Fashion untuk Acara Seminar, Bagaimanakah Penampilan yang Benar?

Fashion untuk Acara Seminar
Ilustrasi Fashion untuk Acara Seminar. Foto: Ist/Net

Fashion untuk acara seminar yang akan kami bagikan kali ini bisa kamu coba sendiri. Seminar terdiri dari berbagai macam jenis, ada yang bersifat non formal, semi formal, hingga formal.

Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada busana seperti apa yang akan kamu gunakan. Ya, artinya cara dan jenis pakaian kita harus menyesuaikan tempat dan jenis acara yang akan kamu hadiri.

Pakaian selain memiliki fungsi pelindung badan, juga masih memiliki fungsi lain yaitu sebagai bahasa komunikasi non-verbal. Karena demikian, setelan yang kamu gunakan akan berdampak pada keefektifan komunikasi yang sedang kamu lakukan.

Hal itulah yang mengharuskan kamu mempertimbangkan setiap detail kostum yang kamu kenakan. Lalu, bagaimanakah mendapatkan padanan fashion dalam rangka menghadiri acara seminar?

Ide Fashion yang Sesuai untuk Acara Seminar

Pergi ke acara seminar tetap ingin mendapatkan kesan fashionable dan profesional? Jangan sampai kamu mempermalukan dirimu sendiri hanya karena penampilanmu yang tidak sesuai situasi dan kondisi.

Cari tahu perpaduan busana yang tepat sehingga tujuanmu untuk tampil sempurna dalam acara seminar tidak melesat. Ingat, seminar tidak melulu harus hadir dengan setelan jas dan kemeja, akan tetapi sesuaikan saja dengan jenis seminarnya.

Baca Juga : Kemeja Tanpa Kancing, Pilih Perpaduan Gaya Penampilan Fashionable

Nah, buat kamu yang masih sering merasa kebingungan untuk mendapatkan padanan fashion yang tepat, kami akan membantumu menemukannya kali ini. Langsung saja, simak panduan lengkap untuk fashion seminar yang sesuai berikut.

Setelan Atas

Elemen pakaian ada beberapa jenisnya. Pertama, kita akan membahas pakaian bagian atas. Tentukan atasan dengan menyesuaikan jenis seminar yang akan kamu hadiri, misalnya:

Seminar untuk acara pendidikan atau bisnis keuangan, ada baiknya kamu mengenakan setelan yang bercorak casual formal. Shirt denim untuk atasan, sedangkan blus bisa menjadi pilihan kaum perempuan.

Hindari meniru gaya trend mode yang pernah kamu lihat sebelumnya. Hal ini bisa menjadi salah satu antisipasi adanya kesalahan kostum.

Belum lagi jika fashion tersebut tidak sesuai dengan karakter kamu. Hal tersebut malah bisa membuat penampilan seminar kamu terlihat kaku.

Bawahan Kostum

Celana khaki dengan jahitan rapi adalah pilihan terbaik fashion untuk acara seminar yang akan kamu hadiri. Pasalnya, jenis celana tersebut sopan sekaligus mencerminkan gaya casual semi formal.

Baca Juga : Gaya Memakai Kaos Putih untuk Berbagai Acara, Tetap Fashionable

Untuk perempuan, kamu bisa juga menggunakan rok. Rok selutut sangat menunjang keberhasilan saat kamu hadiri seminar suatu perusahaan. Akan tetapi, tidak salah juga dengan rok panjang untuk seminar yang lebih santai, seperti seminar dari suatu kampus dan sejenisnya.

Alas Kaki

Meski outfit bagian bawah, sepatu tetap menjadi perhatian penting dalam penampilan seseorang. Tentunya kamu juga tidak percaya diri dengan sandal jepit untuk hadir dalam suatu acara, bukan? Terlebih acara yang menghadirkan banyak audiens.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu menggunakan flat shoes atau jenis sepatu lain yang tertutup. Hindari menggunakan style sepatu yang ekstrem. Pertimbangkan juga menggunakan kaus kaki sesuai dengan bawahan sekaligus sepatu yang kamu kenakan.

Aksesoris

Hal yang tidak boleh terlewatkan dari fashion untuk acara seminar adalah aksesoris. Ada banyak item fashion yang termasuk dalam kategori aksesoris, seperti dasi, syal, sabuk, jam tangan, hingga tas.

Semua item tersebut sangat bisa menunjang kesempurnaan penampilan asal tidak berlebihan. Dalam artian, penggunaannya tepat waktu dan tepat tempat.

Baca Juga : Tas Kulit Abekani Brand Lokal Fashion Kekinian Asal Bantul

Jika mengenakan kemeja, ada baiknya seorang pria menambahkan dasi di bagian kerah. Hal ini saat cocok untuk menghadiri seminar dengan nuansa formal.

Sedangkan, untuk sentuhan yang lebih santai, perempuan maupun laki-lagi bisa bergaya dengan menambahkan syal di acara seminar musim dingin atau ruangan yang ber-AC.

Lalu aksesoris berupa jam tangan tidak menolak penggunaan untuk pria maupun wanita. Hanya saja, sesuaikan dengan modelnya, ya.

Mencari Padanan Outfit Seminar

Setelah menemukan item busana yang tepat untuk seminar, sekarang saatnya memadupadankan. Fashion di acara seminar tidak bisa sembarangan, maka dari itulah padu padan juga perlu.

Untuk setelan kemeja dan blus, ada baiknya kamu sandingkan dengan celana khaki atau chino, sehingga kesan formal timbul lebih tegas. Jangan lupa untuk menambahkan outer berupa jas atau cardigan.

Tidak ada salahnya pula mencoba blazer atau sweater. Akan tetapi, pilih warna solid netral, seperti hitam, navy, atau abu-abu. Warna-wana demikian juga bisa mempermudah kamu untuk mencari padanannya.

Sedangkan untuk motif, usahakan memakai busana dengan motif yang ringan saja. Biasanya nuansa klasik akan lebih terlihat chic untuk penampilan acara seminar kamu.

Satu hal lagi, dalam memilih busana, kamu juga memperhatikan segi kenyaman pula. Memaksakan untuk terlihat beda dengan yang bukan karakter kamu, malah bisa membuatmu tertekan nantinya.

Nah, ada banyak panduan mendapatkan fashion untuk acara seminar. Semoga bisa menjadi referensi kamu selanjutnya. (R10/HR-Online)

Editor : Eva