Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita JabarHUT RI ke-76, BB1%MC Gelar Upacara Bendera Secara Virtual

HUT RI ke-76, BB1%MC Gelar Upacara Bendera Secara Virtual

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) West Java Chapter menggelar upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual.

Pelaksanaan tersebut masih bagian dari upaya membangun ‘imunitas’ kebangsaan dalam melawan pandemi Covid-19.

Upacara ini juga tak hanya dihadiri oleh perwakilan checkpoint seluruh Jawa Barat, tapi juga para veteran perang kemerdekaan yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Vice President BB1%MC West Java Chapter, Adi ‘Ochund’ Fitriadi Wijaya, mengatakan, melalui upacara bendera ini pihaknya ingin mengajak seluruh warga yang tergabung dalam BB1%MC West Java Chapter untuk tidak lelah berjuang membangun solidaritas kemanusiaan di masa sulit seperti ini.

“Bangsa ini sedang menghadapi situasi sulit akibat pandemi global. Ketika semua orang merasakan dampak akibat pandemi, hanya solidaritas terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang dapat membuat kita tetap bersatu,” ujar Adi.

Tamu undangan yang menghadiri rangkaian upacara virtual tersebut cukup terbatas. Namun demikian, pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat.

“Sebelum upacara, kita laksanakan swab terlebih dahulu dengan menjalankan prokes yang ketat, ” tambah Adi.

Lanjut Adi, ide kebangsaan dalam sejarahnya datang dari sedikit orang yang memimpikan lalu memperjuangkannya di masa kolonial.

Contohnya, berbagai gerakan solidaritas nasional seperti STOVIA, Budi Utomo atau Sarekat Islam.

“Begitupula dengan kita semua, kita (BB1%MC) hanyalah 1 % warga negara yang bermimpi untuk mewujudkan nilai-nilai kebangsaan yang merdeka, berkarakter dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan diantara sesama anak bangsa, ” ungkapnya.

Adi menyebutkan, kunci dari amanat upacara ini adalah penegasan bahwa persaudaraan adalah benteng terakhir yang dimiliki bangsa Indonesia.

“Benteng terakhir bangsa ini adalah persaudaraan, tiada kata lain,” tutupnya.

- Advertisment -