HP yang Tak Bisa Akses WA Mulai 1 November 2021, ini Daftarnya

HP yang Tak Bisa Akses WA Mulai 1 November 2021
Ilustrasi HP yang tak bisa akses WA mulai 1 November 2021. Foto : Net/Ist

Sebentar lagi ada beberapa HP Android atau smartphone bahkan iPhone, yang sudah tak bisa lagi akses WA alias WhatsApp.

Hal tersebut karena mulai 1 November 2021 nanti, pihak pengembang aplikasi pesan untuk ponsel pintar ini, akan menghentikan dukungan untuk ponsel yang memakai iOS maupun Android versi jadul.

Adapun sistem operasi (OS) untuk Android yang sudah tidak bisa mendukung aplikasi WA ini, adalah versi Ice Cream Sandwich atau 4.0.4 dan atau lebih tua.

Baca Juga : Menggunakan 1 WhatsApp di 2 HP, Ketahui Beragam Cara Praktisnya

Sedangkan untuk iOS yang ada pada iPhone atau ponsel jenis lainnya, yaitu versi 9 maupun versi lebih lama.

Daftar HP Android dan iPhone yang Tak Bisa Akses WA

Pihak pengembang WA tidak lagi mendukung ke ponsel versi lawas tersebut tentu ada alasannya.

Mengutip dari ctpost.com, alasan tersebut yakni perusahaan fokus terhadap ponsel cerdas generasi paling anyar. Sehingga nantinya akan menjamin layanan WA dengan optimal.

Oleh karena itu, pihak pengembang mengajak kepada para pemakai ponsel cerdas yang masih menggunakan sistem operasi 4.0.4, untuk segera mengganti smartphone-nya, yang membawa OS terbaru.

Namun sebelum HP Android maupun iPhone tak bisa lagi akses WA atau Anda mengganti dengan yang baru, maka segeralah menyimpan riwayat pesan dari aplikasi WhatsApp tersebut.

Akan tetapi untuk Anda yang masih menggunakan HP Android berbasis sistem operasi 4.1 atau Jelly Bean, jangan khawatir. Sebab, smartphone yang memakai OS tersebut masih bisa mengakses layanan WhatsApp. Seperti melakukan panggilan atau mengirim/menerima pesan.

Berikut ini daftar HP Android yang sudah tak bisa lagi akses WA mulai 1 November 2021.

HP Samsung

Setidaknya ada 7 smartphone besutan Samsung yang tidak bisa akses WhatsApp per 1 November 2021.

Baca Juga : Cara Memindah WA ke HP Baru, Praktis Tanpa Hilang Kontak dan Chat

Adapun ketujuh ponsel pintar pabrikan asal Korea Selatan tersebut antara lain seri Galaxy S3 Mini, Galaxy Trend Lite, Galaxy S2. Kemudian, Galaxy Ace 2, Galaxy Core, Galaxy Trend II dan terakhir Galaxy Xcover 2.

Smartphone Huawei

Selain Samsung, ponsel pintar besutan Huawei juga ada yang masuk dalam daftar HP yang tak bisa lagi akses WA.

Ponsel Huawei tersebut antara lain Ascend Mate, Ascend P1 S, Ascend G740. Lalu, Ascend D Quad XL dan D1 Quad XL serta Ascend D2.

Ponsel LG

Daftar smartphone LG yang tidak bisa lagi mengakses akses WhatsApp per 1 November 2021, diantaranya Lucid 2, Optimus 4X HD, dan Nitro HD.

Selain itu, terdapat pula daftar seri Optimus, seperti Optimus seri F3, F4, F5, F6, dan F7. Kemudian seri Optimus L2 II, L3 II dan L3 II Dual. Lalu, OptimusL4 II, L5, L5 II, L5 Dual, sampai L7 II Dual.

HP Sony

Tak ketinggalan, HP besutan Sony juga masuk dalam daftar yang nantinya tidak bisa akses WA. Yaitu antara lain Sony Xperia Arc S, Xperia Neo L, dan Xperia Mio.

Selain merek di atas, ada merek lainnya yang sama tidak bisa mengakses layanan WA lagi nantinya. Smartphone tersebut antara lain One Touch Evo 7 besutan Alcatel, Lenovo A820, UMi X2, THL W8, dan Faea F1.

Kemudian, Wiko Cink Five dan Wiko Darknight, Caterpillar Cat B15, HTC Desire 500 serta terakhir Archos 53 Platinum.

Apple iPhone

Seperti ulasan di atas, bahwa HP merek iPhone dari Apple nantinya tak lagi bisa akses WA, karena juga sama memiliki sistem operasi atau iOS lawas yakni versi 9 atau lebih tua.

Adapun daftar iPhone yang nanti pada tanggal 1 November 2021 tidak lagi dapat menggunakan WhatsApp, antara lain iPhone SE, iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Jadi, untuk Anda yang masih menggunakan tiga iPhone tersebut, maka segera menggantinya minimal dengan iOS 10 ke atas.

Sedangkan untuk pengguna HP Android agar ingin tetap HP tersebut bisa akses WA lagi, sama harus mengubah ke OS berbasis minimal 4.1 ke atas. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto