Gerakan Pangan Mandiri Disambut Baik Gubernur Jabar

Gerakan Pangan Mandiri Disambut Baik Gubernur Jabar
Ilustrasi gerakan tanam pangan di pekarangan rumah. Foto:Ist/Net

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyambut baik program Gerakan Pangan Mandiri yang diinisiasi TP PKK Jawa Barat, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, untuk meningkatkan indeks ketahanan pangan, perlu adanya kemandirian pangan di masyarakat.

“Tanah di Jabar itu sangat subur, jadi indeks itu sedang terus kita tingkatkan,” ujar Emil saat meresmikan program Gerakan Pangan Mandiri secara virtual.

Pihaknya pun mengapresiasi TP-PKK Jabar yang memprakarsai gerakan tersebut.

“Program ini tujuannya bagus untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga yakni dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah,” katanya.

Baca Juga: Emil Targetkan Jabar Jadi Pusat Investasi di ASEAN

Masyarakat bisa kata Emil bisa memelihara ikan dalam ember ataupun memelihara ayam petelur, agar keluarga rutin mengkonsumsinya.

“Bisa juga menanam kangkung, cabai dan sayuran lainnya, menanam tak harus menggunakan lahan yang luas jika menerapkan ilmu dan teknologi,” jelas Emil.

Lanjut Emil, untuk bibit, masyarakat Jabar tidak usah khawatir.

TP PKK akan berkolaborasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan  serta Dinas Tanaman Pangan, untuk mensukseskan program gerakan pangan mandiri.

“Untuk pemberdayaannya kita akan libatkan Jabar Bergerak, Kwarda Jabar, Forikan, Dinas Desa dan juga para kader PKK di tiap desa, mereka akan melakukan pendampingan,” ungkap Emil.

Sementara itu Atalia Praratya Ridwan Kamil Ketua TP-PKK Jabar menyebut, Gerakan Pangan Mandiri ini dalam upaya meminimalisir bahaya rawan pangan keluarga.

“Ini juga sebagai upaya swasembada pangan, masyarakat tidak mesti mengandalkan pangan dari pemerintah, bisa memberdayakan diri sendiri dengan memanfaatkan pekarangan,” kata Atalia. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang