Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Korteks pada Batang Sebagai Penyimpanan Cadangan Makanan

Fungsi Korteks pada Batang Sebagai Penyimpanan Cadangan Makanan

Fungsi korteks pada batang adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan energi. Korteks tersusun oleh jaringan penyokong yang tidak terdiferensiasi. Korteks tersebut menyusun jaringan dasar.

Setiap organ yang sudah cukup umur. Sel-sel terluar korteks akan mengalami penebalan dinding sel. Bagian tersebut yang menyebutnya sebagai sel-sel kolenkim. Selain itu terdapat sel-sel terluar juga dapat memiliki kloroplas.

Melansir Wikipedia, korteks merupakan bagian terluar dari batang atau akar tumbuhan. Bagian tersebut yang dibatasi pada bagian luar oleh epidermis. Sedangkan pada bagian dalam oleh endodermis.

Baca Juga: Fungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan, Salah Satunya Respirasi Sel

Inilah Beberapa Fungsi Korteks pada Batang

Korteks dalam anatomi tumbuhan memiliki beberapa fungsinya. Selain itu, korteks juga terdapat pada beberapa spesies tumbuhan. Korteks yang menjadi bagian penyimpan cadangan energi dalam bentuk pati. Untuk itu ketahui beberapa fungsi lengkap dari korteks berikut ini.

Jaringan penyusun akar yang berada pada lapisan kedua setelah epidermis. Jaringan tersebut memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dalam akarnya. Seperti halnya terdapat pada tumbuhan sagu dan tebu.

Jaringan ini tersusun dari jaringan parenkim yang sebenarnya relatif renggang. Dengan jaringan penguat yang memiliki jumlah lebih sedikit. Sel-sel yang ada dalam jaringan parenkim terdapat ruang-ruang antar sel.

Jaringan tersebut memiliki fungsi sebagai ruang penyimpanan udara. Seperti halnya pada tanaman teratai.

Korteks juga memiliki fungsi untuk menyimpan air. Seperti halnya pada tanaman kaktus. Bahkan korteks berfungsi untuk menyongkong dan memperkuat batang.

Karena letaknya pada batang, korteks menjalankan fungsinya dalam transportasi hara. Mulai dari epidermis ke dalam teras akarnya. Selain itu, pada beberapa spesies tumbuhan. Dalam korteks yang terdapat floeterma.

Floeterma merupakan lapisan terdalam pada korteks. Bagian tersebut yang memiliki bentuk dan susunan khas. Selain itu mengandung butir-butir pati. Sehingga korteks juga menjadi bagian penyimpan cadangan energi dalam bentuk pati.

Korteks batang sebagai jaringan parenkim yang terdiri dari beberapa lapisan sel. Memiliki dinding tipis yang terdapat vakuola besar. Korteks memiliki rongga-rongga atau ruang-ruang antarsel dengan fungsi untuk pertukaran udara. 

Baca Juga: Fungsi Jaringan Gabus Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Jaringan Korteks

Lapisan penyusun batang yang memiliki jaringan dasar, dalam jaringan ini terdapat korteks. Korteks pada batang mempunyai dua macam jaringan. Terdapat jenis jaringan korteks luar dan korteks dalam.

Fungsi sel kolenkim dan sel parenkim sebagai penyusun dari korteks luar pada batang. Korteks bagian luar terdiri dari bagian sel-sel kolenkim yang berkoloni. Bagian sel-sel kolenkim yang kemudian bercampur menjadi satu dengan bagian sel-sel parenkim. Setelah itu mengalami proses pembentukan lingkaran yang tertutup.

Pada korteks bagian luar tidak tampak pada bagian batang semua jenis tumbuhan. Namun hanya pada jenis-jenis tumbuhan tertentu saja. Sedangkan pada korteks bagian dalam akan tampak pada bagian batang semua jenis tumbuhan.

Hal ini bisa terjadi karena korteks bagian dalam. Bagian pemisahan antara bagian korteks dengan bagian stele. Korteks dalam hanya memiliki susunan dari sel-sel parenkim. Korteks bagian dalam pada tumbuhan dengan memiliki biji tertutup.

Selain itu memiliki suatu lapisan sel yang akan mengalami proses pembentukan menjadi lingkaran. Untuk bagian dalamnya berisi butir-butir pati yang sering menyebutnya sebagai seludang pati.

Jaringan Tumbuhan Setelah Korteks

Tumbuh tumbuhan tersusun oleh jaringan pembuluh. Setelah mengetahui fungsi korteks pada batang. Dalam jaringan pembuluh juga memiliki stele atau silinder pusat. Pada tumbuhan dikotil, stele letaknya di sebelah dalam korteks atau sebelah dalam endodermis.

Sedangkan, lapisan terluarnya sering menyebutnya perisikel atau perikambium. Sebelah dalam korteks dengan adanya empulur dan berkas pengangkut. Pada berkas pengangkutan ini meliputi xilem dan floem.

Sedangkan pada tengah stele terdapat empulur. Empulur juga terdapat di antara xilem dan floem. Memiliki bentuk seperti halnya jari-jari atau jari empulur. Selain itu, pada bagian xilem dan floem juga memiliki kambium. Oleh karena itu, berkas pengangkutannya menyebutnya sebagai berkas kolateral terbuka.

Kambium meliputi dua bagian, yaitu kambium vaskuler dan kambium intravaskuler. Bagian kambium yang berada pada bagian xilem dan floem berasal dari prokambium dan kambium vaskuler. Sedangkan kambium bagian luar xilem dan floem yang berasal dari sel-sel parenkim atau kambium intravaskuler. 

Sebagai jaringan penyusun akar yang berada pada lapisan kedua setelah epidermis. Fungsi korteks pada batang salah satunya tempat penyimpanan cadangan makanan. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -