Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Pakai View Once di WhatsApp Untuk Menjaga Privasi Pengguna

Cara Pakai View Once di WhatsApp Untuk Menjaga Privasi Pengguna

Cara pakai View Once WhatsApp dapat Anda perhatikan secara seksama agar penggunaannya lebih aman. Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp telah resmi merilis fitur View Once bagi para pengguna versi Beta.

Melalui fitur ini, foto dan video yang telah pengguna kirimkan akan hilang setelah sekali terlihat oleh penerima. Fitur ini hampir sama dengan yang terdapat di Telegram dan Snapchat, sehingga file seketika akan kadaluarsa usai terlihat oleh pengguna lain.

Apabila mengetuk fitur info pada pesan yang telah terkirim, maka pengguna dapat melihat kapan penerima mendapat serta melihat pesan.

Baca Juga : Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi, Begini Caranya Paling Mudah!

Akan tetapi, lain jika penerima tak mengaktifkan centang biru pertanda pesan telah terbaca. Pengirim hanya dapat melihat apakah pesan video atau foto tersebut telah penerima buka atau belum.

Perlu Anda ketahui, dalam penggunaan fitur ini, penerima masih bisa menyimpan foto dan video dengan ambil tangkapan layar atau merekam menggunakan perangkat lain.

Mengetahui Cara Pakai View Once di WhatsApp

WhatsApp kembali merilis sebuah fitur baru untuk menjaga privasi para penggunanya. Fitur tersebut bernama View Once. Dengan hadirnya fitur ini, dapat mencegah jejak digital pengguna secara permanen.

Pada saat fitur View Once Anda gunakan, maka foto serta video yang terdapat pada chat akan hilang setelah penerima buka. Selain itu, fitur terbaru ini juga memperoleh perlindungan enkripsi end-to-end jadi WhatsApp tak dapat melihatnya.

Media ini juga memiliki tanda dengan icon “sekali lihat” pada obrolan. Selanjutnya terkirim dengan menggunakan fitur View Once, maka pesan media akan menampilkan status “dibuka” pada chat.

Namun sayangnya, pengirim tidak akan memperoleh notifikasi apabila si penerima melakukan screenshot maupun merekam video atau foto yang telah terkirim.

Baca Juga : Menghilangkan Bio WhatsApp Android dan iPhone, Ini Caranya 

Oleh karena itu, setelah mengetahui cara pakai View Once WhatsApp, pengguna lebih berhati-hati dalam mengirim file media kepada seseorang.

Melalui blog mereka, WhatsApp juga menjelaskan bahwa kehadiran fitur View Once memiliki tujuan untuk memberikan pengguna lebih banyak kendali terhadap privasi.

Cara Kerja Fitur View Once WhatsApp

Sebelum mengetahui bagaimana cara pakai View Once di WhatsApp, penting bagi Anda untuk memahami tentang fitur satu ini.

Fitur View Once atau dengan istilah lain fitur sekali lihat pada aplikasi WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk mengirim pesan.

Baik foto maupun video yang nantinya pesan gambar/video terkirim tersebut akan secara otomatis terhapus begitu penerima membukanya.

Bagi Anda yang mempunyai aplikasi WhatsApp Beta dalam perangkat Android, maka Anda akan melihat tombol tampilan fitur “View Once”. Tombol ini terletak pada kolom entri teks di sebelah tombol kirim.

Tombol fitur View Once hampir sama dengan ikon pengatur jam dengan angka 1 yang ada lingkaran. Mode View Once ini aktif pada saat pengguna menekan icon tersebut sebelum kirim pesan.

Pesan satu kali lihat ini lain dengan pesan yang dihilangkan. Pada saat pengguna mengaktifkan Disappearing Messages, maka WhatsApp akan memberikan kurun waktu 7 hari sebelum akhirnya benar-benar terhapus.

Baca Juga : Aplikasi Font untuk Whatsapp, Pengguna Android dan iOS Wajib Punya

Sedangkan pada fitur View Once memiliki cara kerja menghapus pesan setelah terbaca oleh penerima. Sebenarnya dua fitur ini hadir untuk atasi masalah keamanan serta privasi tiap pengguna saat melakukan obrolan bersama pengguna lain.

Cara Mudah Pakai View Once di WhatsApp

Berikut ini cara menggunakan fitur View Once:

  1. Langkah pertama, obrolan pribadi atau grup pada aplikasi WhatsApp
  2. Selanjutnya, ketuk ikon penjepit kertas untuk dapat melampirkan atau merekam gambar/video
  3. Cara pakai View Once di WhatsApp berikutnya adalah pilih gambar atau video yang akan Anda kirim, lalu ketuk ikon 1 yang terdapat di sebelah tombol kirim
  4. Selanjutnya akan muncul pesan “Foto/video diatur untuk dilihat sekali”
  5. Langkah berikutnya, Anda dapat mengirim media. Penerima akan memperoleh izin untuk melihatnya sekali
  6. Jika pihak penerima telah membuka pesan, maka keterangan dari notifikasi foto juga video akan mengalami perubahan menjadi “opened” sudah terbuka.

Dengan mengikuti cara pakai View Once di WhatsApp, maka media tidak akan tersimpan pada ponsel penerima. Selain itu, baik video atau foto yang terkirim melalui fitur ini tidak dapat pengguna teruskan, simpan, tandai, serta bagikan pada pihak lain. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto