Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Tanpa Kabel, Berikut Solusinya

Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Tanpa Kabel, Berikut Solusinya

Cara mengirim foto dari HP ke laptop dapat Anda lakukan dengan beberapa metode. Memindahkan data seperti foto maupun video dari memori ponsel ke laptop secara berkala merupakan suatu hal yang cukup penting.

Hal ini bertujuan untuk mengamankan foto beserta file lain yang terdapat pada memori ponsel. Tidak hanya untuk mengamankan, akan tetapi dengan mengosongkan memori HP juga dapat meningkatkan performa perangkat secara signifikan.

Baca Juga : Cara Transfer Aplikasi dari HP ke Laptop, Berikut Panduan Mudahnya

Hal ini karena memori HP yang kita gunakan akan menjadi lebih besar, sehingga bisa memproses kinerja aplikasi menjadi lebih cepat.

Inilah Cara Mengirim Foto dari HP ke Laptop Tanpa Kabel

Selain berfungsi sebagai alat untuk menelepon, chatting, hingga media sosial, perangkat HP juga dapat digunakan dalam memotret. Namun bagi orang-orang yang memiliki hobi memotret, sering mengalami masalah ruang penyimpanan atau memori penuh.

Hal ini akibat terlalu banyaknya foto yang tersimpan di dalamnya. Menghadapi masalah ini, tentu sangat sayang jika foto yang sudah ada akan kita hapus.

Namun Anda tidak perlu khawatir, terdapat salah satu solusi yang dapat mengatasi masalah ini. Solusi tersebut adalah memindahkan koleksi foto tersebut dari perangkat HP ke perangkat laptop.

Memindahkan berbagai file dari smartphone ke perangkat laptop pada umumnya menggunakan kabel data yang telah tersedia. Akan tetapi, bagaimana jika kita harus memindahkan hasil foto secara mendadak dan kita tidak membawa kabel data?

Maka solusinya adalah dapat Anda kirim secara nirkabel. Terdapat beberapa cara untuk mengirim foto dari HP ke laptop tanpa kabel, baik secara offline maupun online.

Menggunakan Kartu SD

Kartu memori pada umumnya berfungsi sebagai penyimpanan tambahan, khususnya apabila memori internal pada perangkat HP telah terisi penuh.

Baca Juga : Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Aman dan Mudah

Selain itu, kapasitas memori eksternal satu ini pun pada umumnya cukup besar. Menariknya lagi, ternyata kartu memori dapat kita gunakan untuk mengirim foto dari HP ke laptop.

Caranya cukup mudah yakni:

  1. Hubungkan perangkat HP ke laptop dengan menggunakan USB
  2. Berikutnya aktifkan mode TFP
  3. Kemudian akan terdeteksi dua penyimpanan yakni internal dan SD Card
  4. Maka buka dengan kartu SD
  5. Lalu pilih file foto yang terdapat pada folder DCIM > ke laptop.

Apabila perangkat laptop Anda telah support slot card reader, maka Anda dapat langsung memasukkan kartu memori ke card reader tersebut. Dengan demikian, secara otomatis kartu memori Anda akan langsung terbaca.

Namun apabila perangkat laptop Anda belum mendukung card reader internal, maka Anda dapat menggunakan card reader USB. Caranya cukup mudah, Anda tinggal masukkan kartu memori serta sambungkan card reader USB ke perangkat laptop.

Langkah Mengirim Foto dari HP ke Laptop dengan OTG + Flashdisk

Sebagian besar smartphone keluaran terbaru pada umumnya telah support OTG. OTG merupakan salah satu fitur Android yang bermanfaat untuk menyambungkan perangkat tertentu ke perangkat HP melalui port USB charger.

Baca Juga : Cek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Seperti mouse, joystick, keyboard, dan flashdisk. Cara mengirim foto dari HP ke laptop dengan menggunakan OTG + Flashdisk antara lain:

  1. Langkah pertama, cek terlebih dahulu apakah smartphone Anda telah support OTG atau belum. Cara paling mudah, dapat menggunakan USB OTG Checker.
  2. Berikutnya, Anda tinggal memasang perangkat OT tersebut ke perangkat HP yang Anda gunakan, selanjutnya sambungkan flashdisk Anda.
  3. Langkah berikutnya, pilih foto yang Anda inginkan. Kemudian salin ke flashdisk.
    Apabila sudah, sambungkan flashdisk ke laptop. Lalu salin lagi foto yang telah Anda pilih ke perangkat laptop.

Menggunakan Bluetooth

Cara mengirim foto dari HP ke laptop lainnya adalah dengan menggunakan bluetooth. Seperti yang kita ketahui, bluetooth merupakan salah satu fitur yang memiliki fungsi untuk melakukan transfer file tanpa harus menggunakan kabel atau wireless.

Fitur ini telah tersedia sejak lama, bahkan sebelum ponsel Android populer di kalangan masyarakat. Selain untuk kebutuhan transform ternyata bluetooth juga dapat Anda gunakan untuk mengirim berbagai bentuk file dari HP ke laptop, salah satunya adalah foto.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan perangkat laptop yang Anda gunakan telah mendukung bluetooth. Kemudian mulai Pengaturan > Perangkat > Bluetooth dan Perangkat Lain, kemudian aktifkan Bluetooth. Selanjutnya Anda pun dapat mengirim foto dari HP ke laptop dengan mudah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -