Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan, Salah Satunya Respirasi Sel

Fungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan, Salah Satunya Respirasi Sel

Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan memiliki berbagai macam. Mitokondria ini termasuk dalam bagian mikroskopis dalam sel yang kecil. Sel tumbuhan adalah eukariotik yang terbalut oleh membran.

Sedangkan eukariotik adalah sebuah sel yang memiliki inti atau nukleus di dalamnya. Meski juga sama tergolong pada eukariotik, sel tumbuhan dan sel hewan tentunya memiliki perbedaan yang menonjol.

Pada sel tumbuhan memiliki organel dengan bentuknya yang bulat memanjang bernama mitokondria. Melansir Wikipedia, mitokondria merupakan organel dengan membran ganda. Hal tersebut yang ditemukan pada sebagian besar organisme eukariotik.

Mitokondria sebagai salah satu organel sel. Fungsinya sebagai tempat berlangsungnya respirasi sel pada makhluk hidup.

Baca Juga: Ciri Jaringan Meristem pada Tumbuhan yang Aktif Membelah

Inilah Fungsi Mitokondria pada Sel Tumbuhan

Fungsi mitokondria tidak hanya bertanggung jawab atas respirasi sel. Namun memiliki berbagai macam fungsinya. Untuk itu ketahui beberapa fungsi mitokondria berikut ini.

Menghasilkan Energi dengan Bentuk ATP

Peran dan fungsi mitokondria yang utama adalah pabrik energi. Sel tumbuhan ini yang dapat membentuk energi berbentuk ATP. Metabolisme karbohidrat nantinya berakhir dalam mitokondria.

Saat piruvat di transport juga dioksidasikan oleh O2. Kemudian akan menjadi CO2 serta air. Sehingga akan menghasilkan energi sangat efisien. Energi sekitar tiga puluh senyawa ATP selama produksinya.

Untuk tiap molekul glukosa teroksidasi, sementara itu dalam glikolisis akan menghasilkan dua ATP. Proses pembentukan energinya yang dikenal sebagai fosforilasi oksidatif.

Proses tersebut terdiri atas lima tahapan reaksi enzimatis dengan melibatkan kompleks enzim. Tentunya yang ada pada membran bagian dalam mitokondria. Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan pada proses pembentukan ATP

Untuk proses pembentukan tersebut juga melibatkan proses transpor elektron. Menggunakan bantuan empat kompleks enzim. Kompleks enzim yang terdiri dari kompleks I, kompleks II, kompleks III, dan kompleks IV. Selain itu juga menggunakan bantuan FoF1 ATP Sintase dan Adenine Nucleotide Translocator (ANT).

Baca Juga: Penyerbukan pada Tumbuhan dengan Berbagai Macam Prosesnya

Tempat Berlangsungnya Respirasi Sel

Fungsi lainnya dari mitokondria sebagai proses respirasi atau pernapasan sel. Hal ini sebagai proses kimiawi untuk melepaskan energi. Tentunya yang tersimpan di dalam glukosa.

Penggunaan energi untuk pemecahan glukosa tersedia molekul molekul ATP. Pada proses ini sendiri terdiri dari glikolisis, Siklus Krebs, serta transpor elektron.

Mendetoksifikasi Amonia

Mitokondria ini dapat membantu melakukan detoksifikasi amonia. Hal itu karena adanya  enzim yang akan diperolehnya. Pada mitokondria yang terdapat pada bagian sel-sel.

Berperan dalam Proses Apoptosis

Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan membantu proses apoptosis. Hal itu yang memiliki arti tersendiri. Pada mekanisme biologi yang merupakan salah satu jenis kematian sel terprogram. Penggunaan apoptosis untuk organisme multisel. Nantinya akan membuang sel yang sudah tidak diperlukan.

Mengatur Aktivitas Metabolisme Sel

Metabolisme karbohidrat akan pada akhirnya di mitokondria. Saat piruvat di transport dan dioksidasi oleh O2 menjadi CO2 dan air. Piruvat adalah suatu senyawa kimia yang terpenting dalam biokimia.

Senyawanya adalah hasil dari metabolisme glukosa. Nantinya dari glukosa tersebut memecahnya  menjadi 2 molekul asam piruvat. Sehingga dapat menjadikannya sebuah energi.

Menjaga Konsentrasi Ion Kalsium

Mitokondria juga memiliki peran yang cukup penting. Untuk dapat menjaga konsentrasi ion kalsium yang tepat. Selain itu juga cukup dalam berbagai kompartemen sel.

Tidak hanya itu, fungsi mitokondria pada sel tumbuhan untuk membantu sel-sel. Caranya dengan  menjadi tangki penyimpanan. Sehingga nantinya dapat menyimpan ion kalsium.

Mitokondria Sebagai Unit Bebas Sel Eukariotik

Sel eukariotik tentunya memiliki arti tersendiri. Sel tersebut merupakan sel yang memiliki membran inti atau sel yang memiliki endomembran. Selain itu membatasinya oleh adanya sistem membrane.

Sehingga maksud dari mitokondria ini sebagai unit bebas sel eukariotik. Pembebasan endomembran dari mitokondria itu sendiri.

Menerima Hasil Enzim

Mitokondria yang akan menerima hasil enzim. Enzim tersebut yang sudah melalui proses secara lanjut. Untuk diproses lagi sebagai molekul dengan muatan tertentu. Molekul ini juga bercampur dengan oksigen. Hal itu agar dapat mendistribusikan ke seluruh sel dengan baik.

Fungsi mitokondria pada sel tumbuhan memang berbagai macam. Tentunya fungsi mitokondria tidak hanya bertanggung jawab atas respirasi sel. (R10/HR Online)