Senin, Oktober 18, 2021
BerandaTeknologiKomputerCek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Cek Sandi Email di HP dan Laptop Mudah, Tanpa Ubah Password!

Cek sandi email adalah suatu hal penting saat kita lupa kata sandi atau password. Seperti yang kita ketahui, saat ini sangat banyak aplikasi atau situs web dengan menghadirkan fitur simpan maupun ingat password.

Akan tetapi bisa saja Anda lupa password yang notabene adalah hal penting. Salah satunya adalah password Gmail, karena Anda menjadi jarang untuk mengingatnya kembali. Sebenarnya terdapat langkah lain yang dapat Anda lakukan saat lupa.

Baca Juga : Cara Mengeluarkan Email dari Perangkat Lain, Berikut Langkah Mudahnya

Namun, berarti Anda harus mengganti password lama dengan membuat yang baru. Hal ini tentunya akan membuat Anda semakin banyak mengingat sandi.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, Anda dapat melihat sandi email tanpa perlu mengganti password yang Anda gunakan saat ini.

Cara Cek Sandi Email

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui password atau sandi email antara lain:

Melalui Browser PC

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk cek sandi akun Gmail Anda adalah dengan menggunakan browser PC, baik itu Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Dalam hal ini, tentu adalah browser yang pernah Anda gunakan untuk masuk ke akun Gmail yang lupa kata sandi tersebut. Selain itu, belum yang Anda gunakan belum dihapus dari history, cache, cookie atau yang lainnya.

1. Mozilla Firefox

Adapun langkah-langkah untuk cek sandi email melalui Mozilla adalah:

  • Pertama, buka browser Mozilla Firefox
  • Kemudian pilih tanda garis tiga horisontal yang terdapat pada pojok kanan atas
  • Berikutnya polih login dan password
  • Langkah selanjutnya, cari website yang beralamat “account google
  • Lalu melihat password tersebut dengan klik ikon mata yang terdapat pada bagian samping.

2. Google Chrome

Cara cek sandi email melalui browser PC lainnya adalah dengan memanfaatkan Google Chrome dengan langkah sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka Google Chrome pada perangkat laptop yang Anda gunakan
  • Lalu klik ikon tiga titik pada pojok kanan atas browser
  • Pilih Settings
  • Berikutnya pada halaman setting gulir hingga bagian Autofill lalu pilih Password
  • Langkah berikutnya ketik “Google” pada kolom search password pada bagian atas
  • Selanjutnya, tekan ikon mata untuk dapat melihat password Gmail yang tersimpan.

Cara Cek Sandi Email di HP Android

Sama halnya melihat sandi melalui perangkat PC, untuk dapat melihat sandi email pada perangkat HP pun dapat Anda lakukan tanpa reset password yang Anda gunakan saat ini. Cara melalui password manager dari Google serta melalui fitur simpan password yang terdapat pada web browser.

1.  Melalui password.google.com

Cara ini dapat Anda gunakan apabila memiliki banyak akun Gmail yang login secara bersamaan pada Google Chrome Android.

Baca Juga : Setting Push Email Yahoo pada HP Android, Berikut Tutorial Lengkapnya!

Maka akun Gmail pertama yang Anda inginkan akan menjadi akun utama. Pada email utama ini yang dapat menyimpan serta melihat password dari akun Gmail lainnya.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  • Buka https://password.google.com/ dengan menggunakan HP Android. Selanjutnya login dengan menggunakan akun Google utama Anda
  • Langkah berikutnya tekan ikon pencarian dengan ketik Google, kemudian tekan tombol Cari pada keyboard HP Android Anda.
  • Cara cek sandi email selanjutnya pada kolom pencarian, tekan google.com, silahkan masukkan password dari akun Google utama Anda.

Maka semua password Gmail yang tersimpan pada akun Google utama akan muncul pada laman tersebut. Untuk alamat email yang paling atas merupakan alamat email utama.

Pada akun email utama ini Anda tidak dapat melihat password-nya. Sedangkan pada alamat email di bawahnya, Anda dapat cek password dengan cara klik tombol mata samping kanan password dengan simbol bintang.

2.  Melalui Password yang Tersimpan pada Web Browser

Cara cek kata kunci atau sandi email selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur simpan atau fitur ingat password. Anda dapat memakai fitur ini dalam menyimpan kata kunci Gmail serta melihatnya di kemudian hari.

Caranya cukup mudah, dengan Google Chrome pada perangkat Android Anda. Lalu tekan tombol tiga titik yang terdapat pada pojok kanan atas layar. Selanjutnya pilih settings > password.

Kemudian pada kolom pencarian, ketik Google dan pilih accounts.google.com sesuai dengan alamat Gmail yang akan Anda lihat kata kuncinya. Cara cek sandi email selanjutnya adalah dengan tekan tombol mata yang terdapat di sebelah kanan password dengan simbol bintang. Maka akan nampak sandi password dari email Anda. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img