Cara Mengobati Flu dan Batuk Secara Alami yang Efektif

cara mengobati flu dan batuk
Begini cara mengobati flu dan batuk. Foto: Ist/Net

Ada banyak cara mengobati flu dan batuk yang bisa kita lakukan. Baik dengan obat yang bisa kita beli dari apotek, ke dokter, hingga dengan herbal. Cara alami merupakan pilihan yang bijak agar terhindar dari ketergantungan obat.

Menurut laman Smarter Healthy, flu merupakan penyakit influenza yang terjadi karena infeksi virus. Virus biasanya menyerang sistem pernapasan yang masuk ke dalam tubuh melalui hidung, tenggorokan, hingga menyerang bagian paru-paru.

Penyakit flu dan batuk termasuk yang paling sering kita alami. Ini merupakan penyakit ringan yang paling umum terjadi. Baik yang menyerang anak-anak hingga orang tua.

Cara Mengobati Flu dan Batuk

Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, namun tetap saja apapun jenis penyakitnya harus segera kita obati. Apalagi penyakit ini sangat mengganggu.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyakit flu. Beberapa langkah ini juga sangat simple namun efektif untuk meredakan gangguan ini.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Flu Tulang, Gejala dan Cara Sederhana Mengobatinya

Nah, berikut ini cara mengobati flu dan batuk secara alami yang bisa Anda lakukan. Namun jika kondisi tidak membaik dalam tiga hari sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Perbanyak Minum Air Hangat

Minum air hangat dapat membantu meredakan tenggorokan sehingga lendir batuk bisa lebih encer. Begitu juga dengan lendir pada hidung yang menjadi penyebab flu bisa jadi lebih encer, sehingga masalah flu dan batuk Anda bisa segera teratasi.

Berendam Atau Mandi Air Hangat

Batuk dan flu biasanya akan semakin menjadi-jadi ketika udara sedang kering. Oleh sebab itu, dianjurkan Anda berendam dengan air hangat untuk melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat karena flu.

Mengonsumsi Ramuan Jahe

Cara mengobati flu dan batuk lainnya adalah dengan mengonsumsi ramuan jahe. Jahe merupakan sebuah bahan herbal yang sangat berguna sebagai obat flu dan batuk tradisional. 

Baca Juga : Gejala Flu Burung yang Menyerang Manusia dan Pengobatannya

Sebagai obat flu, jahe membantu dalam melemaskan otot saluran pernapasan, sehingga membuat hidung jadi lebih lega, dan daya tahan tubuh pun meningkat.

Selain itu, jahe juga dapat mengurangi rasa mual serta menghangatkan tubuh Anda. Batuk pun akan lebih lega jika sudah mengonsumsi jahe, karena tenggorokan lebih plong dengan herbal ini.

Manfaat jahe untuk mengatasi flu dan batuk akan semakin Anda rasakan jika Anda menggabungkan jahe dengan kunyit. Kombinasi keduanya dapat membantu semakin memperkuat sistem imun tubuh dari berbagai jenis penyakit.

Minum Teh Herbal

Ada beberapa jenis teh herbal yang juga ampuh sebagai cara mengobati flu dan batuk. Selama ini banyak orang percaya khasiat teh karena mengandung berbagai antibakteri dan zat antivirus.

Kandungan ini dapat mencegah dan mengobati berbagai masalah kesehatan, termasuk flu dan batuk. Beberapa jenis teh herbal yang dapat memberikan manfaat tersebut meliputi teh jahe, teh hijau, dan teh adas manis atau star anise.

Baca Juga : Flu dan Batuk Akibat Cuaca Panas, Begini Cara Mengatasinya

Beberapa teh herbal di atas bisa Anda konsumsi dengan air hangat tanpa dicampur bahan herbal lainnya, atau bisa Anda campur dengan jahe atau pun madu untuk menambah cita rasa atau pun manfaatnya.

Konsumsi secara rutin satu sampai dengan dua kali dalam sehari selama Anda batuk atau pilek untuk mempercepat kesembuhan atas masalah yang Anda alami tersebut. 

Tidur dengan Bantal Tinggi

Alternatif cara mengobati flu dan batuk lainnya adalah dengan istirahat yang cukup. Bagi Anda yang sedang sakit, istirahat berguna untuk mempercepat kesembuhan.

Oleh sebab itu, segerakan mengistirahatkan tubuh Anda ketika mengalami gejala flu dan batuk. Istirahat terbaik adalah dengan tidur.

Ketika membaringkan tubuh, gunakan beberapa lapis bantal yang dapat membantu menyanggah kepala Anda. Bantal Anda tata beberapa lapis, kemudian tempatkan untuk menyanggah kepala.

Ini bermanfaat untuk memperlancar aliran udara dari hidung ke saluran nafas bagian bawah. Tentu kondisi tersebut akan sangat mengurangi gejala hidung tersumbat di malam hari, sehingga dengan begitu Anda bisa tidur jauh lebih nyenyak.

Jika dalam 3 sampai 4 hari flu dan batuk Anda belum sembuh juga, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter untuk mendapatkan obat atau terapi. Semoga informasi tentang cara mengobati flu dan batuk ini bermanfaat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva