Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Enzim Maltase pada Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi Enzim Maltase pada Sistem Pencernaan Manusia

Fungsi enzim maltase pada sistem pencernaan manusia sangatlah penting. Pencernaan adalah sebuah proses kompleks yang terjadi pada tubuh manusia. Salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pencernaan yaitu enzim.

Enzim berperan sebagai pemecah zat gizi dari makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya lemak, karbohidrat, dan protein. Hal tersebut agar nutrisi yang asalnya dari makanan akan terserap dengan sempurna oleh tubuh melalui aliran darah.

Melansir Wikipedia, enzim pencernaan adalah substansi di perut dan sistem pencernaan untuk dapat membantu memecah makanan. Ada beberapa organ tubuh yang mengeluarkan enzim sistem pencernaan.

Seperti halnya kelenjar ludah, lambung, pankreas, hati, dan usus kecil. Maltase termasuk enzim pencernaan yang dihasilkan oleh usus halus.

Baca Juga: Fungsi Enzim Pepsin yang Sangat Penting untuk Pencernaan Manusia

Inilah Fungsi Enzim Maltase

Salah satu jenis enzim alfa-glukosidase ini letaknya pada brush border usus halus. Enzim tersebut mengkatalisis hidrolisis disakarida maltosa. Sehingga menjadi dua gula sederhana dari glukosa. 

Maltase ini terdapat pada tumbuhan, bakteri, ragi, manusia, dan vertebrata lainnya. Sepertinya disintesis oleh sel-sel selaput lendir yang melapisi dinding ususnya. Fungsi enzim tersebut mengubah maltase atau salah satu bentuk gula.

Bahan makanan pada awalnya dari amilum nantinya menjadi glukosa yang lebih sederhana. Glukosa tersebut akan mengubahnya sebagai energi dalam tubuh. Kelebihan glukosa hasil pemecahan maltase nantinya tersimpan.

Hal tersebut sebagai glikogen dalam hati. Bahkan akan menjadi cadangan energi pada tubuh. Enzim maltase juga merupakan enzim yang menjadi kisah kelanjutan dalam pengolahan dan pemrosesan bahan makanan yang ada pada bagian pankreas.

Enzim ini dapat mengalami produksi dengan usus kecil. Tentunya fungsi dari enzim maltase menghancurkan maltosa. Memiliki ukurannya lebih kecil dan sederhana daripada molekul maltosa.

Sehingga darah dapat mengalirkannya ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan. Gula maltosa juga yang dapat kita jumpai pada tanaman. Seperti pada tanaman gandum, sereal, dan ubi jalar.

Mekanisme semua enzim yang akan memutuskan ikatan -glukosidase dengan menghidrolisisnya. Maltase memiliki fokus pada pemecahan maltosa.

Disakarida ini merupakan penghubung antara 2 unit glukosa. Hal tersebut pada ikatan -(1->4) dan laju hidrolisis. Hal tersebut kendalinya dari ukuran substrat atau ukuran karbohidrat.

Baca Juga: Fungsi Enzim Lipase yang Anda Butuhkan Dalam Tubuh 

Aktivitas

Pencernaan pati memerlukan enam enzim usus. Dua dari enzim ini merupakan endoglukosidase luminal bernama alfa-amilase. Fungsi empat enzim lainnya telah teridentifikasi sebagai maltase yang berbeda.

Ekso-glukosidase terhubung pada permukaan luminal enterosit. Dua dari aktivitas maltase ini menghubungkannya dengan sukrase-isomaltase. Dua maltase lainnya tanpa adanya karakteristik.

Hal tersebut yang membedakan dengan nama maltase-glucoamylase. Aktivitas keempat maltase ini juga telah tergambarkan sebagai alfa-glukosidase. Oleh karena itu, semuanya mencerna oligosakarida pati linier menjadi glukosa.

Dalam beberapa kasus, ini setara dengan alfa-glukosidase. Namun istilah maltase menekankan sifatnya disakarida substrat. Hal tersebut dari glukosa yang terbelah. Sedangkan alfa-glukosidase lebih menekankan ikatan.

Struktur

Maltase merupakan bagian dari kelompok enzim yang bertanggung jawab untuk memecah ikatan. Pada glucosidase dari karbohidrat kompleks menjadi molekul glukosa yang mudah penggunaannya. 

Molekul glukosa kemudian akan penggunaannya sebagai semacam makanan. Fungsi enzim maltase ini dapat menghasilkan energi. Energi tersebut tentunya cukup penting. Berikut ini beberapa gen yang dapat mengkode maltase:

Asam alfa-glukosidase termasuk pada gen GAA. Tentunya juga sangat penting untuk memecah gula kompleks. Dengan menyebutkan glikogen menjadi glukosa.

Lalu maltase-glucoamylase yang termasuk pada gen MGAM. Memiliki peran dalam pencernaan pati. Hal tersebut karena enzim ini pada manusia. Pati yang asalnya dari tumbuhan dapat tercerna.

Kemudian sucrase-isomaltase yang termasuk pada gen SI. Hal tersebut sangat penting untuk pencernaan karbohidrat, termasuk pati. Selain itu, juga sukrosa dan isomaltosa.

Alfa-amilase 1 termasuk pada gen AMY1A.  Bertanggung jawab untuk memutus ikatan -glukosidase pada oligosakarida dan polisakarida dalam menghasilkan pati dan glikogen.

Dengan mengkatalisis enzim sebelumnya pada jumlah lebih tinggi dari gen ini di otak, sehingga terbukti dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer. 

Fungsi enzim maltase dengan mengubah maltosa menjadi glukosa. Glukosa tersebut akan berubah sebagai energi dalam tubuh. Maltase termasuk enzim pencernaan yang berasal dari usus halus dengan fungsi penting. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -