Identifikasi Peluang Usaha, Begini Cara dan Tips Triknya!

identifikasi peluang usaha
Begini cara identifikasi peluang usaha. Foto: ist/Net

Melakukan identifikasi peluang usaha merupakan tahapan penting yang wajib bagi calon pelaku usaha. Ada banyak peluang bisnis yang lewat begitu saja dan tidak memberikan manfaat yang nyata. Karena itu penting melakukan bisnis plan dengan baik.

Untuk memulai sebuah usaha ada banyak aspek yang penting untuk Anda lakukan. Langkah ini justru perlu kita lakukan sebelum melakukan berbagai macam persiapan membangun bisnis.

Langkah awal itu adalah menangkap peluang yang ada dan melakukan pemetaan dengan baik. Dengan melakukan identifikasi terhadap peluang bisnis yang ada akan memudahkan kita memulai dan menjalankannya.

Identifikasi atau pemetaan terhadap peluang usaha menjadi suatu bekal dalam memulai bisnis. Utamanya untuk pengusaha pemula agar tidak mengalami hambatan atau masalah dalam memulai dan menjalankan usahanya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Potensial Agar Bisa Mendatangkan Laba

Cara Identifikasi Peluang Usaha

Melakukan pemetaan dan analisis terhadap peluang yang ada akan membuat Anda paham tentang target market yang akan Anda sasar. Anda juga akan memiliki arah untuk memulai usaha yang akan Anda bangun.

Hanya saja yang menjadi masalah, tak banyak orang yang tahu tips trik untuk mengidentifikasi peluang usaha. Penasaran? Yuk langsung saja simak informasi tips triknya berikut ini.

Melakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan suatu kegiatan menganalisa sebelum memulai usaha. Tahap ini penting untuk mengenal kekuatan suatu produk, kelemahan, peluang dan hambatannya apa saja yang nanti berpotensi akan kita hadapi ketika usaha akan berjalan.

Analisis ini berguna untuk membantu dalam melihat apa saja potensi yang dapat kita kembangkan dalam sebuah usaha yang kita jalankan. Apa saja kelemahannya yang harus kita perbaiki.

Begitu juga dengan hambatannya apa saja yang mungkin akan muncul. Sehingga semua hal ini bisa kita antisipasi untuk memastikan usaha dapat bertahan lama.

Menentukan Target Market

Menentukan target pasar menjadi hal wajib yang harus Anda perhatikan ketika melakukan identifikasi peluang usaha. Terlebih setiap bisnis biasanya memiliki target pasar yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Ada yang target pasarnya mengarah pada semua kalangan. Ada juga yang terbagi ke dalam beberapa kategori segmentasi pasar seperti genre, usia, dan sebagainya.

Ketika segmentasi pasar sudah Anda tentukan maka konten promosi dan pemasaran yang sesuai bisa Anda buat. Begitu juga cara pengembangan yang bisa Anda lakukan dapat Anda telaah dengan mudah.

Baca Juga: Peluang Usaha Pinggir Jalan dengan Modal Kecil Untung Besar

Melakukan Inovasi untuk Mengantisipasi Ancaman

Bisnis apapun pasti akan menghadapi ancaman. Baik itu ancaman yang berasal dari dalam atau dari luar perusahaan itu sendiri. Memetakan ancaman juga bagian dari identifikasi peluang usaha.

Oleh sebab itu melakukan inovasi untuk memperbaiki, memperbarui dan memecahkan masalah terhadap produk atau perusahaan menjadi hal yang sangat penting.

Dengan inovasi, pelanggan tidak akan bosan dengan apa yang Anda sajikan. Inovasi juga bisa membuat usaha Anda mampu bertahan dalam segala situasi dan bahkan kondisi yang paling buruk sekalipun.

Perhitungan Anggaran

Akan banyak proses yang terjadi dalam suatu bisnis. Mulai dari biaya cetak kemasan, biaya produksi, biaya promosi dan sebagainya. Oleh sebab itu, hal ini menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda tahu dan pahami.

Tanpa melakukan perhitungan anggaran, tentu saja Anda akan kurang persiapan. Karena bisa jadi akan banyak dana yang kurang pada berbagai bidang manajemen usaha Anda.

Sebaliknya, dengan perhitungan anggaran maka Anda sudah bisa mempersiapkan dana atau modal yang cukup untuk segala macam kebutuhan. Termasuk kebutuhan manajemen usaha Anda mulai dari dana untuk bahan baku, produksi, sampai produk jadi.

Promosi

Promosi menjadi bagian penting yang harus Anda konsep dengan sangat matang. Ini juga merupakan bagian dari proses identifikasi peluang usaha yang harus Anda lakukan.

Pastikan Anda mengupayakan agar setiap kegiatan promosi yang Anda lakukan selalu terencana sebaik mungkin. Sehingga biaya pemasaran yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia.

Jangan sampai promosi yang Anda lakukan tidak terkonsep secara matang.  sehingga bisa menjadikan hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Sejatinya, setiap pengusaha harus tahu bahwa promosi dilakukan untuk tujuan akhir mendapatkan peningkatan terhadap angka penjualan.

Itulah berbagai tips trik yang perlu Anda lakukan dalam proses identifikasi peluang usaha. Sebelum menjalankan usaha, pemetaan dan analisa yang matang wajib Anda lakukan. Sehingga persiapan bisa Anda jalankan secara matang untuk keberlangsungan usaha. (R10/HR Online)

Editor: Jujang