Flash Kamera Android Tidak Menyala, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Flash Kamera Android Tidak Menyala
Ilustrasi flash kamera Android tidak menyala. Foto : Net/Ist

Penyebab flash kamera pada HP Android yang tidak menyala sangat beragam. Bisa jadi karena lupa mengaktifkan lampu kamera tersebut hingga flash yang sudah tidak berfungsi alias rusak.

Seperti kita ketahui, pada smartphone model sekarang pada bagian kamera belakang terdapat LED flash. Bukan hanya di bagian belakang, untuk ponsel pintar kelas flagship juga biasanya terpasang lampu kamera.

Adapun fungsi dari LED flash atau lampu blitz pada HP Android ini, adalah untuk menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Terlebih saat mengambil foto pada keadaan yang minim cahaya.

Baca Juga : Solusi Kamera Depan Tidak Berfungsi, Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini!

Akan tetapi, ada kalanya ketika memakai lampu tersebut ternyata tidak menyala. Tentu jika sudah seperti itu, akan membuat pusing tujuh keliling. Ada apa gerangan?.

Beberapa Penyebab Flash Kamera Android Tidak Menyala

Beragam penyebab yang membuat lampu kamera smartphone mendadak tidak menyala, mulai dari faktor software sampai hardware.

Beruntung jika hanya kerusakan pada software-nya saja, karena masalah itu dapat teratasi dengan mudah. Namun berbeda apabila kerusakan sudah pada perangkat keras alias fisik dari LED Flash tersebut. Pasalnya, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Keberadaan lampu kilat yang terpasang pada kamera Android memang sangat berguna buat yang hobi jeprat-jepret.

Sebab, sangat berimbas pada hasil tangkapan objek gambar, terlebih pada ruangan indoor yang pencahayaannya minim.

Lantas apa saja yang menyebabkan flash kamera pada HP Android yang tidak menyala? Berikut ulasanya.

Lupa Mengaktifkan LED Flash

Meski terbilang sepele, namun ada kalanya orang sering lupa untuk menyalakan lampu pada kamera belakang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengecek settingan flash kamera ponsel Anda.

Apabila belum aktif, maka Anda tinggal menekan pengaturan untuk on atau mengaktifkan flash kamera HP Android yang tadinya tidak menyala.

Lampu Flash Tidak Berfungsi

Sementara untuk masalah blitz kamera Android tidak berfungsi, penyebabnya bisa dari faktor flash yang sudah tidak berfungsi lagi alias mati.

Jadi, meski pengaturan LED Flash sudah on atau aktif, namun ketika mengambil foto maka blitz tidak akan menyala, atau cahaya lampu tidak akan keluar.

Baca Juga : Fitur Flash Call WhatsApp, Simak Cara Kerja dan Fungsinya

Sementara untuk mengecek flash kamera HP Android yang tidak menyala tersebut, Anda bisa melakukannya dengan mencoba menyalakan senter smartphone.

Jika saat menyalakan fitur senter ternyata tidak menyala, maka tentu flash memang sudah tidak berfungsi. Sehingga, salah satu alternatif atau solusinya adalah harus membawa ponsel Anda ke teknisi profesional atau dealer resmi.

Tidak Ada Tegangan Lampu Kamera

Flash kamera HP Android tidak bisa menyala juga bisa disebabkan karena tidak adanya tegangan listrik.

Apabila memang penyebabnya karena tidak ada tegangan, maka Anda dapat memakai tegangan lain namun dayanya harus sama.

Level Baterai Terlalu Rendah

Penyebab lainnya bisa karena daya baterai pada HP Android tersebut dalam level rendah. Biasanya, beberapa smartphone ada yang mengalami ketika baterai kurang dari 10 persen, maka lampu kilat pada ponsel tersebut akan secara otomatis mati.

Terlalu Panas

Flash kamera pada HP Android yang tidak dapat menyala bisa juga karena kondisi ponsel serta lampu kilat tersebut dalam keadaan panas.

Jika memang kendalanya seperti itu, maka sebaiknya Anda menunggu beberapa saat sampai smartphone atau lampu kamera sudah dingin. Atau bisa juga merestart ponsel pintar.

Aplikasi Lain Pakai LED Flash

Selain kamera dan senter yang menggunakan lampu, ada juga aplikasi yang membutuhkan flash pada kamera. Jika memang ada aplikasi yang sedang menggunakan flash tersebut, maka lampu kilat kamera tidak akan berfungsi.

Sebab, penggunaan lampu tersebut hanya bisa untuk satu aplikasi atau fitur saja dalam satu waktu. Jadi, sebaiknya Anda mengecek apakah ada aplikasi lain yang menggunakan LED Flash. Jika memang ada, maka tutup aplikasi tersebut, dan coba lagi nyalakan kamera dengan flash sudah on.

Namun jika masalah flash kamera HP Android tetap tidak menyala, maka sebaiknya Anda pergi ke dealer resmi ponsel tersebut atau serahkan kepada yang ahlinya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto