HP Xiaomi Mi 11 Lite NE Siap Rilis di India, Usung Snapdragon 778G

HP Xiaomi Mi 11 Lite NE
HP Xiaomi Mi 11 Lite NE. Foto: Ist/Net

HP Xiaomi Mi 11 Lite NE rumornya akan debut pada bulan September mendatang di India. Setelah sebelumnya perusahaan HP ternama asal Tiongkok ini, berhasil menjual Mi 11 Lite 4G serta Mi 11 Lite 5G di beberapa pasar smartphone.

Berdasarkan informasi leaker handal bernama Kacper Skrzypek yang menyatakan, bahwa perusahaan saat ini sedang mempersiapkan perangkat lain yang menyematkan istilah Lite untuk India.

Perangkat tersebut bernama Mi 11 Lite NE. Terdapat informasi rahasia lainnya yang menyebutkan bahwa Mi 11 Lite NE memperoleh kode nama “Lisa”.

Baca Juga : HP Xiaomi Kamera 108MP Kualitas Terbaik, Dukung Perekaman Video 8K

Sementara dari informasi tersebut menyebutkan juga, bahwa perangkat terbaru Xiaomi ini akan mengusung chipset Snapdragon 778G dengan nomor model 2109119DI.

Perangkat ini kabarnya juga telah menerima sertifikasi dari Biro Standar India (BIS). Nomor model “2109” menunjukkan jika smartphone ini mungkin akan debut di India pada bulan September mendatang. Namun sayangnya hingga kini belum terdapat informasi detail dari MI 11 Lite NE.

Perangkat Terbaru, HP Xiaomi Mi 11 Lite NE Akan Segera Hadir di India

Bukan rahasia umum lagi bahwa raksasa manufaktur China, Xiaomi cukup sukses di pasar smartphone. Secara global, Xiaomi menjadi perusahaan smartphone ternama kedua dalam hal pengiriman setelah Samsung.

Dalam sebuah laporan terbaru menyatakan bahwa Xiaomi menjadi perusahaan HP terbesar di Eropa. Perlu Anda ketahui, strategi Xiaomi sangat agresif.

Hal ini terbukti bahwa perusahaan berhasil merilis daftar panjang smartphone dalam setiap tahunnya. Seperti yang telah terungkap sebelumnya, pengembang “Kacskrz” menemukan adanya perangkat Xiaomi terbaru dengan nama kode “Lisa”. Perangkat ini bernama HP Xiaomi Mi 11 Lite NE yang kemungkinan akan segera rilis.

Rumor Spesifikasi Xiaomi Mi 11 Lite NE

Meskipun hingga saat ini belum terdapat informasi resmi mengenai spesifikasi dari HP Xiaomi Mi 11 Lite NE, akan tetapi dari tiga basis data menginformasikan bahwa perangkat ini mengusung jaringan 5G dengan dukungan NFC.

Menurut keterangan dari Kacskrz, menyebutkan bahwa Xiaomi Mi 11 Lite NE akan hadir dengan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 778G. Ini merupakan chipset yang telah resmi diumumkan oleh Qualcomm pada bulan Mei lalu.

Hal ini menandakan bahwa pertama kalinya perusahaan akan menggunakan prosesor Snapdragon 778G. Pada chip ini akan menggunakan proses 6 nm TSMC serta mengintegrasikan tiga pemrosesan sinyal ISP 14-bit.

Bocoran lain yang berasal dari Geekbench menyebutkan bahwa Snapdragon 778G menunjukkan adanya skor single core 771 serta multi core 2788.

Baca Juga : HP Xiaomi PPI Tinggi Layar Jernih dan Tajam, Berikut Pilihan Terbaiknya

Selain itu, pada perangkat ini kemungkinan akan memiliki dukungan maksimum untuk fotografi tunggal yakni 192 juta piksel. Lalu dukungan maksimum fotografi ganda 36 juta piksel + 22 juta piksel dan dukungan maksimum untuk fotografi rangkap tiga 22 juta piksel.

Monikar “G” juga menunjukkan bahwa HP Xiaomi Mi 11 Lite NE akan mempunyai beberapa optimasi permainan. Lalu adanya kemungkinan akan terdapat target bagi pengguna yang bermain game seperti Battlegrounds Mobile India (BGMI).

Banyak pihak yang mengharapkan bahwa perangkat ini akan menggunakan layar AMOLED, meskipun kita harus menunggu informasi lebih jelas untuk mengetahui apakah panel tersebut benar sama dengan yang nampak pada smartphone unggulan Mi 11. Terdapat kemungkinan HP Xiaomi Mi 11 Lite NE akan menggunakan perangkat keras yang serupa dengan Mi 11 Lite 5G.

Keunggulan Snapdragon 778G

Mengenai Snapdragon 778G yang kemungkinan akan tersemat pada HP Xiaomi Mi 11 Lite NE ternyata mempunyai beberapa keunggulan.

Pada prosesor ini telah mengintegrasikan GPU 624L yang diklaim dapat meningkatkan kinerja rendering gambar hingga 40%. Selain itu, juga mendukung fitur platform Elite Gaming. Termasuk rendering resolusi variabel (VRS) serta Game Quick Touch.

Jika kita perhatikan berdasarkan dari posisinya, menunjukkan bahwa Snapdragon 778G sedikit lebih rendah dari Snapdragon 780G. Seperti yang kita ketahui bahwa Xiaomi Mi 11 Youth Edition telah mengusung chip Snapdragon 780G pada komersial pertama. Dengan demikian, dapat berarti bahwa posisi Mi 11 Lite NE sedikit lebih rendah dari Mi 11 Youth Edition.

Kemungkinan besar HP Xiaomi Mi 11 Lite NE akan hadir pertama kali di India. Seperti halnya seri sebelumnya Mi 11 Lite yang mengusung harga Rs, 21.999, Mi 11 Lite NE diprediksi akan tiba dengan harga antara Rs 25.000 hingga Rs. 30.000. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto