Herbal untuk Imunitas Tubuh, dari Jahe hingga Buah Mengkudu

herbal untuk imunitas tubuh
Ragam herbal untuk imunitas tubuh. Foto; Ist/Net

Ada banyak jenis herbal untuk imunitas tubuh yang bisa kita pilih. Tradisi pengobatan herbal juga telah menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan, dan mengatasi berbagai penyakit.

Herbal merupakan tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat. Hal ini karena kandungannya yang kaya dengan senyawa aktif yang penting untuk tubuh. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, herbal juga berguna untuk meredakan berbagai penyakit.

Menurunnya imunitas tubuh dapat mengakibatkan seseorang mudah sakit atau terserang virus. Oleh sebab itu, menjaga kekebalan tubuh agar selalu dalam kondisi bagus menjadi hal penting yang harus kita lakukan.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengonsumsi herbal secara rutin. Baik dengan membuat ramuan khusus ataupun menjadikannya sebagai bahan tambahan dalam masakan.

Tanaman Herbal untuk Imunitas Tubuh 

Indonesia kaya dengan berbagai jenis tanaman herbal. Selain untuk mengatasi penyakit, herbal juga memiliki manfaat yang sangat besar dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Pada cuaca yang buruk atau saat kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, mengonsumsi herbal secara rutin sangat penting. Berikut ini beberapa jenis tanaman herbal untuk imunitas tubuh yang bisa anda manfaatkan.

Baca Juga : Peran Imunitas Tubuh Terhadap Virus Corona yang Wajib Anda Tahu

Jahe

Secara umum, jahe umumnya kita gunakan sebagai bahan untuk bumbu masakan. Jahe juga sering kita gunakan sebagai minuman penghangat tubuh.

Rimpang ini sangat baik kita konsumsi secara rutin sebagai minuman penghangat tubuh. Kita juga bisa mencampur dalam masakan, karena herbal yang satu ini sangat ampuh membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Senyawa shogaol dan juga gingerol yang terdapat dalam jahe mengandung antioksidan yang sangat kuat. Sehingga dapat membantu menurunkan resiko infeksi, menghambat tumbuhnya berbagai jenis virus dan bakteri, serta dapat meningkatkan imun.

Kunyit

Rimpang ini merupakan sebuah tanaman yang punya banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya mampu membantu meningkatkan imun tubuh.

Kunyit adalah herbal untuk imunitas tubuh juga mengandung curcumin yang dapat membantu menghambat terjadinya pelepasan pada sitokin pro inflamasi.

Sehingga, badai sitokin yang dapat berdampak pada berbagai masalah termasuk gangguan pernapasan tidak akan terjadi.

Baca Juga : 7 Makanan Penambah Imunitas Tubuh Anak yang Ampuh Hadapi Covid-19

Meniran

Meniran dengan nama latin Phyllanthus niruri merupakan sebuah herbal yang selama ini dimanfaatkan untuk berbagai macam penyakit pada banyak negara.

Senyawa kimia yang terdapat dalam meniran sangat beragam. Salah satunya ada phyllanthin dan juga kandungan tanin. Sehingga meniran juga merupakan herbal untuk imunitas tubuh yang berkhasiat.

Phyllanthin dan tanin tersebut merupakan suatu senyawa yang berfungsi sebagai antimikroba, antioksidan, anti diabetes, anti kanker dan pastinya sangat ampuh dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa tanaman meniran sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Khususnya yang ada kaitannya dengan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Lengkuas

Lengkuas merupakan bahan herbal yang terdapat kandungan senyawa glikosida kuersetin. Unsur ini mampu membantu meningkatkan imun tubuh melalui aktivitas makrofag serta meningkatkan proliferasi sel limfosit T.

Baca Juga : Tanaman untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tetap Fit

Senyawa glikosida kuersetin pada lengkuas juga memiliki efek antioksidan yang besar yang berfungsi dalam mengikat senyawa radikal bebas. Ini akan menjadikan seseorang tidak mudah sakit jika rajin mengonsumsi ramuan dengan kandungan dalam lengkuas.

Buah Mengkudu

Meskipun merupakan jenis buah yang penampilan dan rasanya kurang menarik, mengkudu juga termasuk jenis herbal untuk imunitas tubuh yang berkhasiat.

Namun dibalik penampilan dan rasa yang kurang menarik tersebut, buah ini mampu meningkatkan produksi sel limfosit yang sangat besar manfaatnya bagi sistem kekebalan tubuh manusia.

Buah ini juga menjadi salah satu jenis buah yang dapat mengaktifkan beberapa jenis reseptor pada sel imunitas serta mampu menekan hormon sitokin dalam tubuh.

Sementara senyawa aktif di dalam buah mengkudu yaitu scopoletin sangat berperan dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Senyawa scopoletin ini bahkan berperan dalam memperlebar saluran pembuluh darah dan memperlancar sistem peredaran darah.

Ketika peredaran darah lancar maka akan semakin banyak sel leukosit atau zat sel imun yang terkirim, sehingga berbagai jenis infeksi pun dapat reda dengan cepat ketika mengonsumsi buah mengkudu.

Itulah berbagai jenis herbal untuk imunitas tubuh yang sangat penting untuk melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit. Dapatkan banyak manfaat sehat dari herbal ini dengan mengonsumsinya secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor : Eva