Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCek Model iPhone Dengan Cara Mudah dan Tips Membedakannya

Cek Model iPhone Dengan Cara Mudah dan Tips Membedakannya

Pastikan cek model iPhone sebelum Anda membelinya. Hal ini cukup penting agar Anda tidak melakukan kesalahan ketika membeli. Jika Anda mengetahui modelnya, maka Anda bisa tahu berapa besar harganya.

Baca juga: Cara Hapus Kontak di iPhone Mudah Tanpa Ribet, Simak Trik Praktisnya!

Dengan begitu, Anda tidak tergiur dengan iPhone yang memiliki harga murah. Masalahnya, kini semakin banyak saja oknum tidak bertanggung jawab yang diduga melakukan perdagangan ilegal atau black market.

Dengan cek model iPhone, Anda bisa mengetahui berapa besar uang yang dibutuhkan untuk membelinya. Anda tidak akan kena tipu dengan iming-iming harga murah yang tidak jelas keasliannya.

Cara Mudah Cek Model iPhone

Saat ini banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang jual iPhone palsu atau bekas. Hal ini tentunya membuat Anda bingung ketika membelinya. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara cek model iPhone.

Model iPhone bisa memberitahu berbagai hal mengenai spesifikasi, termasuk harganya. Anda harus tahu agar tidak kena tipu. Karena di luar sana ada banyak sekali jenis iPhone yang harus Anda ketahui.

Untuk melakukan cek model iPhone, bisa menggunakan cara dari kami ini. Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan, jadi tidak perlu bingung lagi untuk melakukannya.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Privasi Lebih Terjaga, Simak Triknya!

Jadi, Anda tidak akan mendapatkan kerugian dengan membeli smartphone tak resmi. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa simak baik-baik tips yang tepat. Hal ini bertujuan agar Anda bisa cek model iPhone dengan mudah. Berikut caranya.

Periksa Garansi iPhone

Secara umum, semua merek smartphone termasuk iPhone, pastinya memiliki masa garansi terbatas seperti 1 tahun. Hal tersebut berlaku untuk semua perangkatnya yang Anda beli dari toko Apple atau toko resmi lainnya.

Agar bisa mengetahui apakah iPhone yang Anda beli memiliki garansi dengan cek model, Anda perlu tahu nomor seri dari handphone tersebut.

Cek Model Iphone
Periksa Garansi iPhone. Foto: Ist/net

Nah untuk mengetahuinya, Anda bisa membuka Settings > General > About. Nantinya akan melihat deretan serial number. Nomor tersebut dicetak pada kotak kemasan iPhone. Anda bisa mencatat nomor tersebut.

Kemudian buka situs . Setelah itu, Anda bisa memasukkan nomornya. Jika iPhone yang Anda beli asli, maka di layar akan muncul keterangan mengenai model iPhone, masa garansi, status, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Deteksi Spyware Pegasus di iPhone dengan Mudah, Simak !

Bila iPhone tersebut palsu atau curian, maka informasi seperti tadi tidak akan ada. Atau bisa juga dengan masa garansi yang sudah berakhir. Jangan sepelekan perihal garansi karena akan merugikan Anda nantinya.

Cek Nomor Model iPhone

Model iPhone bisa diketahui dengan cek nomornya. Mungkin Anda sering menjumpai pedagang yang menjual iPhone dengan harga murah.

Biasanya iPhone yang mereka jual tidak memiliki kondisi baik, seperti perangkatnya sudah diganti dan sebagainya. Namun kali ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah barang tersebut palsu atau tidak.

Cek Nomor Model iPhone. Foto: Ist/net

Anda hanya perlu membuka menu Setting, kemudian General, lalu About. Nomor model iPhone nantinya akan terlihat seperti “MQ3D2DHN/A”. Huruf pertama pada nomor menunjukkan sifat dari perangkat.

M – menandakan bahwa perangkat tersebut merupakan iPhone baru.

F – perangkat refurbished

R – menandakan perangkat pengganti

P – menemukan perangkat yang dipersonalisasi

Nah, jika nomor iPhone Anda tidak diawali dengan nomor tersebut, kemungkinan besar barang palsu. Jika Anda membeli dari penjual tidak sah atau pasar gelap, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Anda perlu memastikan bahwa nomor model memiliki awalan huruf M sebelum melakukan pembelian. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam pembelian iPhone baru.

Memeriksa Kontak Kemasan

Melihat model iPhone dengan cek kotak kemasan. Ketika Anda membeli sebuah iPhone baru maupun bekas, ada baiknya untuk mengecek tampilan belakang kotaknya.

Pada bagian belakang kotak, Anda bisa melihat semua informasi mengenai perangkat yang akan dibeli. Misalnya terletak pada nomor model, IMEI, nomor seri, dan sebagainya.

Selain itu, bila Anda membeli sebuah iPhone baru, maka dalam kotaknya terdapat beberapa perlengkapan. Perlengkapannya seperti kabel USB, earphone, adaptor daya, buku manual, dan ejector kartu SIM.

Pastikan paket yang Anda terima memiliki semua hal ini. Karena bila tidak, bisa saja iPhone tersebut palsu atau bekas. Jangan sampai Anda merugi karena tidak teliti.

Periksa Nomor IMEI iPhone

Cara melihat model iPhone dengan cek nomor IMEI. Seperti yang Anda tahu, setiap smartphone memiliki IMEI yang unik. Nah, agar Anda bisa mengetahui nomor IMEI iPhone, maka Anda perlu memasukkan *#06# pada kotak telepon Anda.

Periksa Nomor IMEI iPhone. Foto: Ist/net

Jika ingin lebih gampang tanpa menghubungi nomor, Anda juga bisa melihat nomor IMEI pada Setting > General > About. Agar Anda bisa mengetahui iPhone Anda legal atau tidak, bisa menghubungi situs resmi IMEI.

Baca juga: Cara Mengecek IMEI iPhone Resmi atau BM dengan Cepat dan Mudah

Namun jika smartphone Anda merupakan jenis iPhone BM, maka datanya tidak akan ada di database. Itulah salah satu cara untuk cek model iPhone Anda. Jangan beli produk KW hanya karena tergiur dengan harganya yang murah. Sebab, iPhone palsu jelas saja memiliki fitur terbatas, kualitas buruk, dan berisiko mudah rusak.

Memeriksa Penampilan Fisik

Nah cara cek model iPhone selanjutnya ini cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak hal. Pastinya jika barang yang kita beli itu baru, maka penampilnya akan jauh lebih mulus. Tidak akan ada goresan.

Bila iPhone tersebut memiliki goresan, dapat dipastikan bahwa itu merupakan iPhone bekas. Memeriksa kondisi fisik, tidak hanya terlihat pada tampilan bodynya saja. Anda juga perlu memeriksa tombol USB dan tombol-tombol lainnya.

Jika memang tidak terjadi kecocokan, maka Anda dapat curiga bahwa smartphone tersebut bukan unit baru. Sebelum membelinya, Anda bisa mencoba dan menekan beberapa tombol agar memaksimalkan kinerjanya.

Melihat Casing Belakang

Cara cek model iPhone selanjutnya adalah dengan melihat casing pada bagian belakang. Hal ini cukup mudah untuk Anda lakukan.

Ketika Anda membeli smartphone baru, pastinya akan ada stiker yang menuliskan model iPhone tersebut. Nah, jika Anda sudah tahu mengenai modelnya, Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah HP tersebut asli atau palsu.

Cek Melalui Secara Online

Jika Anda masih ragu setelah cek model dengan memasukkan nomor modelnya, maka Anda juga bisa melihatnya secara online. Anda hanya perlu membuka browser pada HP.

Setelah itu, Anda bisa ketik https://www.imei.info/. Setelah dibuka, Anda bisa cek IMEI iPhone ke dalam kolom yang telah tersedia, lalu tekan Check.

Jika sudah, akan muncul sebuah informasi mengenai iPhone yang Anda cek. Sehingga tahu model dari iPhone tersebut. Cara untuk cek model iPhone perlu Anda tahu.

Namun, kami juga akan memberikan cara untuk membedakan iPhone asli dengan yang palsu. Cara untuk membedakannya tidak mudah. Sebab makin lama, kedua handphone tersebut semakin mirip. Apalagi bila minim pengetahuan, Anda tentu mudah terkecoh membeli produk palsu.

Berikut Ini Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Untuk membedakan barang palsu dan asli selain dengan cek iPhone, Anda bisa menggunakan beberapa cara ini. Dengan menggunakan cara ini, pastinya Anda tidak akan mendapatkan iPhone palsu dan terhindar dari kerugian. Berikut caranya.

Memiliki App Store

Cara membedakan palsu dan asli selain melakukan cek model iPhone adalah dengan ada tidaknya App Store. Jika iPhone Anda buatan Apple, maka terdapat aplikasi App Store yang berfungsi untuk mendownload aplikasi.

Namun jika Anda membeli perangkat palsu atau tiruan, maka aplikasi ini tidak akan ada di dalamnya. Seperti Google Play yang ada pada Android.

Memperhatikan OP

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Selain cek model iPhone, juga perlu tahu bedanya iPhone asli dan palsu. Anda bisa mengetahuinya dengan memperhatikan iOS sistem operasinya. Hal ini cukup mudah untuk Anda ketahui.

Sebab iPhone palsu kebanyakan menggunakan OS milik Android. Hal ini karena cukup mudah dalam kustomisasi sehingga sangat mirip iOS.  Untuk melakukan pengecekan, Anda bisa masuk pada menu Setting dan periksa sistem operasionalnya.

Kualitas Kamera

Kebanyakan orang menggunakan iPhone karena kualitas kameranya. Jika kebanyakan kamera HP Android berlomba-lomba untuk memberikan tampilan paling cantik, bedanya, iPhone bisa memberikan tampilan yang malah apa adanya.

Meski kualitas dari kameranya biasa saja, namun Anda tidak bisa meremehkannya. Meski begitu, resolusi yang HP ini miliki tidak bisa dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Untuk mencari perbedaannya, Anda bisa mengajak teman yang memiliki iPhone dan membandingkannya. Dengan cara ini, Anda bisa membedakan mana iPhone asli dan palsu. Cara ini cukup mudah untuk digunakan. Dengan cara ini juga Anda tidak perlu cek model iPhone untuk mengetahui keasliannya.

Memperhatikan Material Ponsel

Kebanyakan iPhone digunakan oleh masyarakat menengah ke atas. Tentunya material yang dipakai tidak main-main kualitasnya. Oleh sebab itu, cek model iPhone.

Jadi, dengan memperhatikan material body, Anda bisa membedakan mana material asli dan palsu. Jika yang Anda beli palsu, maka materialnya terbuat dari plastik.

Sedangkan yang asli materialnya akan terbuat dari kaca karena memiliki sifat kuat dan kokoh. Anda perlu memperhatikan spesifikasi dari iPhone itu sendiri sebelum membeli. Lebih baik kenali spesifikasi secara detail baru memutuskan untuk membeli.

Cek IMEI dan Garansi iPhone

Cara ini juga bisa Anda pakai untuk cek model iPhone asli dan palsu. Cara untuk membedakan ori dan KW memang sangat akurat. Anda sebaiknya melihat nomor IMEI pada dusnya terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengecekan melalui website resmi milik Apple. Jika tertera keterangan yang sesuai dengan data, maka iPhone tersebut asli.

Namun jika tidak, maka besar kemungkinan perangkat tersebut palsu. Untuk mengetahui caranya cukup mudah. Kami juga sudah memberi tahu caranya tadi.

Baca juga: Bug di Wifi iPhone Membuat Masalah, Ini Cara Memperbaikinya

Itulah cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah smartphone yang Anda beli adalah iPhone palsu atau asli. Untuk mengetahuinya memang sedikit sulit.

Karena ada banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang meniru produk iPhone dan memasarkannya dengan harga murah. Meski untuk sebagian orang, ini merupakan keuntungan karena tidak bisa membeli iPhone asli.

Namun untuk sebagian orang lainnya, hal ini merugikan. Karena mereka mencari barang yang ori dengan spesifikasi kualitas terbaik.

Untuk itu, dengan mengetahui cara cek model iPhone sekaligus paham perbedaan produk asli dan palsu, Anda bisa mendapatkan keuntungan tersendiri. Bahkan bisa terhindar dari banyak kerugian. (R10/HR-Online)