Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruCiri Otot Jantung, Bekerja dengan Baik Secara Tak Sadar

Ciri Otot Jantung, Bekerja dengan Baik Secara Tak Sadar

Ciri otot jantung yang ada pada dinding jantung penting untuk kita ketahui. Karena merupakan satu dari tiga jenis jaringan otot dalam tubuh. Dua jenis lainnya yaitu jaringan otot rangka dan jaringan otot polos.

Otot jantung letaknya hanya di jantung. Otot tersebut melakukan kontraksi terkoordinasi. Sehingga memungkinkan jantung memompa darah melalui sistem peredaran darah.

Melansir Wikipedia, otot jantung merupakan jenis otot lurik tidak sadar. Otot tersebut dapat ditemukan pada bagian dinding jantung, khususnya myocardium

Inilah Beberapa Ciri Otot Jantung

Sel-sel pada jaringan otot ini memiliki empat ciri khasnya. Cirinya yang tidak sadar serta dikendalikan dengan cara intrinsik, bercabang, lurik serta berinti tunggal. Otot jantung yang dianggap sebagai jaringan tidak sadar.

Hal itu karena adanya pengaruh oleh daerah batang otak dan hipotalamus. Untuk itu ketahui lebih banyak mengenai ciri-cirinya berikut ini.

Otot jantung yang memiliki bentuk yang memanjang. Mampu bekerja secara terus menerus, bahkan selama 24 jam penuh setiap harinya. Otot tersebut bekerja tanpa istirahat.

Memiliki inti sel yang letaknya pada bagian tengahnya. Cara kerjanya diluar kesadaran atau secara refleks. Sehingga dapat dikatakan bekerja tanpa adanya pengaruh dari saraf pusat atau otak.

Memiliki ukuran panjang serabut sekitar 50 – 100 µm. Pada bagian diameternya memiliki ukuran 14 µm. Pada otot jantung memiliki serabut yang kurang lebih sekitar 1500 filamen.

Serabut pada otot jantung tersebut berupa sarkolema. Terdiri dari miofibril. Miofibril tersebut tampak berdampingan. Ciri otot jantung ini memiliki satu dan dua inti sel. Bahkan ada juga jumlah sel sekitar 3 sampai 4. Namun jumlah tersebut jarang ditemukan.

Otot ini mendapatkan pengaruh oleh dua saraf otonom, yaitu saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Otot jantung memiliki bentuk silindris bercabang juga tampak menyatu.

Memiliki serabut bercabang yang banyak. Otot ini memiliki diskus interkalaris. Interkalaris merupakan pembatas antar sarkomer. Hal itu yang merupakan bahan dasar dari sebagian besar sel-sel otot.

Baca Juga: Ciri Otot Lurik Sebagai Otot Gerak Beserta Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Karakteristik

Otot jantung yang terdapat pada bagian dinding pelindung jantung. Terutama terkonsentrasi pada bagian miokardium. Mempertahankan kekuatan optimal dari otot termasuk hal penting. Untuk fungsi normal dari jantung tersebut.

Otot jantung memerlukan suplai oksigen yang cukup. Namun kegagalan yang menjadikan gangguan. Bahkan juga menyebabkan kematian sel-sel otot. Setiap kelainan struktur otot dari organ jantung membawa keadaan medis.

Baik yang kondisinya masih ringan hingga cukup parah. Mengenai pemahaman lebih baik daripada ciri otot jantung, mengacu pada beberapa hal berikut ini.

Sel-Sel dari Otot Jantung

Sel-sel yang membentuk otot jantung secara kolektif menyebutnya dengan kardiomiosit. Berisikan beberapa jumlah dari mitokondria. Dengan memungkinkan respirasi aerobik secara terus-menerus.

Sel-sel cabang secara acak dan dipintal dengan satu sama lainnya. Sehingga akan menyerupai mesh. Hal inilah yang memberikan kekuatan pada dinding jantung. Untuk menahan tekanan yang meningkat. Selain itu sasaran selama berulang memompa darahnya.

Keunikan

Sifat unik dari otot jantung letaknya hanya dalam jantung. Tentunya tidak berada pada bagian lain dari tubuh. Karakteristik otot jantung yang unik memiliki sel-sel bercabang. Sel-sel ini terhubungkan dengan cakram yang terinterkalasi.

Baca Juga: Gangguan pada Otot, Jenis dan Penyebabnya yang Sering Terjadi

Sel Otot Pacu

Tidak hanya kardiomiosit dari otot jantung. Namun ciri otot jantung ada beberapa sel-sel khusus yang menyebutnya sel-sel alat pacu jantung. Memiliki tanggung jawab untuk memulai dan mengendalikan detak jantung. Fungsi sel-sel alat pacu jantung agar dapat mengatur impuls listrik jantung. Sehingga menjalankan perannya untuk menjaga denyut jantung.

Fungsi

Jaringan otot jantung memiliki fungsi untuk menjaga jantung. Dengan memompa melalui gerakan tidak sadar. Hal ini menjadikan salah satu ciri khas yang membedakannya dari jaringan otot rangka.

Fungsi otot jantung ini dapat mengendalikan kontraksi hati. Sistem saraf mengirimkan sinyalnya pada sel alat pacu jantung. Sehingga akan mendorong untuk mempercepat atau memperlambat detak jantung.

Sel-sel alat pacu jantung, nantinya akan terhubung ke sel-sel otot jantung lainnya. Memungkinkan untuk menyampaikan sinyalnya. Sehingga akan menghasilkan gelombang kontraksi otot jantung. Selain itu akan menciptakan detak jantung. 

Ciri otot jantung yang hanya terdapat pada dinding jantung. Bekerja tanpa adanya pengaruh dari saraf pusat atau otak. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img