Hidung Berdarah Tapi Bukan Mimisan, Kenali Faktor Penyebabnya!

hidung berdarah tapi bukan mimisan
Ini penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan. Foto:Ist/Net

Hidung berdarah tapi bukan mimisan sebenarnya cukup sering terjadi. Namun umumnya kita akan beranggapan kondisi ini sebagai mimisan. Akibatnya, penanganan yang kita lakukan sering tidak efektif untuk mengatasinya.

Kalau bicara tentang hidung berdarah, sebagian dari kita akan langsung menganggap kondisi tersebut adalah mimisan. Padahal kondisi ini tak selalu merupakan tanda adanya gangguan atau penyakit mimisan. Bahkan kalangan medis juga sering menandai kondisi hidung berdarah sebagai epistaksis atau mimisan.

Namun menurut Wikipedia, ada dua jenis pendarahan pada hidung. Yaitu tipe anterior (bagian depan) yang umum terjadi, dan tipe posterior yang terjadi pada bagian belakang.

Faktor Penyebab Hidung Berdarah Tapi Bukan Mimisan

Lantas adakah indikasi lain ketika darah keluar dari hidung tapi bukan akibat mimisan? Apa aspek yang menjadi penyebab kondisi semacam ini terjadi?

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan informasi mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan kemungkinan penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan. Simak informasi selengkapnya untuk Anda!

Baca Juga : Cara Menangani Mimisan dengan Cepat yang Efektif

Kebiasaan Mengupil

Bagi Anda yang suka ngupil, jangan kaget jika tiba-tiba keluar darah tapi bukan mimisan dari hidung Anda. Jika gerakan jari ketika Anda masukkan ke dalam hidung terlalu keras, hal tersebut akan mengakibatkan pembuluh darah pada hidung berpotensi pecah. Akibatnya darah bisa keluar bercampur ingus dari hidung Anda.

Udara yang Terlalu Kering dan Dingin

Udara yang kering dan dingin sangat berpotensi merusak pembuluh darah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya tingkat kelembaban yang terdapat pada dinding hidung.

Kondisi ini juga menjadi penyebab pemulihan pembuluh darah semakin lama, dan hidung menjadi semakin rentan terkena infeksi. Hal ini juga bisa memicu hidung berdarah tapi bukan mimisan.

Akibatnya darah bisa keluar dari hidung dengan mudah. Ketika cuaca dingin secara ekstrim terjadi, kondisi ini akan sering terjadi. Namun kondisi ini wajar dan bukan menjadi tanda Anda mengalami sakit tertentu.

Baca Juga : Kekurangan Vitamin C Menimbulkan Banyak Penyakit

Benturan Keras

Ketika Anda terjatuh dari ketinggian atau kepala Anda terbentur, hal tersebut mengakibatkan pembuluh darah di daerah kepala bisa mengalami kerusakan. Benturan keras tersebut mengakibatkan pembuluh darah yang rusak mengeluarkan darah dari hidung.

Anda akan merasa pusing ketika benturan terjadi. Namun hal tersebut bisa kita atasi dengan duduk bersandar dan menenangkan diri.

Konsumsi obat yang dapat meredakan pusing. Jika pusing sudah reda dan tekanan dalam kepala sudah membaik, maka secara otomatis darah pun tidak keluar dari hidung.

Struktur Hidung Tidak Normal

Sebagian orang bahkan ada yang terlahir dengan anatomi atau bentuk hidung yang tak normal. Ternyata struktur hidung tidak normal juga bisa memicu terjadinya hidung berdarah tapi bukan mimisan.

Sebagai contohnya adalah orang yang mengalami deviasi septum atau tulang hidung bengkok. Mereka biasanya akan sering mengeluarkan ingus bercampur darah ketika flu atau pilek.

Baca Juga : Batuk Tak Kunjung Sembuh, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hal tersebut terjadi karena struktur hidung yang berbeda, sehingga menekan bagian hidung lainnya yang memicu keluarnya darah, utamanya ketika kondisi hidung sedang kering.

Selain kondisi deviasi septum, mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan bagian tulang hidung cedera atau patah juga bisa menjadi salah satu penyebab lain perdarahan hidung terjadi.

Benda Asing Masuk ke Dalam Hidung

Adanya benda asing masuk ke dalam hidung dapat menyebabkan rusaknya pembuluh darah, dan mengakibatkan hidung atau ingus yang keluar menjadi berdarah.

Fenomena ini sangat banyak ditemukan pada orang yang mengonsumsi obat yang disemprotkan ke hidung. Sebagai contoh, orang yang mengonsumsi obat steroid untuk mengatasi masalah rhinitis yang kita alami.

Infeksi Saluran Nafas

Kemungkinan penyebab hidung berdarah tapi bukan mimisan lainnya adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan. Bagi Anda yang mengidap infeksi saluran nafas akan pernah atau bahkan sering mengalami pendarahan pada hidung.

Pembuluh darah pada hidung mudah pecah ketika Anda bernafas atau menghembuskan nafas. Akibatnya ketika Anda bernafas bersamaan dengan kondisi pembuluh darah yang pecah mengakibatkan bagian hidung mengalami masalah. Kondisi inilah yang pada akhirnya mengeluarkan darah.

Pada kondisi infeksi saluran nafas yang sudah cukup lama dan tidak kunjung sembuh harus segera mendapat penanganan dari dokter.

Itulah berbagai kemungkinan yang menjadi penyebab mengapa hidung berdarah tapi bukan mimisan. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, jangan panik karena ada banyak cara alami untuk meredakan dan mengatasinya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva