Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit, Jangan Salah Langkah!

Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit, Jangan Salah Langkah!
Ilustrasi Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit. Foto : Ist/Net

Cara menyetel karburator motor supaya irit bisa Anda terapkan dengan mudah. Hal ini akan menjadi trik jitu para pengguna kendaraan roda dua.

Seperti kita ketahui, bahwa karburator juga menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Karena, tugasnya mencampurkan bahan bakar dan udara pada saat proses mesin.

Komponen motor ini akan menyemprotkan campuran tersebut ke ruang pembakaran. Oleh karena itu jika kita bisa menyetelnya akan membuat bahan bakar menjadi lebih irit.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri untuk Pemula

Maka secara otomatis kita akan lebih hemat pengeluaran bukan? Nah, coba simak pembahasan berikut ini secara lebih rinci.

Begini Cara Menyetel Karburator Motor Supaya Irit

Sebelum melakukan penyetelan kita harus memastikan kondisi mesin terlebih dahulu. Pastikan mesin motor sedang dalam kondisi dingin, karena ini akan lebih memudahkan dan menguntungkan.

Perawatan Karburator

Kita harus memastikan bahwa kondisi karburator bersih dan selalu lakukan servis secara berkala. Karena ketika kotor akan tersumbat dan membuat proses penyetelan terkendala.

Maka pastikan sudah membersihkan dan melakukan perawatan secara tepat dan berkala. Kita juga harus memperhatikan apakah cara menyetel karburator motor sudah benar. Karena jika tidak, maka mesin justru tidak akan bertenaga.

Menyiapkan Peralatan

Berbagai alat yang akan digunakan yakni seperti obeng dan kunci lainnya. Sebaiknya perhatikan susunan mesin yang akan kita kerjakan tersebut. Obeng min untuk melepaskan sekrup min saat melakukan penyetelan.

Menghidupkan Mesin

Cara menyetel karburator motor supaya irit selanjutnya, hidupkan mesin agar saat penyetelan lebih mudah. Nah, barulah kita buat suara mesin berbeda dari setelan aslinya, dengan mengatur stasioner ke putaran mesin.

Penyetelan ini cukup penting dengan memutarnya searah jarum jam. Pastikan hingga terasa bahwa mesin akan off.

Baca Juga : Jenis Karburator Motor Berdasar Bentuk Venturi dan Katup Gas 

Setelah itu barulah kita putar ke arah berlawanan untuk mengembalikan mesin ke suara yang lebih tinggi pada mulanya.

Tidak cukup sampai disana, sebaiknya menurunkan putaran mesin ke yang kita inginkan. Barulah mendapatkan setelan yang kita kehendaki tersebut.

Mengetes Hasil Setelan

Kemudian, cara menyetel karburator motor supaya irit selanjutnya adalah mengecek ulang. Ketika sudah melakukan penyetelan sesuai yang Anda inginkan, maka harus mengujinya.

Caranya, dengan menarik tuas gas namun posisi transmisi harus netral. Dengarkan hasil dari setelan Anda tadi, lalu jika suara tidak enak, coba bongkar dan lakukan seperti step di atas.

Akibat Ketika Setelan Tidak Pas

Jika sudah berhasil menyetel karburator ,maka seharusnya bahan bakar akan lebih awet. Kemudian, Anda harus memastikan kondisi sekrup pengatur gas dan saluran bensin.

Ketinggian gas pada saat tarikan gas ini akan terlihat dari pengaturan besar kecilnya saluran bensin. Maka, tidak sedikit kasus dari penyetelan secara mandiri yang mengabaikan keseimbangan. Sehingga Anda hanya akan membuat karburator justru mudah rusak.

Baca Juga : Penyebab Karburator Banjir, Kenali 6 Faktor yang Berpengaruh 

Selain itu, perhatikan juga hasil dari asap knalpot. Jika asap yang keluar pada knalpot warnanya hitam, maka karburator jelas bermasalah.

Sedangkan jika cara menyetel karburator motor supaya irit yang tidak tepat justru akan membuat mesin tersendat dan mati. Bahkan, tidak bertahan lama dan bahkan mesin tidak nyala.

Masalah Pada Main Jet

Salah satu komponen penting dari karburator ini akan mempengaruhi pengaturan. Bentuknya kecil berada di tengah karburator.

Main jet berfungsi untuk membantu menyalurkan bensin ke karburator. Melalui aliran udara dan proses mesin tersebut.

Jangan sampai membuat komponen ini kotor dan tidak terawat. Pasalnya sudah pasti akan membuat aliran bensin tidak lancar.

Ketika hal ini terjadi, maka hasil dari campuran tidak ideal dan membuat setelan tidak baik. Pada saat itu RPM rendah dan menjadi terasa tidak enak.

Modifikasi Karburator

Cara menyetel karburator motor supaya irit ini juga jangan sampai salah langkah. Ketika beberapa komponen penting terganti tidak tepat, maka mengakibatkan dayanya rendah dan berisiko rusak.

Maka komponen jarum skep dan main jet jangan sampai salah ukuran. Memodifikasi harus mempertimbangkan kondisi kedepannya.

Maka potensi dari mengganti komponen tersebut akan menghasilkan daya motor. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu berlebihan ketika ingin melakukan modifikasi.

Lakukan dengan melakukan konsultasi kepada seorang yang berpengalaman. Selain itu, lakukan penyetelan secara tepat dan mempertimbangkan ketahanannya.

Cara menyetel karburator motor supaya irit harus tetap memperhatikan kekuatan dan daya motor. Jangan hanya mempertimbangkan untuk aspek ekonomi saja. Terkadang kita ingin menghemat justru merusak dan malah menambah biaya yang tidak seharusnya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto