Meski Pandemi Melanda, Jabar Tetap Komitmen Selamatkan Citarum

Jabar Tetap Komitmen Selamatkan Citarum
Salah satu DAS Citarum di Jawa Barat. Foto:Istimewa

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),-  Pemprov Jabar dalam hal ini Satgas PPK DAS Citarum mendapat apresiasi dari pemerintah pusat lantaran tetap komitmen melakukan penyelamatan sungai Citarum.

Meski anggaran terbatas lantaran pandemi Covid-19, namun kegiatan pelestarian sungai Citarum tetap berjalan.

Rofi Alhanif Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah pada Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi menyebut, mengaku puas lantaran Satgas bisa menyelesaikan revisi rencana aksi (renaksi) Citarum.

Pergub nomor 28 tahun 2019 soal Rencana Aksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum selesai diperbarui dengan Peraturan Gubernur nomor 37 tahun 2021.

“Revisi rencana aksi Citarum ini bukti kita menerapkan manajemen respon,” ujar Rofi Kamis (26/8/2021) saat sosialisasi Peraturan Gubernur nomor 37 tahun 2021 dari Command Center Citarum Harum.

Baca Juga: Emil Sebut, Tak Ada Lagi Daerah Zona Merah di Jabar

Ia mengakui, jika pandemi ini jelas mengganggu cetak biru program Citarum Harum sampai tahun 2025.

“Dengan adanya renaksi ini kita memiliki kekuatan yang mengikat untuk jadi rujukan kegiatan, baik bersama kementerian, pemerintah daerah dan lembaga lain,” jelasnya.

Lanjutnya, penanganan DAS Citarum ini tidak hanya soal sungai dan badan ai, namun cakupannya luas.

Pengalaman 3 tahun kemarin, penanganan DAS Citarum harus komprehensif, tidak bisa tertangani  sendiri dan parsial.

“Persoalan Citarum harus kita tangani bersama,” katanya.

Sementara itu Taufiq Budi Susanto Asda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov membenarkan jika pandemi Covid-19 telah mengubah peta jalan penyelamatan Citarum.

“Berbagai program kegiatan telah kita tetapkan terpaksa kita ubah tapi tetap dengan komitmen yang sama,” ujar Taufik. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang