Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruDayun Chi 302, Motor Dari China yang Mirip Kawasaki Z1000

Dayun Chi 302, Motor Dari China yang Mirip Kawasaki Z1000

Dayun Chi 302 jika melihat dari tampangnya memang seperti Kawasaki Z1000 Naked Streetfighter. Akan tetapi, saat melaju di jalanan maka akan seperti KTM 250 Duke.

Ternyata bukan hanya kali ini saja pabrikan otomotif asal China ini ‘menjiplak’ motor lainnya. Sebelumnya, Dayun juga pernah mengeluarkan model yang mirip dengan Honda TMX.

Baca Juga : Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 di Indonesia Setara Mobil Toyota Altis

Sementara pada tahun 2021 ini tepatnya bulan Juli, Dayun mengeluarkan sepeda motor terbarunya yang mendapatkan inspirasi dari Kawasaki Z1000, yang terkenal karena filosofi desain yang terinspirasi dari Sugomi.

Lantas bagaimana dengan spesifikasi dan fitur dari Chi 302 ini, apakah memang sama dengan Kawasaki Z1000? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Dayun Chi 302 Kloningan dari Kawasaki Z1000

Tidak mengejutkan memang pabrikan otomotif asal China ini sering mengkloning merek-merek dari pabrikan sepeda motor atau mobil ternama.

Salah satu yang terbaru adalah Dayun, yang mengeluarkan sepeda motor kelas entry-level yang mirip dengan Z1000 besutan Kawasaki.

Jika melihat dari tampang luar memang sangat streetfighter, dengan perpaduan warna hijau namun tetap terkesan gahar dan agresif.

Fakta Mesin

Pada bagian mesin dari motor terbaru besutan Dayun Chi 302 ini memiliki kapasitas 285 cc, paralel-twin, dan berpendingin cairan.

Mesinnya tersebut mampu melesat dengan tenaga maksimum 28,8hp pada 8.500rpm dan torsi puncak 27Nm pada 6.500rpm.

Baca Juga : Honda CBF190TR Special Edition Sudah Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Selain itu, Dayun mengklaim bahwa motor Chi 302 ini mampu memberikan jarak tempuh sebesar 27.7 km / liter, dengan kapasitas tangki bensin 15 liter.

Sebagai perbandingan Kawasaki Z1000 membawa mesin dengan kapasitas 1000 cc. Selain itu, moge besutan Kawasaki jajaran Naked Streetfighter atau naked bike ini membawa mesin 4 silinder, dengan 4-stroke In-Line Four, pendingin cairan, 16 katup dan DOHC.

Jadi, dari sisi mesin saja antara Chi 302 dengan Kawasaki Z1000 tentu perbedaannya sangat signifikan.

Bahkan KTM 250 Duke yang memiliki mesin lebih kecil dari sepeda motor Dayun ini, bisa menghasilkan 29 tenaga kuda dan 24 Nm.

Desain

Dayun Chi 302 memiliki tangki bahan bakar yang besar namun berotot, dengan ekstensi dan intake udara. Namun jangan sampai terkecoh, karena intake udara yang terpasang pada motor ini adalah palsu.

Sementara pada kursi atau jok memiliki desain split-style. Selain itu juga pada bagian knalpot upswept dan setang terangkat serta cat dual-tone.

Baca Juga : Vespa GTS Swiss Edition Hanya 300 Unit, Simak Kelebihannya

Sedangkan pada bagian lampu depan bersudut ramping, yang diapit oleh indikator belok berbentuk mata. Bukan hanya itu, sepeda motor besutan Dayun ini mengemas pengaturan LED penuh untuk penerangan, dan kluster instrumen digital.

Faktor Keamanan Saat Berkendara

Sementara dari segi perlengkapan keselamatan, motor Dayun Chi 302 ini sudah dilengkapi dengan rem cakram pada bagian roda depan maupun belakang.

Sedangkan suspensi pada kendaraan roda dua ini sudah terpasang garpu terbalik, yang pengaturannya bisa preload pada sisi depan dan unit mono-shock pada bagian belakang.

Namun jika membandingkannya dengan Kawasaki Z1000, tentu saja ukuran diameternya berbeda. Pasalnya, berat dari motor lebih ringan dari Kawasaki Z1000.

Lalu pada bagian rem, Dayun Chi 302 ini terpasang cakram tunggal pada bagian belakang. sedangkan untuk depan sepasang rem cakram dengan kaliper radian. Namun, tidak jelas apakah Dayun kloningan dari Kawasaki Z1000 ini menawarkan fitur ABS atau tidak. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -