Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisJamin Pangan Sehat, Disnakan Ciamis Gagas Strategi Gedor Waruga

Jamin Pangan Sehat, Disnakan Ciamis Gagas Strategi Gedor Waruga

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya menjamin pangan sehat asal hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis menggagas strategi Gedor Waruga atau Gerakan Ngadorong Warga Hirup Gaya Sehat.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Nurhidayat mengatakan, strategi tersebut merupakan gerakan komitmen bersama dalam rangka mensosialisasikan cara budidaya ayam dan ikan yang baik dan sehat.

“Gedor Waruga ini mendorong masyarakat agar membudayakan hidup sehat untuk menjamin pangan asal hewan yang sehat dan aman,” ujar Syarief dalam kegiatan FGD secara virtual di ruang ULP Setda Ciamis Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Anak Usia di Bawah 12 Tahun Dilarang Masuk Yogya Ciamis

Kegiatan tersebut diikuti Sekda Ciamis, pejabat lingkup pemda, unsur akademisi, pelaku usaha obat hewan dan para pelaku usaha peternakan dan perikanan.

“Ini bentuk kolaborasi dan sinergitas peran semua pihak dalam upaya mendukung produk hukum berupa instruksi Bupati, dalam mendorong pelaksanaan cara budidaya ayam dan ikan yang baik,” ungkapnya.

Usai pelaksanaan FGD ini, pihaknya akan menunggu keluarnya instruksi Bupati Ciamis tentang cara budidaya ayam dan ikan yang baik.

“Usai Instruksi Bupati keluar, tahap selanjutnya kita akan laksanakan kampanye atau sosialisasi Gedor Waruga cara budidaya ayam dan ikan yang baik dan benar,” jelas Syarief.

Sekretaris Daerah Ciamis Tatang mendukung penuh strategi Gedor Waruga dari Dinas Peternakan dan Perikanan.

“Ini bentuk kolaborasi semua pihak untuk mencapai penjaminan pangan asal hewan, ikan yang aman dan sehat, sehingga akan terwujud juga masyarakat yang sehat,” ungkap Tatang.

Ia menyebut salah satu permasalahan budidaya ternak di tingkat hulu yakni masih banyaknya kandang ayam di atas kolam dan juga banyaknya tinja masyarakat yang mengalir ke kolam ikan.

“Strategi Gedor Waruga ini tentu akan menjawab permasalahan-permasalahan tersebut nantinya,” pungkasnya. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -