HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 Resmi Debut di Jepang

HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49
HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49. Foto: Ist/Net

HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 telah resmi meluncur di pasar Jepang tanggal 27 Agustus 2021 kemarin. Keluaran Galaxy series ini cukup berbeda dengan Galaxy A21 yang rilis secara global pada April tahun 2020.

Samsung Galaxy A21 Simple hadir dengan layar alih-alih berlubang, melainkan berlekuk. Perangkat dengan model seri A ini tampak mirip dengan Galaxy A10 versi lawas.

Baca Juga: Samsung Galaxy A03s Meluncur, Harga Terjangkau dengan Baterai Besar

Namun dari segi kualitas dan bawaan, Samsung Galaxy A21 Simple lebih menjanjikan. GPU yang tersemat juga lebih mumpuni ketimbang Galaxy M10s.

Informasi Tentang HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49

Melihat dari segi perancangannya, perangkat ini lebih ditujukan pada pengguna yang lebih tua, sekitar usia 40 tahun ke atas. Lebih dari itu, Samsung Galaxy A21 Simple menyuguhkan peringkat IP68/IPX5 yang menjadikan ponsel ini lahir sebagai ponsel anti debu dan air.

Adanya lanyard atau tali pengikat pada perangkat, merupakan hal baru dalam dunia gawai sekarang ini. Lanyard tersebut berfungsi untuk mencegah perangkat agar tidak mudah jatuh ketika terjadi faktor ketidaksengajaan.

Melansir dari kabar GSMArena, Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 telah mendukung sistem pembayaran seluler Osaifu-Keitai yang dapat mempermudah proses pembayaran transportasi umum dan toko.

Galaxy A21 Simple disemati bezel tebal di sekelilingnya. Tersedia dalam dua varian warna, namun hanya memiliki konfigurasi satu saja.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49

Samsung Galaxy A21 telah menjalankan OS Android 11. Layarnya menggunakan panel TFT berukuran 5,8 inchi mengusung model Water Drop Notch.

Layar tersebut menawarkan resolusi HD+ (720 x 1,560 piksel) dengan 16,77 juta warna. Sementara refresh rate yang ada mencapai 60 Hz.

Samsung Galaxy A21 Simpel mengusung chipset Exynos 7884B, part 14 nm lama. Prosesornya berjenis Octa-core (dua core Cortex-A73 1,6 GHz) dengan GPU Mali-G71.

Untuk urusan penyimpanan, HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 terbekali dengan RAM 3 GB dan memori internal 64 GB yang masih bisa pengguna luaskan melalui kartu microSD hingga 1 TB.

Baterainya berjenis Li-Po dengan kapasitas sebesar 3.600 mAh, kabarnya mampu memberikan waktu siaga selama 560 jam. Racikannya semakin ampuh dengan kecepatan daya pengisian (fast charging) 10W.

Bagian punggung ponsel tersemat kamera tunggal 13 MP bersanding dengan sebuah LED flash. Jenis kamera tersebut telah mendukung fitur fokus otomatis.

Baca Juga: Samsung Galaxy A52s 5G Hadir Lebih Gahar dari Seri Sebelumnya

Sementara untuk kelancaran aktivitas selfie dan video call, terdapat kamera 5 MP di bagian depan tubuh ponsel. Sedangkan resolusi rekaman video yang mampu dihasilkan sebesar 1080P.

Fitur dan Harga HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49

Dari segi dimensi Galaxy A21 simple mempunyai ukuran 150 x 71 x 8,4 mm dengan berat 159 gram. Sensor pada ponsel meliputi sensor jarak, akselerometer, dan sensor cahaya sekitar.

Terdapat juga fitur Face Unlock untuk biometrik sebagai ganti tidak tersedianya pemindai sidik jari. Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 mendukung berbagai konektivitas, termasuk 4G LTE, WiFi 802.11ac, Bluetooth v5, GPS, serta port USB Type-C.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy A52 5G, Apa Saja Kelebihannya?

Selain itu, HP Samsung Galaxy A21 Simple masih terdapat fitur untuk hiburan tambahan pengguna yakni, radio FM yang bekerja melalui jack headphone 3.5 mm.

Perancangan UI yang super apik dengan ikon besar, sehingga lebih mudah untuk terdeteksi penglihatan. UI tersebut nantinya juga akan menyimpan fitur yang paling kerap terpakai hanya dengan beberapa ketukan.

Untuk sekarang ini, HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 hanya tersedia di pasar Jepang. Eksklusif melalui operator au, NTT DoCoMo, UQMobile, dan J:COM.

Mengenai varian warna, HP Samsung Galaxy A21 Simple tersedia dengan dua warna pilihan, yaitu putih dan hitam. Sedangkan dari segi konfigurasi, ponsel ini hadir hanya dengan satu bentuk saja.

Kabarnya ponsel ini akan tersedia dengan harga JPY 22.000, sudah termasuk biaya pajak. Nominal tersebut setara dengan $200 Dolar AS atau 28 juta rupiah.

Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 perkiraannya akan mulai terjun di pasar-pasar Jepang mulai tanggal 9 September mendatang. Terkait informasi tentang ketersediaan HP Samsung Galaxy A21 Simple SCV49 internasional (di luar Jepang), pihak Samsung belum menyatakan informasi apapun. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto