Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruHP Xiaomi Mi Mix 4 Rilis Hari Ini, Usung Kamera Selfie Menarik

HP Xiaomi Mi Mix 4 Rilis Hari Ini, Usung Kamera Selfie Menarik

HP Xiaomi Mi Mix 4 resmi meluncur hari ini, Selasa (10/8/2021). Peluncuran smartphone terbaru dari Xiaomi tersebut lewat live streaming bersamaan dengan tablet Mi Pad 5.

Kedua perangkat tersebut pasti akan menjadi flagship-tier. Sebab, untuk Mi Mix 4 menjadi yang pertama di dunia dengan Snapdragon 888+. Sedangkan tablet Mi Pad 5 ini akan menjadi pesaing langsung untuk seri Galaxy Tab S7 dan iPad Pro 11 terbaru.

Sebelum peluncuran secara resmi tersebut, vendor smartphone asal China ini juga telah memposting teaser gambar dari sei Mi Mix 4 di halaman Weibo.

Baca Juga : HP Xiaomi Black Shark 4 Pro, Ponsel Gaming dengan Performa Gahar!

Sayangnya, Xiaomi dalam teraser tersebut tidak menyertakan foto perangkat kerasnya. Namun, melihat dari pengajuan TENAA, perangkat tersebut datang dengan nomor model 2106118C. Selain itu juga melengkapi 8/12GB RAM, dengan hingga 256GB penyimpanan internal.

Spesifikasi HP Xiaomi Mi Mix 4

Sebelum melakukan peluncuran secara resmi dari seri Mi Mix 4 ini, vendor asal China ini terlebih dulu menggelar pra-reservasi pada berbagai platform.

Jadi, konsumen setia yang sangat berminta memiliki ponsel pintar terbaru besutan Xiaomi ini, bisa melakukan pra-reservasi di Mi Mall, JD.com, atau juga toko Tmall Xiaomi.

Rupanya, sampai saat ini yang memesan HP Xiaomi Mi Mix 4 sudah lebih dari 230 ribu orang. Dengan begitu bisa dikatakan smartphone ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh konsumen.

Bisa jadi ramainya pra-reservasi karena Mi Mix 4 ini membawa spesifikasi yang benar-benar mereka butuhkan.

Lantas seperti apa spek yang seri terbaru Xiaomi ini bawa, sehingga sangat menggoda? Berikut ulasannya.

Bawa Chipset Terbaik

Mengutip dari GSM Arena, Selasa (10/8/2021), bahwa HP Xiaomi Mi Mix 4 membawa chipset terbaik. Adapun prosesor yang terpasang pada smartphone flagship ini adalah Snapdragon 888 Plus 5G besutan Qualcomm.

Sebagai informasi, bahwa Snapdragon 888 Plus 5G ini merupakan chipset terbaru yang keluar pada Juni 2021 ini.

Sementara kelebihan dari prosesor tersebut adalah meningkatnya kecepatan CPU. Jadi, dari yang sebelumnya Kyro 680 berkecepatan 2,84 GHz, kini dengan menggunakan Snapdragon 888 Plus meningkat clock-nya menjadi 2,995 GHz.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi Note 10s Hadir di Tanah Air, Usung MediaTek Helio G95

Bukan hanya itu saja, Qualcomm juga merubah kinerja AI Engine generasi 6 menjadi lebih cepat. Dari yang sebelumnya 26, kini meningkat ke 32 TOPS.

Sehingga, tidak salah jika prosesor terbaru besutan Qualcomm ini menjadi chipset tercepat sekarang ini, yang pernah Qualcomm keluarkan.

Sedangkan pada bagian GPU atau grafis mengandalkan Adreno 660. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kinerja dari Adreno 660 ini lebih kencang 35 persen untuk rendering. Selain itu, efisiensi daya juga bisa mencapai 20 persen.

RAM dan ROM Besar

Sementara pada bagian RAM dan penyimpanan internal atau ROM yang HP Xiaomi Mi Mix 4 pasang juga besar.

Pada bagian RAM, smartphone flagship ini memiliki kapasitas 12 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal tersedia dalam varian 256 GB, 512 GB dan paling tinggi 1 TB.

Sehingga, dengan perpaduan prosesor yang kencang dan RAM serta ROM yang besar, tentu bisa melibas aplikasi maupun game berat, dengan tanpa ada kendala atau masalah.

Layar Memuaskan

Selain kelebihan tersebut, HP Xiaomi Mi Mix 4 juga memiliki unggal lainnya. Kali ini ada pada sektor layar.

Masih mengutip dari GSM Arena, Mi Mix 4 membawa layar dengan panel AMOLED, refresh rate tinggi sampai 120 Hz. Selain itu juga tersedia fitur HDR10+ dan juga Dolby Vision.

Baca Juga : HP Xiaomi Redmi Note 10 JE Siap Hadir, Telah Kantongi Sertifikasi IP68

Sementara untuk ukuran dari layarnya tersebut mencapai 6.67 inci, dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan aspek rasio 19.9:9.

Bukan hanya itu, layarnya juga sudah diberi pelindung dengan menggunakan Corning Gorilla Glass Victus.

Konfigurasi Kamera Belakang dan Depan

Sedangkan untuk urusan kamera yang terpasang pada HP Xiaomi Mi Mix 4 ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

Meski hanya memiliki 3 lensa pada bagian belakang, namun untuk kamera utamanya memiliki resolusi besar, yakni 108 MP dengan bukaan f/1.9 (wide).

Kemudian untuk kamera kedua berkekuatan 8 MP bukaan f/4.1 (periscope telephoto), berfitur OIS dan PDAF, yang bisa melakukan 5x optical zoom.

Dan kamera terakhir resolusinya 13 MP bertindak sebagai lensa ultra wide yang bisa mengambil sudut pandang lebih lebar yaitu 123 derajat.

Ada yang berbeda dari HP Xiaomi Mi Mix 4 ini. Jika kamera depan yang umum terpasang letaknya berada di lubang kecil baik itu tengah-tengah maupun sisi kiri atas layar.

Akan tetapi, untuk kamera selfie Xiaomi Mi Mix 4 dengan resolusi 20 MP ini, terpasang di bawah layar.

Jika memang terpasang seperti itu, maka untuk sistem kamera depan bawah layar merupakan yang pertama dari Xiaomi.

Fast Charging Besar

Spesifikasi yang HP Xiaomi Mi Mix 4 bawa lainnya adalah memiliki fast charging atau sistem pengisian ulang daya baterai yang cepat.

Meski ponsel ini membawa baterai yang tidak terlalu besar, hanya 4500 mAh, namun memiliki kelebihan lainnya yaitu fast charging 120W.

Xiaomi mengklaim bahwa dengan pengisian cepat yang besar tersebut, maka saat mengisi ulang daya baterai bisa sampai 100 persen hanya dalam waktu 15 menit saja.

Selain itu juga membawa fitur fast wireless charging 50W, yang dapat mengisi baterai 100% dalam waktu 45 menit.

Namun sayangnya, HP Xiaomi Mi Mix 4 yang memiliki 3 warna Black, White, dan Gray itu, sampai saat ini belum ada informasi resmi terkait dengan harganya. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -