Honda CBF190TR Special Edition Sudah Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Honda CBF190TR Special Edition
Honda CBF190TR Special Edition. Foto : Net/Ist

Honda CBF190TR Special Edition akhirnya meluncur. Namun edisi khusus dari Honda CBF190TR untuk pasar otomotif China, lewat agen Honda di negara Tirai Bambu, Sundiro Honda Motorcycle.

Adapun edisi spesial tersebut merupakan ‘upgrade’ dari Honda CBF190TR, yang sebelumnya mengaspal pada tahun 2019 lalu.

Baca Juga : Honda Supra Bapak Resmi Meluncur Seharga Rp 31 Jutaan

Selain mempertahankan yang sudah ada, ada beberapa pembaruan yang tersemat pada motor Honda neo-retro ini. Peningkatan tersebut ada pada sisi torsi dan juga tenaga.

Perubahan Honda CBF190TR Special Edition

Edisi spesial dari Honda CBF190TR ini memang berbeda dengan pendahulunya yang keluar pada tahun 2019 lalu. Bahkan, tampilan dari CBF190TR Special Edition lebih gahar dan gagah.

Tampilan

Tidak berbeda jauh dengan CBF190TR 2019 yang kala itu menjadi pesaing kuat Yamaha XSR 155. Untuk edisi spesial ini masih mengusung desain neo-retro.

Selain CBF190TR, motor besutan Honda lainnya yang membawa desain ramah untuk pemula ini, antara lain CB300R, CB650R, serta CB1000R.

Penampilan Honda CBF190TR Special Edition ini merupakan salah satu keistimewaannya. Hal tersebut terlihat pada lampu, jok, stang, warna namun tetap mempertahankan desain naked bike minimalis.

Pada bagian bodinya, motor besutan asal pabrikan otomotif Jepang ini memiliki warna abu-abu dengan akses merah dan hitam. Dan warna tersebut sangat mendominasi hampir seluruh bodinya.

Baca Juga : Honda GB350S Gaya Scrambler Siap Meluncur Seharga Rp 77 Juta

Sementara untuk visior, tangki, serta bagian tengah komplit terpasang emblem 93. Emblem tersebut sesuai dengan julukannya dan juga tersemat pada bibir pelek.

Honda CBF190TR Special Edition juga terlihat mendapat penyegaran fraksional, dengan penambahan flyscreen baru yang penempatannya berada pada atas headlamp atau lampu depan bundar. Lampu tersebut menampung lampu proyektor yang ditumpuk secara vertikal dengan DRL LED.

Sedangkan penambahan lainnya dari Edisi Khusus ini adalah pelindung radiator tiruan. Radiator tersebut memang tiruan, dengan tujuan sekadar pemanis saja. Sebab, mesin yang terpasang pada motor tersebut bukan tipe yang perlu pendingin cairan.

Meski hanya tiruan, namun radiator tersebut bakal memberikan efek besar terutama pada bagian depannya.

Sedangkan untuk jok, bermodel tuck-and-roll. Jok single-piece bergaris kini hadir dengan balutan kulit cokelat, dan panel samping mendapatkan nomor ’93’, yang pembalap MotoGP Honda Marc Marquez gunakan.

Spesifikasi Mesin

Sementara untuk bagian mesinnya, Honda CBF190TR Special Edition ini mengandalkan jantung mekanis dengan kapasitas 184 cc. Mesin yang terpasang tersebut memiliki 1 silinder, SOHC serta mempunyai pendingin udara.

Sedangkan untuk tenaga yang mesin tersebut keluarkan bisa mencapai maksimal 16 hp (tenaga kuda) pada 8.000 rpm. Dan untuk torsinya mencapai maksimum 16,3 Nm pada 7.000 rpm.

Perbedaan dengan versi reguler yang mengaspal tahun 2019, adalah tenaganya hanya maksimal sampai 15,69 tenaga kuda, dengan torsi maksimum 15 Nm.

Honda CBF190TR Special Edition juga mendukung transmisi hingga lima percepatan, serta berbekal teknologi pengabutan PGM-Fi.

Baca Juga : Honda Super Cub 125 2022, Sudah Standar Euro 5 Seharga Rp 70 Juta

Sementara spesifikasi bagian kaki-kaki dari motor neo-retro terbaru besutan Honda ini terbilang mumpuni.

Seperti pada suspensi depannya yang menggunakan upside down atau Inverted Telescopic. Kemudian pada bagian belakang berbentuk atau model monoshock, yang arm-nya berbahan besi dengan bentuk kotak.

Sedangkan peleknya bermodel Casting Wheel, yang tentunya berbeda dengan varian CB190SS yang menggunakan pelek jari-jari.

Terlihat juga pada bagian ban dengan jenis semi-off-road, sehingga semakin gahar dan dan gagah.

Motor Honda CBF190TR edisi spesial ini juga terpasang engine guard pada bagian bawah mesin. Adapun fungsi dari engine guard ini adalah sebagai pelindung mesin serta leher knalpot dari lumpur atau serpihak kerikil dan sejenisnya.

Sedangkan untuk rem depan dan belakang dari Honda CBF190TR Special Edition, sudah menggunakan sistem cakram, dengan fitur ABS serta wavy disk.

Fitur

Beralih ke bagian fitur, CBF190TR Special Edition ini meski berdesain klasik, namun pada pencahayaannya tetap menggunakan LED.

Untuk speedometer-nya sendiri berbentuk bulat, dengan tampilan indikator bahan bakar, gear, jam, odometer serta RPM sudah semuanya digital dengan teknologi negative display.

Sedangkan pada sisi sebelah kiri speedometer terdapat kotak yang memuat tampilan untuk indikator riting, ABS, lampu baik jauh maupun dekat.

Sementara untuk riting atau sein baik depan maupun belakang berbentuk lancip dengan ukuran kecil.

Lantas berapa harga dari Honda CBF190TR Special Edition ini? Di negara China sendiri, motor ini berbanderol CNY 17.580 atau kurang lebih kisaran Rp 39,3 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto