Gunung Panenjoan, Wisata Baru di Tasikmalaya Cocok untuk Kemping

Gunung Panenjoan
Obyek wisata baru di Tasikmalaya Gunung Panenjoan. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Beberapa tempat wisata di Tasikmalaya mulai kembali ramai dikunjungi saat diberlakukannya PPKM level 2. Salah satunya adalah obyek wisata Gunung Panenjoan, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Obyek wisata rintisan ini menyuguhkan panorama alam pegunungan yang menyejukkan mata. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta olahraga, karena untuk sampai ke puncaknya harus berjalan kaki dan cukup mengeluarkan keringat.

Gunung Panenjoan berada di Desa Malatisuka, Kecamatan Gunung Tanjung, Tasikmalaya. Bagi yang suka kemping, wisatawan pun bisa berkemah pada puncak gunung ini.

“Memang untuk ke puncaknya harus jalan kaki yang cukup membuat capek. Tapi setelah sampai, rasa capek akan terobati dengan keindahan alam asri pegunungan,” ujar Asep Yosep Khermawan, Kades Malatisuka, Sabtu (28/8/2021).

Asep mengatakan saat ini pengunjung yang sengaja datang untuk berkemah cukup banyak. Selain keindahan alam, saat kemping wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam langsung. Bahkan pagi hari muncul fenomena bak negeri atas awan pada sekeliling puncak Gunung Panenjoan.

“Pengunjung juga bisa sekalian meningkatkan imunitas tubuh dan juga menenangkan pikiran serta jauh dari kerumunan,” katanya.

Pengelolaan obyek wisata rintisan ini masih oleh pemuda Karang Taruna. Pemdes pun akan memberikan anggaran untuk pengembangan wisata tersebut. Sehingga ke depan bisa menjadi salah satu sumber penghasilan daerah.

Nova Nugraha, wisatawan asal Garut, menyatakan keindahan alam Gunung Panenjoan ini sangat memikat. Tempat ini bisa jadi rekomendasi wisata yang wajib dikunjungi saat pandemi Corona.

“Selain menikmati keindahan alam, sekalian berolahraga dan hiking. Namun untuk fasilitas umum perlu ada peningkatan agar pengunjung bisa lebih nyaman,” katanya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang