Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Ketika Mengalami Kesulitan yang Mudah Dihafalkan Beserta Artinya

Doa Ketika Mengalami Kesulitan yang Mudah Dihafalkan Beserta Artinya

Doa ketika mengalami kesulitan tentunya penting sekali untuk kita ketahui. Karena dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai umat muslim tidak akan luput dari kesulitan.

Kesulitan sendiri merupakan salah satu ujian yang Allah berikan untuk hamba. Bahkan, dengan adanya kesulitan tersebut terkadang dijadikan tolak ukur, seberapa cinta kita kepada Allah SWT yang sudah memberikan segala-galanya yang ada di bumi dan di langit.

Dengan kita membaca doa ketika mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, akan membuat kita menjadi lebih tabah saat menghadapi kesulitan tersebut.

Hidup sendiri merupakan sebuah ujian. Oleh sebab itu, setiap orang pastinya pernah mengalami kesulitan kesusahan maupun kesempitan dalam hidup.

Baca juga: Doa Agar Tidak Mimpi Buruk, Berikut Ini Lafadznya Lengkap dengan Arti

Doa Ketika Mengalami Kesulitan yang Mudah Dihafalkan

Doa ketika kita mengalami kesulitan satu ini akan sangat bermanfaat. Tambah lagi Anda juga mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai doa tersebut, dalam Islam sendiri terdapat beberapa doa yang mudah dihafalkan saat hadapi kesulitan. Lalu bagaimana lafalnya?

Mudah sekali bukan lafal doa ketika mengalami kesulitan tersebut? Tentu saja.

Selain doa ketika mengalami kesulitan tersebut, dalam ajaran Islam juga boleh untuk membaca doa yang satu ini.

Baca juga: Dahsyatnya Kekuatan Doa Bagi Manusia Dalam Menjalani Hidup

Oh iya, perlu menjadi pengetahuan penting Anda bahwasanya untuk doa yang satu ini terdapat dalam Al-Qur’an Surat Thaha ayat 25 sampai dengan 28.

Kemudian doa ketika mengalami kesulitan yang bisa Anda hafalkan dan amalkan adalah “Allahumma Yassir Wa La Tu’assir”.

Doa tersebut memiliki arti: “Wahai Allah, mudahkanlah jangan Engkau persulit”. Amin.

Adanya beberapa doa ketika mengalami kesulitan tersebut, bisa Anda hafalkan. Akan tetapi, jangan sampai kita mencela apabila bertemu dengan seseorang berbeda doa yang sudah Anda hafalkan.

Karena adalah agama yang sempurna, jadi adanya perbedaan bukanlah suatu masalah besar. Karena kekuasaan dan kemudahan hanya milik Allah semata.

Baca juga: Doa Menghilangkan Penyakit Hati yang Haqiqi Lengkap dengan Arti

Ujian Itu Sunnatullah

Ada catatan penting yang harus Anda ingat mengenai kesulitan. Kesulitan sendiri merupakan sebuah ujian yang datangnya dari Allah. Sedangkan ujian merupakan sunnatullah.

Akan tetapi, ada hal penting yang harus selalu Anda ingat, bahwa Allah tidak akan membebani seorang hamba melainkan sesuai dengan kesanggupannya.

Ia akan mendapatkan pahala dari kebaikan yang ia kerjakan. Lalu akan mendapatkan siksa dari kejahatan yang ia perbuat….(QS. Al-Baqarah ayat 286).

Sudah jelas bukan apabila kita mendapatkan kesulitan, berarti kita itu mampu untuk menghadapinya. Jangan mengeluh atau bersedih atas apa yang sudah menimpa kita.

Adanya doa ketika mengalami kesulitan tersebut adalah supaya lebih tabah lagi dalam kesulitan-kesulitan yang Allah berikan.

Allah menciptakan hamba dengan karakter yang berbeda-beda. Adanya doa ketika menghadapi kesulitan ini merupakan salah satu ajaran dari baginda Rasul Muhammad SAW untuk umatnya.

Lalu untuk apa? Untuk menyatukan perbedaan karakteristik tersebut. Ketika setiap umat muslim mengamalkan doa saat mengalami kesulitan tersebut dalam kehidupannya, tentunya mereka tidak akan mengeluhkan apa yang sedang menimpanya melainkan bersabar.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai hamba Allah tentunya tidak bisa luput dari adanya sebuah kesulitan. Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya bahwasanya adanya sebuah kesulitan atau ujian juga menjadi tolak ukur seberapa iman kita kepada Allah dan seberapa yakin kita terhadap pertolongan Allah.

Dalam surat Al-Insyirah menjelaskan bahwasanya sesudah kesulitan itu pasti ada kemudahan. Mengenai janji Allah tersebut diulang sebanyak 2 kali dalam surat Al-Insyirah.

Jadi, apapun kesulitan yang kita hadapi, kemudahan itu datangnya hanya dari Allah subhanahu wa ta’ala. Setelah Anda mengetahui berbagai macam doa ketika mengalami kesulitan tersebut, alangkah lebih baiknya jika mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Muhafid/R6/HR-Online)