Contoh Kingdom Monera, Didasarkan pada Klasifikasinya

Contoh Kingdom Monera Didasarkan pada Klasifikasinya
Ilustrasi contoh kingdom monera. Foto: Ist/Net

Contoh kingdom monera dapat terlihat dari klasifikasinya. Monera merupakan salah satu kingdom yang masuk klasifikasi biologi sistem lima-kingdom. Melansir Wikipedia, monera sebagai makhluk hidup yang hanya memiliki satu sel.

Hal itu sesuai dengan namanya dari bahasa Yunani. Asalnya dari kata moneres yang berarti tunggal. Monera belum terdapat membran inti sel dan memiliki nucleoid yang mengandung DNA. Selain itu, juga belum terdapat organel bermembran.

Seperti halnya mitokondria, badan golgi, dan kloroplas. Bagian dinding selnya dari peptidoglikan yang tahapannya terdapat tekanan osmotic. Tekanan tersebut mencapai 25 kali tekanan atmosfer. Anggota kingdom ini secara umum menyebutnya dengan bakteri.

Inilah Beberapa Contoh Kingdom Monera

Kingdom monera merupakan sebuah organisme prokariotik dengan contoh beragam. Organisme tersebut termasuk tertua yang ada di dunia. Terdapat dua contoh dari kelompok organisme tersebut. Seperti halnya alga biru dan bakteri. Untuk itu, ketahui beberapa contoh dari monera tersebut berikut ini.

Baca Juga: Contoh Kingdom Plantae, Pengertian, Ciri-ciri, dan Klasifikasi Lengkap

Archaebacteria

Archaebacteria merupakan kelompok dari bakteri purba. Anggota archaea memiliki karakteristik yang berbeda dengan anggota monera lainnya. Kelompok satu ini yang dapat menemukannya pada tempat-tempat ekstrim. Berikut ini yang termasuk golongan archaebacteria.

Methanogen

Methanogen termasuk kelompok archae yang memiliki gas metana (CH4), sebagai salah satu kelompok dari organisme anaerob obligat. Hal itu tidak dapat mentolerir oksigen. Bahkan respirasi berlangsung secara anaerob.

Tak lain untuk menemukan jenis bakteri ini pada lapisan rawa paling bawah. Manfaat bakteri ini untuk mengubah kotoran hewan menjadi biogas. Selain itu, untuk menemukan bakteri ini dalam simbiosis mutualisme. Pada sistem pencernaan hewan, seperti halnya sapi atau rayap.

Halofil Ekstrim

Contoh kingdom monera ini termasuk dalam golongan archaebacteria. Hal itu sebagian besar merupakan mikroorganisme aerob dan heterotrof.

Meski beberapa yang sifatnya anaerob dan fotosintetik dengan pigmen pada bakteriorhodopsin hidup pada lingkungan yang memiliki konsentrasi garam tinggi.

Lingkungan tersebut memiliki 10x salinitas air laut. Seperti halnya di Laut Mati dan bahkan Danau Great Salt (USA). Selain itu, juga pada makanan yang diasinkan. Jenis organisme satu ini menggunakan garam dalam pembentukan ATP.

Baca Juga: Contoh Kingdom Protista dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Klasifikasi

Termofil Ekstrim

Umumnya kelompok bakteri termofil ekstrim dapat menemukannya pada tempat bersuhu ekstrim. Dengan suhu ekstrim antara 60 hingga 105°C. Untuk menemukannya, contoh kingdom monera ini ada pada sumber mata air panas. Selain itu, pada kawah yang berada di gunung berapi.

Sehingga energi yang didapatkan oleh bakteri ini adalah kemosintesis dari senyawa sulfur. Bakteri termofili ini dapat mengoksidasi sulfurnya.

Seperti halnya sulfolobus yang hidupnya pada mata air sulfur. Bahkan spesies lainnya dapat hidup dekat rekahan dasar laut. Kedalaman dasar laut suhunya mencapai 150 derajat.

Eubacteria

Eubacteria merupakan kelompok bakteri yang memiliki dinding peptidoglikan dan sifatnya kaku. Bertanggung jawab untuk menjaga integritas sel dan menentukan bentuknya suatu bakteri. Contoh kingdom monera ini membedakannya menjadi beberapa kelompok berikut ini.

Bakteri Gram

Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang didasarkan dengan pewarnaan gram. Jenis bakteri ini juga terdapat dua macam. Gram negatif memiliki dinding peptidoglikan tipis. Memiliki warna merah pada pewarnaan gram. Contoh bakteri ini patogen dan Salmonella sp.

Sedangkan gram positif memiliki dinding peptidoglikan yang cukup tebal. Memiliki warna ungu pada pewarnaan gram. Jenis bakteri ini umumnya sangat menguntungkan. Contoh dari bakteri satu ini Bacillus sp.

Spirochaeta

Bakteri satu ini memiliki bentuk spiral dengan panjang sekitar 0,25mm. Untuk mendapatkan energinya melalui kemoheterotrof. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit Treponema pallidum atau penyebab sifilis.

Klamidia

Klamidia termasuk salah satu contoh dari kingdom monera. Bakteri ini merupakan parasit yang ada dalam sel hewan. Bahkan dapat menularkannya melalui seksual. Bakteri ini juga dapat menyebabkan kebutaan apabila akan memperoleh energinya dari inangnya. Seperti halnya dengan Chlamydia trachomatis.

Proteobacteria

Bakteri ini yang membedakannya menjadi tiga kelompok. Seperti halnya bakteri ungu kemoautotrof, proteobacteria kemoautotrof, dan proteobacteria kemoheterotrof.

Cyanobacteria

Cyanobacteria dahulu mengenalnya dengan nama ganggang hijau biru. Selain itu, juga memasukkannya dalam kelompok alga eukariotik. Namun belakangan ini, alga ini termasuk dalam prokariotik.

Mempunyai klorofil seperti halnya pada tumbuhan. Untuk menjumpai bakteri ini pada air tawar, air laut, atau dalam bentuk simbiosis dengan organisme lainnya. Contoh kingdom monera ini ada berbagai macam jenisnya. Jenis organisme tersebut hanya memiliki  satu sel. (R10/HR Online)

Editor: Jujang