Ciri Kucing Cacingan, Kenali Gejalanya Segera!

Ciri Kucing Cacingan
Lesu merupakan salah satu ciri kucing cacingan. Foto: Ndu/HR

Secara umum, ciri kucing cacingan pada kucing ras maupun kucing domestik terlihat sama. Anak kucing bisa mengalami cacingan jika menyusu pada induk yang terjangkit cacing. Sedangkan kucing dewasa bisa terjangkit cacing yang berasal dari tikus, siput, atau interaksi dengan kotoran kucing lain yang mengalami cacingan.

Gejala kucing cacingan disebabkan oleh telur atau larva cacing yang menginfeksi kucing tersebut. Cacing gilig dan cacing paru adalah jenis-jenis cacing yang paling sering menginfeksi kucing. Apabila tidak segera diobati, kucing cacingan bisa mengarah pada masalah kesehatan yang serius.

Ini Ciri Kucing Cacingan

Supaya cepat diobati, kenali gejala yang muncul pada kucing yang mengalami cacingan. Berikut ini adalah ciri-cirinya.

Warna Bulu Kusam

Ciri kucing cacingan yang paling mudah dikenali adalah dari warna bulunya. Kucing yang terjangkit cacing tidak akan menunjukkan gejala di awal-awal, tetapi bulunya menjadi kusam. Apabila bulu tidak berkilau lagi seperti sebelumnya, ada kemungkinan kucing telah terinfeksi oleh telur atau larva cacing.

Baca Juga: Kucing Bau Mulut, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pada beberapa kasus yang parah, kucing yang terinfeksi cacing juga mengalami kerontokan pada bulunya. Hal ini terjadi karena cacing parasit yang masuk ke tubuh kucing menyebabkan malnutrisi, sehingga berdampak pada pertumbuhan bulu.

Gusi Kucing Pucat

Ketika pemilik berinteraksi dengan kucing, mungkin akan menyadari bahwa gusi dan lidah kucing berwarna putih pucat. Oleh karena itu, pastikan pemilik selelu memeriksa mulut kucing untuk memantau kondisi kesehatannya. Karena gusi dan lidah yang berwarna putih pucat menandakan kucing telah terinfeksi oleh cacing parasit.

Beberapa kucing akan menolak untuk diperiksa, namun, pemilik bisa mengakalinya dengan membelai bagian bawah telinga dekat rahang. Gunakan jari-jari dengan perlahan untuk membuka rahang atas hingga gusi terlihat. Warna merah cerah pertanda kucing sehat. Jika gusi berwarna putih memudar, maka itu bisa jadi ciri kucing cacingan dan harus dibawa ke dokter hewan.

Warna Kotoran Kucing

Kucing yang terinfeksi cacing juga bisa dilihat dari warna kotorannya. Untuk mengetahui ciri kucing cacingan, periksa kotoran kucing di kotak pasir. Gunakan sarung tangan karet agar pemilik tidak ikut terinfeksi cacing.

Apabila kotoran kucing berwarna tak seperti biasanya, maka itu pertanda kucing telah terinfeksi cacing. Hal ini karena cacing tambang bersarang di dinding usus, sehingga bisa mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi. Jika kucing mengalami diare, segera bawa ke dokter hewan karena kondisi ini rentan membuat kucing stres.

Kucing Sering Muntah

Sistem pencernaan kucing yang terganggu akibat terinfeksi cacing menyebabkan ia mual dan sering muntah. Jika terjadi sesekali, mungkin tidak apa-apa. Namun frekuensi muntah yang terus meningkat bisa jadi pertanda bahaya. Cacing yang bersarang menghalangi aliran di lambung atau bahkan mengiritasi lapisan lambung.

Baca Juga: Kucing Makan Bulu Sendiri, Begini Cara Menghentikannya

Nafsu Makan Menurun

Biasanya kucing selalu menghabiskan makanannya karena nafsu makan makan yang baik menandakan pencernaan sehat. Nafsu makan kucing berkurang merupakan ciri kucing cacingan. Keberadaan cacing yang bersarang dalam tubuh kucing bisa menyebabkan ia hilang selera makan.

Kucing Menjadi Lesu

Karena kucing mengalami malnutrisi, ia pun tidak memiliki cukup energi untuk bergerak. Baik kucing dewasa maupun remaja, terinfeksi cacing menyebabkan mereka bergerak lambat dan terlihat lesu. Dalam beberapa kasus, kucing bisa mengalami demam.

Kucing Selalu Haus

Diare dan muntah akibat cacing membuat kucing kehilangan banyak cairan. Tak heran jika kucing selalu merasa haus dan ia akan minum air lebih sering. Kebutuhan air minum akan meningkat dua kali lipat dari biasanya.

Kondisi tiap kucing memang berbeda-beda, namun ada pula yang merasa selalu lapar. Terkadang jika makanan telah habis, kucing akan segera mencari makanan lain di luar rumah. Cacing yang bersarang di usus mengalami penyerapan makanan sehingga kucing jadi kekurangan gizi.

Sulit Bernafas

Cacing paru adalah jenis cacing yang menyerang organ pernapasan kucing. Jika terinfeksi cacing paru, kucing akan kesulitan bernafas. Dalam beberapa kasus yang parah, cacing juga bisa menyerang hati dan pembuluh darah arteri di paru-paru.

Jika pemilik sudah mengenali ciri kucing cacingan, segera konsultasikan kepada dokter hewan untuk mendapat pengobatan. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu