Dengan demikian, Anda dapat menghubungkan kabel tersebut pada port USB apapun pada komputer Anda.
  • Berikutnya, setelah Anda berhasil menghubungkan koneksi internet Anda pada pihak lain, maka akan terdapat pemberitahuan pada bagian atas perangkat iPhone. Dalam pemberitahuan tersebut akan nampak beberapa perangkat yang terhubung dengan koneksi iPhone Anda.

Tips Menggunakan Hotspot Pribadi iPhone

Selain mengetahui cara mengaktifkan hotspot iPhone, penting bagi Anda untuk memperhatikan penggunaan hotspot pribadi pada perangkat iPhone Anda.

Sebaiknya jangan terlalu lama dan sering saat memakai iphone untuk dijadikan hotspot seluler. Hal ini akan menyebabkan iPhone akan cepat panas dan juga daya baterai cepat terkuras. Selain itu kesehatan baterai pun akan cepat menurun.

Sebaiknya segera ganti sandi setelah Anda berbagi hotspot dengan teman atau keluarga. Karena pada saat hotspot masih menyala, maka bisa saja perangkat yang sebelumnya terhubung dapat terhubung lagi tanpa Anda sadari.

Demikianlah beberapa cara mengaktifkan hotspot iPhone yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar maka iPhone sudah dapat Anda gunakan untuk berbagi koneksi internet dengan pihak lain. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto