Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruIstri Nabi Ayyub, Wanita Sholehah Setia pada Pasangan yang Jadi Teladan

Istri Nabi Ayyub, Wanita Sholehah Setia pada Pasangan yang Jadi Teladan

Istri Nabi Ayyub alaihissalam tentunya menjadi kisah inspirasi untuk semua umat Islam. Pasalnya, ada banyak teladan yang bisa kita contoh dari istri Nabi Ayyub. Siapa yang tidak mengenal Nabi Ayyub AS?

Ayyub alaihissalam adalah sosok nabi yang terkenal dengan kesabaran dan ketabahannya. Allah Subhanahu Wa Ta’ala sudah memberikan banyak cobaan kepada Nabi Ayyub alaihissalam beserta keluarganya, akan tetapi Nabi Ayyub tidak menyerah begitu saja.

Dalam kisahnya, Nabi Ayyub mendapatkan musibah dari Allah yang berupa penyakit selama 18 tahun. Selain itu, seluruh kekayaan yang Nabi Ayyub AS miliki hilang.

baca juga: Bahaya Sifat Hasad Harus Diketahui, Jangan Sampai Menjangkit Anda

Keteladanan Istri Nabi Ayyub Alaihissalam

Tak cukup sampai di situ saja ujian dari Allah subhanahu wa ta’ala. Anak-anak Nabi Ayyub alaihissalam juga meninggal dunia. Ia juga dijauhi oleh semua orang. Akan tetapi, berbeda dengan istrinya.

Rahmah binti Ifrayim bin Yusuf bin Yakub alaihissalam adalah istri Nabi Ayyub. Rahmah adalah seorang wanita yang solehah serta taat kepada suaminya. Ia juga memiliki kesabaran tinggi ketika menghadapi ujian yang sedang menimpa suaminya.

Selama 18 tahun Nabi Ayyub alaihissalam mendapatkan ujian dari Allah. Rahmah tetap sabar hidup bersamanya dan ikut merasakan sakitnya ujian hidup yang Allah berikan kepada mereka.

Maa Syaa Allah, jika kita melihat kehidupan di zaman sekarang ini, mungkin hanya tinggal 1, 2, ataupun 3 wanita yang memiliki sifat seperti istri Nabi Ayyub alaihissalam. Karena faktanya, seorang wanita pasti akan meninggalkan pasangan hidupnya yang mengalami cobaan seperti Nabi Ayyub.

baca juga: Tata Cara Sedekah Subuh Mempermudah Anda dalam Menyalurkannya

Kisah Rahmah binti Ifrayim

Ketika suami Rahmah binti Ibrahim tersebut mendapatkan ujian berupa sakit dari Allah subhanahu wa ta’ala. Seperti penjelasan pada bagian awal, ia tetap sabar bersama suaminya. Akan tetapi, suatu hari Rahmah keluar dari huniannya pergi untuk mengemis makanan dari sanak saudara sekitarnya.

Pada saat itu juga, istri Nabi Ayyub alaihissalam mendapati ada sosok pria. Padahal pria tersebut merupakan jin yang berubah menyerupai seorang manusia.

Jin tersebut berkata kepada Rahmah “Wahai Rahmah di mana suamimu?”

Kemudian Rahmah menjawab “Suamiku sedang menggaruk lukanya”.

Penyakit yang diderita Nabi Ayyub adalah koreng yang mengeluarkan nanah serta belatung. Lalu jin tersebut kembali berkata kepada Rahmah, “Sembelihlah anak kambing ini atas nama ku”.

Lantas, istri Nabi Ayyub alaihissalam bergegas pulang. Sesampainya di rumah, ia memanggil suaminya.

“Wahai Ayyub, akan sampai kapan Allah memberi azab dan tidak memberimu rasa kasih sayang? Ke mana semua hartamu? Di mana hewan ternak mu? Mana anakmu? Kemana sahabat? Ke mana bajumu dan mana tubuhmu yang bagus? Maka sembelihlah kambing ini dan hilanglah penderitaanmu”.

baca juga: Doa dan Tata Cara Mandi Junub yang Benar Sesuai Kaidah Islam

Tanggapan Nabi Ayyub

Mendapati istrinya yang berkata demikian, kemudian Nabi Ayyub menjawab “Sesungguhnya kamu sudah didatangi oleh musuh Allah yang membisikan untuk berbuat jahat. Wahai Rahmah kamu juga sudah menurutinya. Lalu bagaimana dengan pendapatmu Siapa yang sudah memberikan semua nikmat yang berupa anak kesehatan, harta yang sudah kamu tangisi?”

Tanpa ragu, istri Nabi Ayyub alaihissalam menjawab “Allah Subhanahu Wa Ta’ala”.

Selanjutnya, suami Rahmah kembali bertanya, “Sudah berapa lama Allah memberikan kita semua kenikmatan ini?”

Rahmah, kemudian menjawab “Sudah 80 tahun”.

“Lalu, sudah berapa lama Allah memberikan ujian ini?”

Istri Nabi Ayyub alaihissalam kemudian menjawab “Sejak 7 tahun yang lalu”.

Nabi Ayyub alaihissalam kemudian kembali berkata, “Celakalah engkau wahai Rahmah! Engkau sudah bersikap tidak adil kepada Allah Tuhanmu. Dalam menghadapi ujian yang menimpa ini? Seperti ketika kita hidup dalam kesejahteraan.

Demi Allah! Bila nanti aku sembuh, akanku cambuk engkau sebanyak 100 cambukan. Lalu juga sudah memberi perintah kepadaku untuk menyembelih anak kambing dengan nama selain Allah Subhanahu Wa Ta’ala”.

Mengusir Istrinya

Setelah kejadian itu, kemudian Nabi Ayyub alaihissalam mengusir istrinya. Bahkan ia juga mengatakan makanan yang ia bawa tidak akan ia makan dan ia juga tidak mau melihat lagi wajah istrinya.

Teladan Rahmah binti Ifrayim

Setelah Rahmah diusir dari Nabi Ayyub alaihissalam, kemudian Nabi Ayyub alaihissalam berdoa kepada Allah. Dalam doa tersebut Nabi Ayyub alaihissalam memohon kepada Allah untuk menyembuhkan penyakit yang sedang menimpanya. Allah Tuhan yang maha penyayang (QS. Al-Anbiya ayat 83).

Bagaimana dalam Islam mengajarkan bahwa Allah itu mendengar semua doa dari hambanya. Allah akan mengabulkan doa apapun. Meskipun tidak tepat pada saat itu juga, tapi pasti Allah akan mengabulkannya.

Seperti halnya setelah Nabi Ayyub berdoa kepada Allah. Allah menjawab doa Nabi Ayyub atas kesabaran dalam menghadapi ujian yang menimpanya.

Allah memerintahkan kepada Nabi Ayyub untuk menggali tanah menggunakan kaki. Setelah istri dari Rahmah menggali dengan kaki, maka memancarlah air yang sumbernya dari dalam tanah.

Setelah itu, Nabi Ayyub alaihissalam mandi. Betapa dahsyatnya air tersebut, membuat penyakit yang diderita Nabi Ayyub terangkat bersih dan hilang tanpa bekas sedikitpun. Maa Syaa Allah.

Sebagaimana penjelasan pada bagian awal bahwa Rahmah binti Ibrahim merupakan salah satu sosok wanita yang sangat solehah. Ada banyak kisah yang bisa kita jadikan teladan dari istri Nabi Ayyub alaihissalam tersebut.

Salah satunya adalah begitu sejati kepada sang suami. Bagaimana tidak? Keadaan Nabi Ayyub sedang mendapat ujian dari Allah yang berupa penyakit mengerikan dan menjijikkan, Rahmah bersedia mendampingi Nabi Ayyub alaihissalam.

Kesetiaan istri Nabi Ayyub alaihissalam tersebut juga bisa kita lihat kisahnya yang tak hanya diuji dengan penyakit saja. Akan tetapi, juga harta dan hewan ternak yang mereka miliki sudah tidak ada lagi. Bahkan anak-anak kandung mereka juga sudah meninggal dunia.

Kerja Keras dan Terus Berdoa

Selain memiliki cinta yang sejati kepada suaminya, istri Nabi Ayyub alaihissalam juga tak hanya diam saja. Saat Nabi Ayyub mendapatkan ujian dari Allah, Rahmah juga membantu untuk menguatkan nabi utusan Allah tersebut.

Ia berusaha keras untuk menghidupi dirinya sendiri dan suaminya. Padahal tak ada sedikitpun harta yang mereka miliki. Rahmah juga terus berdoa kepada Allah agar suaminya diberi kesembuhan.

Karena kesabaran dan doa-doanya dalam menghadapi ujian dari Allah, maka semua harta Allah kembalikan. Penyakit Nabi Ayyub juga Allah sembuhkan tanpa bekas.

Namun, karena Rahma sudah tergoda dengan godaan setan. Seperti penjelasan dari Nabi Ayyub alaihissalam bahwa ia akan mencambuk istrinya sebanyak 100 kali.

Mengenai hal itu, Allah berfirman hendaknya Nabi Ayyub menggunakan 100 ranting dan memukulkan kepada Rahmah sebanyak 1 kali.

Wahai para wanita muslimah akhir zaman, jadikan kisah istri Nabi Ayyub alaihissalam menjadi teladan yang baik untuk kita semua. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -