Sasar Kalangan Pelajar, Gerakan Nanam Padi di Ciamis Terus Digelorakan

Sasar Kalangan Pelajar, Gerakan Nanam Padi di Ciamis Terus Digelorakan
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis, H Nanang Permana saat meninjau tanaman padi yang ditanam di media polybag belum lama ini. Foto:Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gerakan Nanam Padi (GNP) yang diinisiasi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis, H Nanang Permana, terus digelorakan.

Kalangan pelajar menjadi sasaran utama dalam gerakan menanam padi di media polybag tersebut.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis Nanang Permana mengatakan, saat ini anak-anak mulai dari kalangan usia dini sampai menengah mesti diberi pengetahuan tentang cara menanam padi.

“Anak-anak sejak kecil harus diajarkan cara menanam padi, agar nanti sudah besar setidaknya bisa tanam padi untuk ketahanan pangan keluarga,” ungkapnya.

Ia menyebut, menanam padi di media polybag tidak membutuhkan lahan yang luas dan juga biaya mahal untuk sewa traktor dan lainnya.

“Memanfaatkan pekarangan bahkan dak rumah juga bisa,” katanya.

Baca Juga: BPKD Ciamis Salurkan Hadiah untuk Desa Tercepat Lunasi PBB-P2

Keseriusan Nanang Permana menggencarkan gerakan nanam padi kini dibuktikan dengan penanaman padi di setiap Kwartir Ranting Kecamatan hingga pangkalan.

“Kwaran hingga pangkalan akan kita dorong untuk melakukan penanaman padi di polybag, nanti setiap pelajar bisa belajar dari mulai tanam, pemupukan, pemeliharaan sampai panen,” jelas Ketua DPRD Ciamis tersebut.

Nanang menjelaskan, pola tanam padi di polybag merupakan antisipasi jika nanti lahan atau sawah lumpur berubah jadi sawah beton.

“Kita berpikirnya jangan sekarang, tapi untuk 15 tahun kedepan, jika sudah tidak ada lahan tanam, maka polybag menjadi media tanam efektif,” ungkap Nanang.

Ia menegaskan, menanam padi di polybag bukan untuk mencari uang, tapi untuk makan.

“Bukan jual padi untuk beli beras, itu pemikiran yang salah,” ucapnya.

Gerakan Nanam Padi Kolaborasi dengan Ormas Ciamis

Selain menggencarkan edukasi cara menanam padi ke kalangan pelajar, pihaknya juga berkolaborasi dengan organisasi masyarakat melaksanakan penanaman padi bersama masyarakat.

Salah satu ormas yang sudah melaksanakan gerakan nanam padi adalah Gema Anker (Gerakan Masyarakat Anti Kekerasan).

Gerakan Nanam Padi (GNP) juga terus dilakukan secara masif oleh Nanang Permana dan kader PDI Perjuangan Ciamis.

“Kita mengajak masyarakat untuk menanam padi di polybag, sebagai upaya mempersiapkan ketahanan pangan,” jelasnya.

Nanang menjelaskan, ada teknik-teknik khusus cara menanam padi di polybag, mulai dari tanam, penggunaan tanah hingga penggunaan pupuk organik.

“Kita selalu sampaikan teknik tersebut dalam pelatihan atau sosialisasi,” pungkas  politisi yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis itu. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang