Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menurunkan Gigi Mobil Manual yang Mudah dan Aman

Cara Menurunkan Gigi Mobil Manual yang Mudah dan Aman

Cara menurunkan gigi mobil manual penting diketahui. Mobil saat ini jadi salah satu alat transportasi yang sudah banyak peminatnya. Hal itu karena mobil dapat membantu memudahkan berbagai aktivitas manusia.

Saat ini merek mobil yang berkembang di Indonesia tidaklah sedikit. Namun jenisnya terdapat dua macam, yaitu mobil matic dan mobil manual. Cara menggunakannya tentu saja memiliki perbedaan.

Sistem kerja mobil matic memang tampak lebih simpel, apabila dibandingkan dengan sistem kerja mobil manual. Hal ini dapat membedakan kinerja atau sistem kedua mobil tersebut.

Baca Juga: Perawatan Mobil Matic vs Manual yang Perlu Kalian Ketahui

Bahkan juga terlihat dari jumlah pedal yang tersedia. Untuk mobil manual terdapat 3 pedal, sedangkan mobil matic hanya memiliki 2 pedal saja.

Ketahui Cara Mudah Menurunkan Gigi Mobil Manual

Mengenai sistem perpindahan gigi mobil manual memang lebih sulit apabila dibandingkan dengan mobil matic. Hal itu karena cara perpindahan gigi hanya secara manual. Untuk itu, ketahui beberapa cara yang perlu Anda lakukan berikut ini.

Mengerti Penggunaan Kopling

Saat menurunkan gigi pada mobil manual sebaiknya Anda memiliki sikap tenang. Seperti saat melalui jalan menurun, selain harus mengetahui cara mengemudinya, juga Anda tidak boleh grogi.

Apabila memang sudah mengerti penggunaan kopling, meskipun hanya pada motor, tentunya juga akan menjadi nilai + untuk Anda. Hal itu karena memang hampir sama. Kemudian Anda akan lebih cepat untuk memahaminya.

Hal yang pasti pada saat mengoper gigi mobil, baik saat akan menurunkan atau menambahkan gigi, Anda memang harus menekan bagian kopling.

Caranya juga hampir mirip prosesnya saat menaikkan giginya. Anda harus pindahkan gigi ketika mobil dalam posisi melaju. Posisi saat RPM sudah mulai menurun, maka akan merasakan kondisi mesinnya yang bergetar.

Baca Juga: Penyebab Mobil Matic Tidak Kuat Menanjak dan Cara Mengatasinya

Sementara untuk memulai pergantian gigi mobil, Anda dapat mengangkat kaki kiri. Kemudian cara menurunkan gigi mobil manual, menekan pedal gas dengan kopling. Angkat kaki Anda dari bagian pedal gas sedikit lebih cepat, daripada saat menekan bagian kopling.

Hal ini akan menghindari mobil menggerung. Anda hanya perlu menekan kopling secara penuh saat memindahkan bagian persneling gigi ke gigi yang lebih kecil.

Caranya dengan melepaskan kopling mobil secara perlahan. Kemudian Anda dapat menggunakan pedal gas. Hal itu untuk menstabilkan kecepatan laju mobil. Selanjutnya Anda hanya perlu melepaskan kopling secara penuh.

Memahami Perpindahan Gigi

Pastinya agar tidak ingin terjadi hal buruk, maka Anda perlu mengetahui cara menurunkan atau menaikkan gigi mobil manual. Pada saat Anda sedang berjalan stabil dan tiba-tiba melewati turunan, sebaiknya menurunkan gigi mobil Anda.

Langkahnya yaitu dengan mengusahakan masuk ke gigi 2, kemudian membiarkan mesin mobil ikut melakukan pengeremannya. Anda hanya perlu menekan rem sedikit-sedikit. Namun sebaiknya tidak perlu menekan terlalu dalam. Hal itu agar rem tidak panas.

Selain itu, perlu menjaga RPM pada titik aman dengan menggunakan rem. Apabila merasa mobil turun masih terlalu cepat, Anda dapat coba cara menurunkan gigi mobil ke gigi 1. Sedangkan bagi yang masih belajar, memang sebaiknya memakai gigi 1 saja.

Hal tersebut karena mobil tak akan melaju cepat saat memakai gigi 1. Namun, apabila berada pada turunan yang ringan, tapi Anda masih ingin menggunakan gigi 3 tidak apa-apa, selama tidak ada masalah, dan Anda masih dapat melakukan pengereman.

Gunakan gigi 2 dan 1 untuk turunan yang curam dan tampak berbahaya. Pastikan Anda terapkan cara menurunkan gigi mobil manual secara tepat.

Manfaatkan Teknik Engine Brake

Cara yang satu ini memang lebih unik dan berbeda. Tidak hanya menggunakan rem. Namun juga dapat manfaatkan teknik engine brake. Teknik ini dapat turunkan tingkat transmisi gigi mobil. Selain itu, mengendorkan gas ketika melaju.

Umumnya dilakukan saat melewati jalan menurun agar mengurangi kecepatannya. Dengan memanfaatkan teknik ini, beban rem semakin berkurang, sehingga dapat memperpanjang umur penggunaan rem. Selain itu juga, konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit.

Syaratnya menggunakan teknik ini, penggunaannya harus dengan cara dan waktu yang tepat. Hal itu karena penggunaannya tidak boleh sering-sering, meski dapat membantu atau mengurangi fungsi untuk memberhentikan mobilnya.

Kini Anda dapat mengetahui cara menurunkan gigi mobil manual yang aman. Untuk dapat menurunkan gigi mobil, sebenarnya cukup mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -