Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total, Temukan Solusi Tepatnya

cara mengatasi HP Samsung mati total
Ilustrasi cara mengatasi HP Samsung mati total. Foto: Ist/Net

Cara mengatasi HP Samsung mati total dapat Anda lakukan dengan berbagai langkah mudah. Banyak sekali kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat HP, dan juga ada banyak faktor yang menyebabkan perangkat tersebut bisa mati total.

Kerusakan tersebut mulai dari kebiasaan membiarkan smartphone dengan baterai lemah. Mungkin hal ini sering dianggap sepele oleh para pengguna. Akan tetapi justru dapat berdampak negatif pada HP kesayangan yang Anda gunakan.

Baca Juga : Samsung Galaxy A03s Meluncur, Harga Terjangkau dengan Baterai Besar

Sebenarnya, masalah HP mati total tidak hanya terjadi pada merek Samsung saja, namun semua merek juga dapat mengalami masalah ini. Tapi untuk saat ini kita akan lebih berfokus membahas masalah HP mati total pada merek Samsung.

Beberapa Cara Mengatasi HP Samsung Mati Total

Salah satu masalah yang mungkin terjadi pada HP adalah kondisi mati total. Hal ini bisa saja terjadi pada berbagai produk Samsung yang merupakan salah satu produsen ponsel ternama.

Samsung telah banyak memproduksi berbagai jenis serta tipe HP yang cukup mahal dengan kelengkapan fitur canggih, sehingga tidak luput dari suatu masalah.

Namun, dalam suatu produk tentu mempunyai masa atau umur ketahanan hingga mengalami suatu kerusakan, salah satunya adalah kondisi mati total. Banyak hal yang menyebabkan sebuah perangkat HP mengalami mati total, terutama pada merek Samsung.

Pada umumnya, yang menyebabkan masalah tersebut dapat terjadi berawal dari hal-hal sepele. Mulai dari bermain HP dalam kondisi diisi daya, HP terjatuh, terbentur, atau terlalu lama pengisiannya.

Meskipun sepele, jika kebiasaan tersebut terjadi secara terus-menerus justru akan berdampak buruk pada perangkat HP. Dampak buruk yang mungkin terjadi adalah perangkat mati secara total. Untuk mengatasi masalah HP Samsung mati total, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

Isi Daya Baterai Semalaman atau Seharian

Cara pertama mengatasi HP Samsung mati total adalah dengan mengisi data semalaman atau seharian penuh. HP Samsung dengan kondisi mati total kemungkinan disebabkan oleh baterai yang kosong pada perangkat tersebut.

Baca Juga : Cara Menghapus Cache di HP Samsung untuk Semua Tipe, Ini Tutorialnya 

Sehingga perlu Anda charger serta biarkan beberapa jam sebelum dapat Anda gunakan kembali. Dalam penggunaan perangkat HP, selalu perhatikan daya, apakah masuk atau tidak.

Apabila proses pengecasan tidak masuk, maka sebaiknya Anda ganti kabel charger dengan yang lain. Selain itu, dapat juga dengan pindah colokan ke tempat yang lain.

Flash Ulang dengan Firmware yang Sesuai

Apabila HP Samsung yang Anda gunakan gagal flashing karena adanya firmware yang tidak cocok, maka solusi terbaik adalah dengan melakukan flash ulang.

Cara mengatasi HP Samsung mati total dalam kondisi ini adalah dengan menggunakan tipe firmware yang sesuai perangkat Anda. Dalam hal ini, Anda dapat meminta saran dari sesama pengguna Samsung, atau menghubungi customer service resmi Samsung untuk memperoleh informasi mengenai firmware HP Samsung Anda.

Menggunakan Bantuan Software

Cara mengatasi HP Samsung mati total selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bantuan software. Hal ini karena mati total yang terjadi pada perangkat Samsung tidak melulu karena adanya masalah pada hardware saja.

Baca Juga : Cek Garansi HP Samsung dengan Dua Cara Mudah dan Simpel

Mungkin saja perangkat lunak yang terinstal mengalami crash serta malfungsi. Sehingga tidak dapat menjalankan sistem dengan sempurna. Adanya kerusakan pada software juga dapat terjadi karena penyimpanan yang terlalu penuh atau terkena virus.

Solusinya adalah Anda langsung menginstal ulang ROM sesuai dengan merek tipe HP Samsung yang Anda gunakan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan software yang cukup aman dan terbukti ampuh. Salah satunya adalah Anda dapat menggunakan One Click Unbrick Tools.

Memanfaatkan Bantuan Komputer

Jika cara-cara di atas belum berhasil dalam mengatasi HP Samsung mati total yang Anda alami, maka dapat memanfaatkan bantuan Komputer. Adapun langkah-langkahnya antara lain:

  1. Lepaskan baterai dengan keadaan kartu memori dan kartu SIM tidak terpasang pada perangkat.
  2. Gunakan bantuan kabel USB. Hal ini untuk menghubungkan HP pada perangkat PC
  3. Tekan serta tahan tombol volume up, volume down, bahkan tombol power secara bersamaan, sampai terdengar bunyi “bip” pada komputer.
  4. Selanjutnya tekan tombol tersebut sekitar 5 menit.

Cara mengatasi HP Samsung mati total dengan menggunakan perangkat komputer selanjutnya adalah dengan melepaskan kabel USB, lalu masukkan kembali baterai pada perangkat dalam mode download. HP Samsung pun akan kembali menyala. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto