Fungsi Mesofil Palisade, Pengertian dan Struktur Penyusun

Fungsi Mesofil Palisade, Pengertian dan Struktur Penyusun
Ilustrasi Fungsi Mesofil Palisade. Foto: Ist/Net

Fungsi mesofil palisade yang utama adalah untuk  fotosintesis. Karena sel ini mengandung banyak kloroplas. Sel palisade mengandung ruang antar sel menuju jaringan spons yang dimaksudkan untuk pertukaran gas.

Fotosintesis adalah proses pembentukan karbohidrat yang dilakukan di bagian daun. Proses ini membutuhkan karbondioksida, cahaya matahari, dan air. 

Untuk prosesnya dimulai dari stomata atau mulut daun.  Melalui stomata ini karbondioksida akan masuk ke mesofil daun. Kemudian akan lebih efisien jika didukung jaringan palisade atau spons pada mesofil daun. 

Sementara kultur jaringan adalah metode untuk mengisolasi bagian dari tumbuhan. Sebagai contohnya adalah sekelompok jaringan atau sel yang ditumbuhkan dengan kondisi aseptik.  Dengan begitu, tumbuhan tersebut mampu memperbanyak diri, kemudian menjadi tanaman yang utuh kembali. 

Baca Juga: Fungsi Jaringan Gabus Untuk Kelangsungan Hidup Tumbuhan

Pengertian dan Fungsi Mesofil Palisade

Secara umum, tanaman mempunyai struktur dan jaringan pada tubuhnya. Meliputi akar, batang, daun, dan bunga. Sebelum membahas fungsi mesofil palisade,  perlu kita ketahui kegunaan daun bagi tanaman. Daun adalah salah satu organ pada tanaman ini mempunyai peranan yang sangat penting. 

Karena daun merupakan tempat terjadinya proses fotosintesis. Sehingga mempunyai susunan yang terdiri dari jaringan mesofil, epidermis, serta berkas pembuluh angkut. 

Mengutip laman microscopemaster, pada dasarnya sel mesofil merupakan sel yang sangat berdiferensiasi. Pasalnya membentuk lapisan mesofil pada daun tumbuhan. 

Lapisan ini akan tersusun atas dua jenis sel pada tumbuhan dikotil, yakni sel bunga karang dan sel palisade. Kemudian sel-sel juga mampu menampung kloroplas dan membuat mesofil sebagai tempat fotosintesis. 

Karakteristik utama dari sel mesofil ini terletak antara epidermis atas dan bawah. Kemudian akan membuat sebagian besar jaringan internal daun. Bahkan sel ini bentuknya bervariasi. Bahkan dapat membentuk jenis jaringan yang besar. 

Mesofil berasal dari bahasa Yunani. Dari kata Mesos yang berarti tengah dan Phyllo artinya daun. Sedangkan mesofil terdiri dari dua lapisan sel, yaitu sel spon dan palisade.

Fungsi mesofil palisade adalah sebagai jaringan. Khususnya tempat jaringan palisade atau tiang yang ada pada daun. Kemudian sebagai jaringan tempat spons dan bunga karang pada daun. 

Fungsi selanjutnya adalah tempat terjadinya fotosintesis untuk mendapatkan makanan pada daun. Terakhir sebagai jaringan untuk menyimpan sementara hasil fotosintesis, gas, dan mineral pada daun. 

Baca Juga: Fungsi Jaringan Meristem pada Pertumbuhan Tanaman

Struktur Penyusun

Seperti yang telah tertuang dalam penjelasan sebelumnya, fungsi mesofil palisade ini berkaitan dengan dua jenis sel sebagai struktur penyusunnya. Pertama sel palisade, secara kolektif membentuk jaringan mesofil pada daun.

Letaknya berada di bawah epidermis atas. Kemudian terdiri dari sel-sel berbentuk kolumnar. Organel penting sel palisade adalah nukleus, membran sel, vakuola besar, dan kloroplas. Terdapat pemisahan antara sel palisade yang memungkinkan bermacam-macam bahan mengalir. 

Proses fotosintesis terpengaruh oleh struktur dan susunan sel palisade. Karena berbentuk memanjang, maka sel palisade mengandung 70% kloroplas. 

Posisi sel palisade juga mendapat tempat terbaik. Sehingga mampu menyerap lebih banyak cahaya untuk proses fotosintesis. 

Lapisan sel palisade di bawah epidermis tipis. Dengan demikian, memungkinkan sel ini menyerap sebanyak yang ada saat fotosintesis.

Kemudian untuk sel mesofil spon terletak di bawah jaringan palisade dan di atas epidermis bawah. Bentuk sel lapisan bunga karang ini bulat. Bahkan pada beberapa tumbuhan tidak beraturan. 

Sel-sel terkemas secara longgar dan menyisakan banyak ruang di antara sel. Seperti pada fungsi mesofil palisade, sel bunga karang ini mengandung organel seperti vakuola, nukleus, kloroplas, dan membran sel. 

Baik dalam sel palisade atau bunga karang, kandungan inklusi kristal sel mesofil lebih kecil atau pendek daripada fungsi sel lain di daerah daun. 

Fungsi Epidermis Bawah

Epidermis bawah pada daun berfungsi untuk melindungi jaringan daun yang ada di atasnya. Contohnya adalah jaringan bunga karang atau spons. 

Pada epidermis daun, biasanya membentuk stomata. Stomata merupakan celah pada daun untuk pertukaran udara. Hal ini antara oksigen yang ada ketika fotosintesis dan bahan utamanya berupa karbondioksida. 

Fungsi stomata saat terjadi transpirasi atau penguapan dari daun adalah sebagai tempat keluarnya uap air. Kemudian stomata akan menutup jika daun kekurangan air. Sementara itu, stomata akan membuka jika daun merasa kelebihan air. 

Apabila tumbuhan hidup di tempat yang lembab, stomata ada di permukaan bawah maupun atas daun dalam jumlah banyak. Jadi, fungsi mesofil palisade sebagai jaringan tempat palisade, spons, dan fotosintesis. (R10/HR Online)

Editor: Jujang