Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita TerbaruFitur Cinematic Video iPhone 13, Hadirkan Dukungan ProRAW Terbaru

Fitur Cinematic Video iPhone 13, Hadirkan Dukungan ProRAW Terbaru

Fitur Cinematic Video iPhone merupakan mode video potret atau potrait video mode. Fitur ini dapat Anda temukan pada iPhone 13 yang secara otomatis akan mengaburkan latar belakang.

Cinematic video adalah salah satu dari tiga fitur utama yang tersemat pada iPhone 13. Dua fitur lainnya adalah rekaman video ProRes serta fitur yang berupa opsi baru penyuntingan foto.

Pada fitur ProRes berfungsi untuk editor video. Fitur ini menawarkan lebih banyak kontrol untuk potongan video. ProRes merupakan mode tambahan dari fitur ProRAW yang telah resmi meluncur pada iPhone tahun lalu.

Baca Juga : Fitur Pengukur Suhu Tubuh iPhone Terbaru Bakal Hadir, Ini Infonya

Sedangkan mengenai fitur penyuntingan foto terbaru, hingga kini belum diketahui namanya. Fitur tersebut hampir sama dengan filter yang dapat ditambahkan ke foto.

Mengenal Fitur Cinematic Video iPhone

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, pada lini iPhone 2021 baru dari Apple (yang kemungkinan besar adalah iPhone 13) akan tersemat sebuah fitur yang cukup mencuri perhatian.

Fitur tersebut bernama Cinematic Video iPhone. Dalam fitur ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan “mode potret’ yang cukup populer dalam dunia fotografi. Informasi dari Bloomberg ini sangat mirip dengan informasi yang telah disampaikan oleh analisis ahli Apple Ming-Chi Kuo.

Dalam pernyataan sang analisis pada November lalu menyatakan bahwa akan ada perbaikan untuk lensa ultra-wide dalam sebuah perangkat. Perbaikan tersebut adalah aperture yang lebih besar.

Semua perangkat iPhone 13 kemungkinan akan mempunyai notch atau takik dengan ukuran yang lebih kecil. Sedangkan untuk versi pro, perusahaan akan memberikan refresh rate hingga 120Hz.

Model serta ukuran iPhone yang meluncur tahun ini kemungkinan akan memiliki kesamaan dengan perangkat yang telah resmi meluncur tahun lalu, yakni versi reguler, mini, Pro, serta versi Pro Max.

Fitur Video Cinematic iPhone 13

Seperti yang telah tertulis sebelumnya, mengenai pergerakan kamera serta rig pergerakan, istilah “cinematic” sepertinya semakin populer tersemat pada perangkat HP akhir-akhir ini.

Dalam hal ini, Apple tidak mau kalah dalam kategori buzz. Dalam laporan tersebut, perusahaan ponsel ternama ini mencoba untuk memanfaatkan kesuksesan yang telah mereka temukan pada mode fotografi potret.

Mode ini pertama kali hadir pada iPhone 7 Plus yang resmi rilis pada tahun 2016 silam. Mode ini tentu akan sangat populer dalam pengguna smartphone, khususnya iPhone. Terutama dalam menampilkan video untuk Instagram atau yang lainnya.

Fitur Cinematic Video iPhone hadir dengan menampilkan teknik di mana subjek akan tersimpan dalam fokus yang cukup tajam. Sedangkan latar belakang akan buram dalam efek bokeh.

Baca Juga : Atur Equalizer iPhone untuk Peroleh Audio Musik Optimal, Simak Caranya!

Tentu Anda paham akan kerja fitur ini, sama halnya pada mode portrait. Selanjutnya sensor kedalaman iPhone akan menampilkan langkah logis selanjutnya. Dalam teknologi ini, iPhone pun turut menyertakan mode potret serupa untuk video. Mode tersebut bernama Cinematic Video.

Sesuai dengan laporan The Verge, flagship iPhone ini akan mempunyai fitur pengeditan gaya filter baru yang memungkinkan para penggunanya untuk memilih gaya agar mereka terapkan pada video yang telah mereka buat. Dalam fitur terbaru ini akan menerapkan adanya perubahan dalam elemen tertentu pada sebuah video.

Fitur Perekaman Video ProRes Terbaru

Selain menyematkan fitur Cinematic Video, pada iPhone 13 juga terdapat fitur perekaman video ProRes terbaru. Para pengguna iPhone hingga saat ini dapat melakukan pembuatan film atau video secara lebih mudah.

Baca Juga : Mematikan VoiceOver di iPhone Praktis, Penting untuk Dipahami!

Akan tetapi, dalam proses perekaman video tersebut selalu terbatas dalam hal kemampuan serta kualitas perekaman. Maka dengan hadirnya format ProRes baru yang memiliki kualitas lebih tinggi, dapat mengatasi adanya permasalahan tersebut.

Hingga saat ini, beberapa filter serta pembaruan baru pada sektor fotografi serta laporan lensa kamera sudut ultra lebar telah terjadi pada beberapa perangkat iPhone. Hal ini juga kemungkinan akan terjadi pada iPhone 13.

Apabila Apple memang beralih dalam pembuatan video ataupun konten digital lainnya, maka dengan menggunakan fitur Cinematic Video iPhone dapat menjadi solusi tepat.

Fitur Cinematic Video iPhone hadir dengan dukungan “ProRAW” yang memungkinkan lebih banyak lagi fleksibilitas pada saat proses mengedit video. Perangkat terbaru Apple ini kemungkinan akan meluncur pada September mendatang. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto