HP Nokia XR20, Smartphone Tangguh Standar Militer

HP Nokia XR20
HP Nokia XR20. Foto : Net/Ist

HP Nokia XR20 menjadi salah satu ponsel pintar yang keluar pada tahun 2021 ini, tepatnya pada bulan Juli. Smartphone besutan HMD Global dari Finlandia ini mempunyai kelebihan pada bagian bodinya yang tangguh.

Karena berbodi tangguh, maka tidak salah jika Nokia XR20 tersebut memiliki standar militer. Selain itu juga, seri Nokia ini sekaligus sebagai smartphone pertama HMD Global yang berbodi tangguh.

Kelebihan HP Nokia XR20

Sangat jarang memang vendor smartphone yang mengeluarkan produknya dengan standar militer. Terlebih untuk Nokia sendiri, seri XR20 adalah yang pertama dengan membawa sertifikat MIL-STD-810H.

Baca Juga : HP Nokia G20 Resmi Hadir Indonesia, Harga Terjangkau

Selain anti banting, seri Nokia yang meluncur Juli 2021 ini, juga sudah dibekali dengan sertifikat IP68. Artinya ponsel Nokia XR20 tersebut tahan debu dan bisa bertahan dalam air selama 60 menit untuk kedalaman 1,5 meter.

Bukan hanya itu, HP Nokia XR20 juga sudah melalui pengujian, yakni Drop-to-concrete resistance yang jatuh dari ketinggian 1,8 meter. Oleh karena itu tidak salah jika seri tersebut tahan banting.

Performa Ngebut

Selain kelebihan berbekal tahan banting, Nokia XR20 ini juga dalam hal performa tidak perlu Anda ragukan lagi.

Sebab, smartphone ini membawa chipset Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G, dengan fabrikasi 8 nm. Selain itu ditopang juga CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 & 6×1.8 GHz Kryo 460), dan GPU Adreno 619.

Selain HP Nokia XR20, adapun chipset Snapdragon 480 5G ini juga digunakan oleh Oppo A74 5G, Redmi Note 10 JE dan lainnya.

Kelebihan dari prosesor tersebut adalah termasuk chipset yang kencang yang performanya jauh lebih baik ketimbang seri sebelumnya, yaitu Snapdragon 460.

Sementara untuk mendukung performa dari HP Nokia XR20, terpasang RAM kapasitas 4 GB, dengan internal memori 64 GB. Kemudian, RAM berkapasitas 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Tersedia juga slot memori eksternal dengan menggunakan microSD. Selain itu, penyimpanan data atau file dapat tersimpan pada Google Drive sampai maksimal 15 GB.

Layar Lega dan Tangguh

Sedangkan pada bagian layar, HP Nokia XR20 ini membawa ukuran yang lega yaitu sampai 6,67 inci dan berpanel IPS LCD.

Layar yang luas tersebut juga telah memiliki resolusi tinggi sampai 1080 x 2400 piksel, dengan aspek rasio mencapai 20:9.

Baca Juga : HP Nokia 105, Ponsel Bentuk Jadul dengan Konektivitas 4G

Sementara untuk lapisan pelindung layar, Nokia XR20 ini membawa Corning Gorilla Glass Victus. Sehingga dengan adanya lapisan pelindung tersebut, maka smartphone besutan Nokia ini tangguh ketika terkena goresan ataupun tetesan air.

Bagian desainnya, Nokia XR20 ini memang memiliki casing yang ramping namun sudah berstandar militer MIL-STD-810H.

Ponsel pintar ini memiliki ukuran secara keseluruhan 171.6 x 81.5 x 10.6 mm, dengan beratnya mencapai 248 gram.

Pada bagian layarnya tersebut menggunakan bahan kaca. Sehingga, ketika terjatuh akan tetap aman. Selain itu, aman ketika digunakan untuk merekam video pertandingan sepakbola dengan cuaca hujan.

Kamera

Selain berbodi tangguh dan tahan banting, HP Nokia XR20 ini juga membawa kamera yang bisa bermanfaat untuk mengabadikan momen penting.

Pengaturan kamera belakang ganda Nokia XR20 dilengkapi dengan sensor 48 MP bukaan f/1.8 (wide), dan sensor ultra lebar 13 MP bukaan f/2.4.

Ponsel ini juga membawa dua LED Flash. Satu lampu kilat untuk fungsi biasa, dan satunya lagi lampu kilat khusus untuk pengambilan detail gambar menjadi lebih baik dalam kondisi pencahayaan apapun.

Fitur lainnya, selain berbekal sensor Zeiss juga tersedia Mode SpeedWarp baru dengan super-stabilisasi.

Baca Juga : HP Nokia X10 dan X20 Resmi Diumumkan, Ini Harga Terbarunya

Sedangkan pada bagian depan, HP Nokia XR20 tersebut terpasang lensa tunggal dengan resolusi 8 MP.

Kapasitas Baterai

Sementara pada bagian baterai, Nokia XR20 membawa daya dengan kapasitas 4630 mAh tipe non-removable.

Untuk pengisian daya ulangnya, membawa fast charging 18W serta fast wirelles charging 15W.

Selain itu, tersedia juga fitur pengisian seperti Qi wireless charging, Quick Charge 4.0, dan juga AI battery saving technology.

Adapun spesifikasi serta fitur lainnya yang terdapat pada HP Nokia XR20 ini antara lain, sistem operasi berbasis Android 11.

Kemudian konektivitas, Bluetooth versi 5.1, tersedia juga headphone jack 3,5 mm, USB type-C (USB 3.0 5Gbps) OTG, dan sudah support NFC.

Sedangkan untuk sistem keamanan menggunakan sensor sidik jari yang terpasang di sebelah tombol power, dan juga sensor pemindai wajah.

Adapun harga dari HP Nokia XR20, saat ini adalah $549.99 atau sekitar Rp 8 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto