Intensitas Hujan Meningkat, BPBD Ingatkan Potensi Bencana di Ciamis

Potensi Bencana di Ciamis
Kepala BPBD Ciamis Drs Dadang Darmawan. Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis mengingatkan masyarakat akan potensi bencana alam, setelah intensitas hujan di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat meningkat beberapa hari ini.

“Musim penghujan mulai terjadi, sehingga waspada terhadap terjadinya bencana perlu warga tingkatkan. Terlebih di lokasi yang sering terjadi tanah longsor maupun banjir,” ungkap Drs. Dadang Darmawan, Kepala BPBD ketika ditemui HR online, Selasa, (3/8/2021).

Kata dia, dengan turunnya hujan yang merata di wilayah Kabupaten Ciamis, potensi terjadinya bencana tanah longsor maupun banjir meningkat, maka dari itu seluruh warga diharapkan selalu waspada.

Potensi Bencana di Ciamis Meningkat, Camat Diimbau Waspada

Tidak hanya itu, lanjutnya, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh camat di 27 kecamatan untuk selalu waspada. Sebab bencana di wilayah Ciamis ketika hujan turun sudah sering terjadi. Sehingga bagi daerah yang sering ada bencana kewaspadaan perlu ditingkatkan.

“Hujan turun, maka Ciamis sangat rawan bencana alam terutama tanah longsor dan juga banjir. Bahkan warga yang rumahnya ada di lokasi bencana untuk segera mungkin menghindar apabila terjadi hujan,” jelasnya.

Sebab, menurut Dadang, tidak sedikit lokasi bencana yang terjadi ketika hujan turun, sehingga dengan meningkatkan kewaspadaan secara tidak langsung warga bisa menghindari bencana itu sendiri. Meskipun, lanjut Dadang, tidak ada yang tahu kapan dan seperti apa bencana itu terjadi.

“Banyak sekali lokasi banjir dan tanah longsor yang harus warga hindari ketika terjadi hujan, daripada melawan bahaya lebih baik segera menghindar untuk menyelamatkan diri meski tidak terjadi bencana untuk berjaga-jaga,” katanya.

Dadang melanjutkan, biasanya terjadi banjir awalnya ada longsor terlebih dahulu, sehingga air tidak mengalir karena tertutup longsoran. Hal itu terjadi di pinggiran sungai karena saat hujan, volume air pasti bertambah.

Namun meski sekarang hujan turun, pihaknya berharap untuk wilayah kabupaten Ciamis tidak terjadi bencana alam. Akan tetapi tingkat kewaspadaan terhadap bencana alam perlu terus ditingkatkan.

“Dari catatan BPBD Ciamis, dari setiap kejadian bencana alam hampir seluruh kecamatan mengalami kejadian, seperti tanah longsor, banjir, pohon tumbang, angin puting beliung, hal tersebut perlu kita waspadai dari sekarang,” tandasnya. (ES/R7/HR-Online)

Editor: Ndu