Ciri Jaringan Meristem pada Tumbuhan yang Aktif Membelah

Ciri Jaringan Meristem pada Tumbuhan yang Aktif Membelah
Ilustrasi ciri jaringan meristem. Foto: Ist/Net

Ciri jaringan meristem yang ada pada tumbuhan memang beragam. Jaringan ini terdapat pada bagian-bagian tertentu saja pada tumbuhan. Melansir Wikipedia, meristem merupakan jaringan pada tumbuhan yang susunnya atas sel-sel aktif membelah.

Menurut ilmu etimologi, meristem asalnya dari bahasa Yunani. Berasal dari kata meristes yang artinya terbelah. Jaringan ini mampu membelah dirinya. Caranya dengan mitosis secara terus-menerus atau bersifat embrional.

Hal tersebut untuk menambah jumlah sel-sel tubuhnya pada tumbuhan. Sel pembentuk jaringan ini ukurannya terbilang kecil. Selain itu, memiliki dinding sel yang tipis. Sel-sel meristem ada yang memiliki bentuk bulat, lonjong, kuboid. atau prismatik.

Baca Juga: Fungsi Jaringan Gabus Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Inilah Beberapa Ciri Jaringan Meristem

Meristem ini juga dikenal dengan sebutan jaringan muda. Hal itu karena susunan atas sel muda atau sel embrional yang belum terdiferensiasi.

Jaringan ini memiliki ciri-ciri tersendiri. Sehingga dapat membedakannya dengan jaringan yang lainnya. Untuk itu, ketahui ciri dari sel meristem berikut ini.

Bentuk dan Ukuran Sel Penyusun Sama

Ciri dari jaringan meristem ini memiliki bentuk juga ukuran selnya sama. Dengan bentuknya yang seperti kubus, namun umumnya jaringan ini memiliki satu ataupun lebih dari inti sel. Tentunya memiliki ukuran besar.

Sel Muda dan Berukuran Kecil

Ciri lainnya pada sel muda yang ukurannya kecil. Hal itu karena sel yang menyusun meristem bersifat embrional sehingga dapat  dikatakan selalu aktif membelah dirinya.

Dinding Sel Tipis

Jaringan ini memiliki dinding sel yang terbilang cukup tipis. Hal itu hingga ruang antar sel sering sekali tidak menemukannya. Bahkan sangat sulit untuk menemukannya.

Selnya Penuh dengan Protoplasma

Ciri-ciri dari jaringan meristem lainnya, pada selnya penuh dengan protoplasma. Hal ini terjadi akibat banyaknya jumlah protoplasma yang ada dalam sel pada meristem ini.

Isi Sel Tidak Mengandung Zat Makanan

Ciri lainnya dari meristem ini tidak memiliki kandungan zat makan dalam isi selnya. Hal ini karena meristem tidak memiliki fungsi sebagai jaringan penyimpan makanan.

Selain itu, ada juga ciri-ciri yang lainnya yaitu belum melalui masa diferensiasi dan spesialisasi. Adanya vakuola yang kecil dan bagian intinya besar. Plastida belum matang dan pembentukannya sama ke segala arah.

Baca Juga: Ciri Jaringan Epidermis Serta Fungsinya pada Tumbuhan

Jaringan Penting Bagi Pertumbuhan Tanaman

Jaringan ini juga ada beberapa jenis. Setelah ciri, berikut ini yang termasuk jaringan meristem.

Jaringan Embrional

Salah satu jaringan yang penting bagi pertumbuhan tanaman yaitu jaringan embrional. Jaringan embrional sebagai jaringan yang ada pada tumbuhan dan aktif membelah. Sehingga dapat membantu proses pertumbuhan tanaman. Ciri jaringan meristem ini berukuran kecil. Selain itu, juga memiliki banyak sitoplasma dan totipotensi tinggi.

Jaringan Meristem Primer

Jaringan dalam tanaman merupakan jaringan tumbuhan yang asalnya dari sel embrionik. Untuk mengetahui fungsinya dengan melihat ciri-cirinya. Cirinya berada pada ujung bagian batang dan akar.

Hal itu karena terletak pada ujung organ penting pada tumbuhan. Fungsi dari jaringan ini dapat membantu memperpanjang batang. Selain itu, membantu pertumbuhan pada bagian akar tumbuhan melalui aktivitas yang dilakukan oleh jaringan tersebut.

Jaringan Meristem Sekunder

Keberadaan jaringan ini memiliki peran cukup penting untuk menjadikan tanaman tumbuh menjadi membesar. Apabila ingin melihat ciri jaringan meristem ini lebih dekat, dengan lakukan penelitian dalam tumbuhan Gymnospermae. 

Hal itu ada dalam jaringan kambium. Sementara kambium gabus umumnya ada dalam bagian luar kulit batangnya. Bagian tersebut cukup sulit dilalui oleh air. Dalam mempelajari pertumbuhan tanaman, pastikan Anda tak melewatkan jaringan ini.

Jaringan Meristem Lateral

Jenis jaringan lainnya yang tak kalah penting untuk Anda pahami yaitu jaringan meristem lateral. Jaringan ini terdapat pada bagian samping permukaan organ yang juga menjadi jaringan penting bersamaan dengan jaringan apikal dan interkalar. Untuk mengetahui cirinya, dapat melihatnya dari letak.

Letaknya jaringan ini sejajar dengan permukaan organ tumbuhan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, dengan melakukan penelitian. Penelitian pada kambium dan kambium gabus. Kambium tersebut ada dalam jaringan lateral.

Kini Anda dapat mengetahui beberapa ciri dari jaringan meristem. Meristem merupakan jaringan pada tumbuhan yang susunannya berupa sel-sel aktif membelah. Sel pembentuk jaringan ini ukurannya terbilang kecil. (R10/HR Online)

Editor: Jujang