spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruCara Menghindari Toxic Relationship, Belajar dari Ending Nevertheless

Cara Menghindari Toxic Relationship, Belajar dari Ending Nevertheless

- Advertisement -

Bagaimana cara menghindari toxic relationship? Tentunya banyak orang mempertanyakan hal ini agar kisah cinta mereka tidak menjadi sad ending seperti di drama Korea Nevertheless.

Setelah menayangkan kesepuluh episode, drakor yang menceritakan kisah Yoo Na Bi dan Park Jae On akhirnya tamat. Sepanjang penayangan 10 episode itu, Nevertheless tak pernah menembus rating 3%.

Alasan di balik tipisnya rating serial adaptasi webtoon ini diduga karena kualitas akting yang buruk dan plot cerita datar.

Penonton sudah bisa menebak ending cerita dan memilih untuk berhenti nonton bahkan ada juga yang mengkritik. Dari segi psikologis, hubungan cinta keduanya memang tergolong toxic atau beracun.

Dikutip dari akun Instagram Riliv, interaksi Yoo Na Bi disebut ‘Romantic Love’ atau menurut istilah anak muda lebih akrab dengan sebutan ‘Friend With Benefit’ (FWB).

Tipe hubungan ini bertujuan untuk kesenangan semata dan tidak ada komitmen. Meski fenomena FWB marak terjadi, besar kemungkinan dapat membahayakan kondisi mental orang yang menjalaninya.

Bagaimana Cara Menghindari Toxic Relationship?

Belajar dari drama Nevertheless, inilah poin-poin penting yang harus kita perhatikan ketika menjalin hubungan.

Memperjelas Sebelum Memulai Hubungan

Pola hubungan akan terbentuk sejak awal mula interaksi. Oleh karena itu, cara menghindari toxic relationship yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi kejelasan di awal. Memperjelas hubungan bisa dengan bentuk komunikasi di dalam chat, telepon, atau mengobrol secara langsung.

Baca Juga: Sinopsis Drama Mine, Para Wanita yang Melindungi Miliknya

Dengan status hubungan yang jelas, tidak ada pihak yang merasa digantung. Kamu atau pasanganmu tidak perlu ragu menunjukkan kasih sayang.

Di sisi lain, kejelasan hubungan juga dapat menciptakan komitmen. Poin ini dapat menghindari ‘ghosting’ seperti perilaku Park Jae On yang selalu menghilang dan tiba-tiba datang saat ada maunya.

Memahami Hubungan yang Sedang Dijalani

Setelah memiliki kejelasan, tetap pantau hubungan yang kamu jalani sebagai cara menghindari toxic relationship selanjutnya. Seringkali rasa cinta membuat orang buta dan sulit memahami hubungan mereka. Tak heran mereka terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, namun memilih bertahan di dalam hubungan itu.

Ketika bertahan dalam toxic relationship, biasanya timbul sebuah harapan agar hubungan tersebut berubah menjadi lebih baik. Sampaikan pada pasangan apa harapanmu, dengarkan juga apa yang ia harapkan dari hubungan itu.

Dengan mengetahui harapan masing-masing, kita jadi bisa mengevaluasi apakah hubungan itu masih layak dipertahankan atau tidak.

Berhati-hati dan Menjaga Batasan

Di saat jatuh cinta, sulit untuk mengendalikan perasaan dan seringkali orang melakukan hal-hal di luar batas. Apalagi dalam kasus Yoo Na Bi, ia memiliki pengalaman buruk dengan pria sebelumnya, sehingga bingung dengan batasan.

Tanpa disadari ia mulai menjalani hubungan kasual dengan Park Jae On yang terkenal suka menggoda banyak wanita.

Cara menghindari toxic relationship salah satunya dengan tegas memberi batasan. Jika kamu dan si dia belum memiliki komitmen, sebaiknya jangan berkorban terlalu banyak.

Baca Juga: Ending Love Feat Marriage and Divorce Season 2 yang Menyebalkan

Pengeluaran uang, waktu, dan energi yang kamu keluarkan harus ada batasnya. Selain itu, sentuhan fisik juga perlu dibatasi sesuai adat dan norma yang berlaku di sekitar tempat tinggalmu.

Memahami Diri Sendiri

Sebelum berusaha memahami orang lain, tentunya kamu perlu memahami diri sendiri dulu. Memulai hubungan cinta tanpa pemahaman tentang diri sendiri dapat menjadi masalah di kemudian hari.

Kamu tidak tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan dari hubungan itu, lalu kamu menyalahkan pasanganmu.

Jika belum sembuh dari trauma percintaan sebelumnya, tidak perlu terburu-buru menjalin hubungan baru. Beri waktu pada diri sendiri untuk meluapkan rasa sedih atau mengenang masa lalu.

Terkadang, orang lebih mudah memahami diri sendiri ketika sedang melajang. Apa yang ingin kamu lakukan dari dulu, film yang ingin kamu tonton, buku yang ingin kamu baca, tempat yang ingin kamu tuju, lakukan itu sekarang.

Pepatah lama mengatakan, jika kamu bisa melakukan semuanya sendiri, maka tidak ada yang bisa menghentikanmu meraih impian.

Agar tidak terjebak toxic relationship seperti Yoo Na Bi, yuk pahami diri sendiri dulu! Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan tegas menjaga batasan agar tidak menjadi korban ghosting. Memperjelas dan memahami hubungan juga bisa menjadi cara menghindari toxic relationship di tengah maraknya fenomena FWB saat ini. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -