Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial Agar Bisa Mendatangkan Laba

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial
Ilustrasi Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial. Foto: Cermati.com

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial bisa kalian pahami dengan menggunakan analisis SWOT. SWOT memiliki arti terdiri dari Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman).

Dengan analisis SWOT kalian akan semakin memahami potensi yang akan kalian dapatkan dalam sebuah usaha atau bisnis. Dalam dunia bisnis, perencanaan adalah hal paling penting karena bisa menentukan seperti apa langkah yang akan kalian ambil ke depannya.

Tak hanya itu saja, dengan analisis SWOT pelaku bisnis juga bisa bisa memperkirakan kendala atau masalah yang mungkin saja terjadi. Sehingga kalian akan memiliki modal pengetahuan sebagai strategi untuk mengatasi beberapa kendala yang bisa muncul kapan saja.

Baca Juga: Peluang Usaha Pinggir Jalan dengan Modal Kecil Untung Besar

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial Hingga Mampu Mendatangkan Laba

Bagi pelaku bisnis, sangat penting memahami seperti apa tanda-tanda peluang usaha yang potensial dengan nilai jual tinggi. Terutama bagi kalian yang baru saja akan merintis usaha, tanpa memiliki pengetahuan maka bisnis tidak akan berjalan lancar. 

Sebelum terjun langsung dalam bisnis tersebut, kalian wajib tahu mengenai baik atau tidaknya peluang usaha itu untuk kedepannya.

Kembali ke analisis SWOT, pada poin strengths dan weakness berasal dari faktor internal. Artinya, penggagas bisnis itu akan mempengaruhi kekuatan serta kelemahan suatu bisnis. Misalnya saja penentuan lokasi usaha, properti, paten serta menentukan siapa saja yang akan bergabung dengan tim kita.

Sementara untuk point peluang dan ancaman berasal dari faktor eksternal yang bisa kita sebut sebagai kejadian di luar perusahaan. Sebagai pelaku bisnis, sebisa mungkin kalian akan melindungi usaha dari segala ancaman serta kerugian namun tidak bisa mengubahnya. 

Untuk itu penting bagi kalian untuk tahu seperti apa ciri-ciri peluang usaha yang potensial agar bisa semakin berkembang.

Nyata

Dalam hal ini nyata memiliki arti bahwa segala sesuatunya sudah kalian rencanakan dengan matang. Pasalnya sebesar apapun keinginan kalian, jika sebuah bisnis hanya ada dalam angan, maka tentu saja akan sia-sia. 

Agar bisa mewujudkan dan menjalankan bisnis, maka kalian harus memiliki sikap fokus dan serius. Selain itu agar usaha semakin berkembang, tentu harus mengimbangi dengan konsistensi yang tinggi. Ciri-ciri peluang usaha yang potensial ini akan bisa terwujud dengan adanya dorongan dari diri sendiri.

Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil yang Menjanjikan

Nilai Jual Tinggi

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial tentunya memiliki nilai jual yang terbilang tinggi. Jika melihat dari skala besar, tentu kalian tidak asing lagi dengan berbagai produk yang harga jualnya cukup tinggi. 

Hal ini karena produk tersebut terbuat dari bahan dengan kualitas pilihan sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Sebagai contoh sepatu bermerek, pakaian maupun tas branded yang harganya hampir setara dengan mobil.

Penentuan harga yang sangat tinggi itu tentu bukan tanpa perhitungan mengingat bahan pembuatannya juga langka. Seperti tas yang terbuat dari kulit hewan dengan proses pengerjaan yang rumit. Sehingga tidak setiap orang mampu memiliki produk-produk tersebut yang sering terkenal dengan harga sultan.

Untuk itu agar bisnis bisa memiliki peluang yang potensial, pelaku usaha wajib mempertimbangkan produk apa yang akan kalian kembangkan. 

Caranya cukup mudah, lakukan riset terhadap beberapa produk yang akan kalian tekuni. Dengan begitu kalian akan tahu apakah bisnis tersebut memiliki prospek yang langgeng untuk kedepannya atau hanya bersifat sementara.

Tingkat Risiko Kecil

Peluang usaha yang potensial memiliki ciri-ciri yang bisa kalian lihat dari besar dan kecilnya risiko yang mungkin ada. Terlebih bagi pemula, hal yang paling menjadi momok ketika akan menjalankan bisnis yaitu kerugian. Untuk itu kalian perlu menekan agar risiko kerugian tidak terlalu besar.

Untuk pemula agar bisa menekan risiko kerugian yang besar, sangat penting memilih dan memilah jenis usaha yang akan kalian jalankan. Agar lebih aman, pilih bisnis ringan terlebih dulu, sehingga ketika mendapat kompetitor yang lebih unggul kerugian tidak akan terlalu besar.

Usaha Tidak Bersifat Musiman

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial selanjutnya yaitu jenis usaha tidak bersifat musiman atau evergreen. Contoh usaha yang bersifat musiman yaitu kembang api atau petasan yang hanya akan laris pada hari dan musim tertentu saja. Untuk memulai bisnis, sebaiknya jangan tergiur dengan usaha ini karena pasar akan berpotensi lesu.

Sebaliknya, tanda peluang yang potensial adalah sifatnya evergreen atau merupakan kebutuhan manusia. Dalam hal ini yaitu kebutuhan primer atau kebutuhan pokok, seperti papan, sandang dan pangan. Sementara untuk usaha musiman, sebaiknya kalian jadikan sebagai usaha tambahan saja.

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial yaitu Produk Awet

Tak sedikit pebisnis yang akhirnya gulung tikar lantaran keliru dalam menganalisis usaha. Salah satu ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah dengan menjalankan usaha yang mana produk tersebut tidak memiliki batas waktu kadaluarsa. 

Produk yang tahan lama memudahkan kalian dalam menjual barang karena tidak terburu-buru dengan batas kadaluarsa.

Sebagai contoh menjual perabotan rumah tangga, alat tulis ataupun pakaian. Tingkat kegagalan bisnis ini sangat minim bila kalian bandingkan dengan bisnis makanan yang sudah pasti mudah basi. 

Namun apabila kalian tetap tergiur memilih bisnis makanan, maka harus pandai dalam memilih strategi.

Proses pengolahan serta penyimpanan makanan menjadi hal yang perlu kalian pikirkan secara matang. Selain itu cari jenis makanan yang paling banyak peminatnya di pasaran. Dengan begitu kalian tidak akan menumpuk makanan terlalu banyak yang bisa menimbulkan kerugian yang besar.

Ketersediaan Barang Melimpah

Ketika kalian tidak menyediakan produk sendiri dan lebih memilih mengambil barang dari supplier atau pabrik. Sebaiknya pastikan terlebih dulu apakah barang tersebut selalu ada dengan stok yang selalu berlimpah. 

Selain itu pastikan mencari supplier yang menawarkan harga rendah agar kalian bisa mengambil laba tanpa mematok harga yang tinggi.

Karena kemudahan dalam mendapat suatu produk juga termasuk dalam ciri-ciri peluang usaha yang potensial. Sebagus apapun peluang sebuah usaha, tanpa adanya dukungan ketersediaan barang maka usaha tidak akan bisa bertahan. Pasalnya prinsip dalam berbisnis yaitu bisa memenuhi permintaan konsumen melalui barang tersebut.

Mudah Beradaptasi

Tak bisa kita pungkiri ciri-ciri dari peluang usaha yang potensial terlihat dari seberapa mudah usaha tersebut menyesuaikan diri dengan kondisi pasar. Terlebih bagi pemula, tak sedikit yang mengalami kesulitan ketika beradaptasi dengan keadaan pasar atau menyesuaikan kompetitor di sekitar mereka. Sebagai pelaku usaha, kalian wajib memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Bukan tanpa alasan, dalam menjalankan bisnis kalian akan mendapatkan banyak kejutan yang tidak terduga. Termasuk ketika terjadi perubahan harga atau menemui pesaing yang menjalankan usaha dengan kualitas barang serupa. Untuk itu sangat perlu bagi kalian mempersiapkan diri agar bisa menyesuaikan kondisi dan situasi dengan penuh kejutan di dalam pasar.

Usaha Berasal dari Gagasan Sendiri

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial selanjutnya yaitu dengan mendirikan bisnis yang orisinal. Dengan tidak menjiplak karya atau ide dari orang lain, kemungkinan usaha kalian akan memiliki daya tarik sendiri bagi konsumen.

Meningkatkan kreativitas dalam berbisnis sangat perlu mengingat tujuan utama berbisnis yaitu menggaet konsumen. Tanpa adanya inovasi dalam sebuah usaha, tentu akan menjadikan konsumen terlihat biasa-biasa saja ketika melihat produk tersebut. Setidaknya dengan usaha yang berasal dari gagasan sendiri, akan membuat konsumen semakin mudah mengingat usaha kalian.

Kelayakan Produk

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial juga terlihat dari seberapa layaknya usaha tersebut. Kelayakan usaha akan menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih suatu produk. Tentu saja konsumen lebih menyukai produk dengan kualitas yang tinggi daripada produk yang tidak layak.

Untuk memiliki usaha yang layak, kalian perlu melakukan riset terlebih dulu. Dengan begitu kalian bisa tahu apakah stok barang cukup banyak, populer di pasaran atau tidak serta berpotensi memiliki banyak peminat. Biar bagaimana pun, kesiapan serta perencanaan semacam itu juga mempengaruhi perjalanan bisnis.

Minim Modal

Modal merupakan hal yang paling penting dalam memulai sebuah usaha. Namun ciri-ciri peluang usaha yang potensial salah satunya yaitu tidak membutuhkan modal yang terlalu tinggi. Masalah bisa saja muncul apabila kalian lebih sering mengeluarkan modal untuk melengkapi produk. 

Hal yang seharusnya adalah, cukup sekali saja mengeluarkan modal dan selanjutnya kalian tinggal menunggu pengembalian modal. Jika usaha tersebut memerlukan modal yang besar, ketika terjadi kegagalan maka kerugian yang kalian alami juga besar.

Bisa Memenuhi Kebutuhan Pasar

Ciri-ciri untuk menentukan peluang usaha yang potensial yaitu dengan memastikan bahwa usaha tersebut bisa memenuhi pasar. Sebagai contoh, apabila kalian berlokasi di daerah pesisir dengan sebagian besar warga yang bekerja sebagai petani tambak. Maka sudah pasti mereka memerlukan pompa air, bibit ikan, plastik kolam dan pakan ikan.

Kondisi tersebut bisa kalian manfaatkan sebagai peluang usaha yang potensial karena dapat memenuhi kebutuhan mereka. Bisnis ini memiliki pasaran tersendiri yang mana akan semakin mudah untuk kalian kembangkan. 

Selain itu jenis usaha yang kalian jalankan juga harus memiliki kualitas baik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Ketika usaha kalian bisa dengan mudah menembus pasaran, artinya usaha tersebut memang berpotensi memberikan laba yang tinggi.

Skala Industri yang Bisa Berkembang

Usaha yang bisa berkembang dari waktu ke waktu merupakan ciri-ciri peluang usaha yang potensial. Tentu saja untuk mengembangkan sebuah bisnis tidak bisa terjadi begitu saja. Semua usaha yang kini berhasil menjadi industri yang besar pastilah awalnya bermula dari usaha sederhana terlebih dulu.

Misalnya, untuk bisa mendirikan sebuah butik, seseorang bisa memulainya dengan menjadi dropshipper terlebih dulu. Setelah mendapat pasaran, maka bisa berkembang menjadi industri skala rumah tangga. 

Seiring dengan berjalannya waktu usaha tersebut akan berkembang hingga akhirnya menjadi butik yang besar. Apabila sulit berkembang, maka usaha tersebut bukan merupakan ciri-ciri yang potensial.

Mudah untuk Menjalankan

Ketika memulai sebuah bisnis dan kalian merasa senang menjalankannya. Hal ini menandakan bahwa seluruh kemampuan telah kalian kerahkan untuk mendapatkan hasil terbaik. Berbeda ketika kalian merasa tidak sejalan dengan bisnis yang saat ini berjalan. Maka kemungkinan akan sulit untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial yaitu sangat mudah ketika menjalankan bisnis tersebut. Artinya bisnis tersebut bisa menembus pasaran dengan mudah yang mana sangat mungkin mendatangkan banyak keuntungan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang