Jenis Genteng Metal yang Wajib Anda Ketahui dan Kelebihannya

Jenis Genteng Metal
Jenis Genteng Metal:IST/NET

Jenis genteng metal atau atap logam sering digunakan untuk bangunan industri, komersial, dan perumahan. Atap ini merupakan bagian penting suatu pembangunan rumah. Selain itu, juga mendukung tampilan rumah menjadi sempurna dan melindungi penghuninya dari perubahan cuaca. 

Genteng metal ini merupakan salah satu jenis atap yang juga digemari masyarakat Indonesia. Genteng ini merupakan sebuah produk genteng modern yang dapat dijadikan alternatif pengganti genteng lainnya. 

Beberapa Jenis Genteng Metal yang Populer

Genteng ini hampir sama dengan jenis genteng pada umumnya. Hanya saja, material pembuatannya berbeda. Genteng ini terbuat dari pencampuran logam, baik baja ringan, zincalume, dan galvanis. Tentu saja pembuatannya dengan perbandingan tertentu. 

Umumnya genteng ini hadir dalam bentuk lembaran dengan panjang dan ketebalan tertentu, jenisnya juga bermacam-macam. Untuk mengetahui jenisnya, simak penjelasan berikut. 

Genteng Metal Stainless Steel

Jenis genteng metal ini merupakan genteng dengan bahan ultra permanen. Biasanya dapat berfungsi sebagai pengaman paling luar pada sebuah bangunan rumah.

Baca Juga : Jenis Atap Rumah Multiroof Untuk Mempercantik Tampilan Rumah

Ciri khasnya adalah memiliki bobot yang lebih berat serta kuat. Umumnya genteng jenis ini sangat cocok ditempatkan pada bangunan yang berada di lokasi ekstrim. 

Genteng Metal Spandek

Sedangkan jenis lainnya adalah genteng metal spandek. Jenis ini terbuat dari bahan galvalum atau disebut dengan zincalume yang terdiri dari unsur campuran aluminium dan seng. Genteng jenis ini biasanya terpasang pada bangunan ruko yang memiliki konsep desain lebih minimalis. 

Biasanya bahan-bahan yang terpakai adalah bahan berkualitas. Dengan kualitas tersebut, maka genteng ini bisa pemakaian untuk jangka panjang. 

Metal Standing Steam

Selanjutnya jenis genteng metal standing steam yang memiliki tampilan lebih modern dan elegan. Terutama dengan corak yang cenderung lurus dengan lapisan permukaan warna metalik sangat mengkilap.

Sehingga ketika diaplikasikan, akan mempengaruhi tampilan rumah secara signifikan. Selain itu, juga menggunakan sistem interlock, rangka genteng menyatu secara langsung dengan genteng. 

Baca Juga : Referensi Atap Rumah Bernilai Estetika Tinggi dan Fungsional

Metal Berpasir

Pada jenis ini memang sedikit berbeda. Termasuk ke dalam terobosan baru yang terbuat dari lapisan serbuk bantuan dengan pencampuran zincalume, coraltex, dan zinc phospat.

Biasanya pembuatan jenis genteng metal ini memiliki ketebalan mulai dari 0.20 sampai 0,40 mm. Sedangkan sifat dari jenis ini adalah tahan benturan, tidak mudah pecah, dan anti goresan. Bahkan jenis ini memiliki peredam panas yang sangat baik. 

Metal Multiroof

Untuk metal multiroof ini terbuat dari bahan baja yang berlapis aluminium dan zinc. Lapisan ini melindungi genteng dari karat sehingga lebih berumur panjang. Hal yang perlu Anda ketahui, jenis ini lebih tahan lumut atau jamur dan tahan terhadap benturan. 

Selain itu, jenis ini lebih tahan terhadap perubahan warna di berbagai cuaca. Otomatis memilikinya tidak membutuhkan pemeliharaan dan lebih hemat konstruksi. Bahkan dapat mereduksi suara gangguan hujan sehingga lebih tenang. 

Baca Juga : Model Rumah Atap Spandek Lebih Awet dan Tahan Lama

Metal Tembaga

Salah satu jenis genteng metal yang cukup terkenal adalah metal tembaga. Genteng ini memiliki rentang harga yang mahal daripada jenis lainnya.

Namun genteng ini penggunaannya tidak banyak sebagai atap karena justru berfungsi sebagai aksen penghias bagian atas jendela. 

Genteng ini lebih berfungsi pada gereja, kubah, dan bangunan bersejarah. Karena kelebihannya yang begitu kuat dan bisa bertahan hingga 100 tahun. 

Metal Millenium

Genteng millenium ini memiliki kandungan pasir pada lapisan pembuatannya. Daya tahannya begitu kuat dan mampu menyerap hawa panas.

Jenis genteng metal ini visualnya juga sangat futuristik dan minimalis. Maka dari itu, genteng ini biasa terpasang pada rumah dengan kesan minimalis. Warna metalik, berbahan stainless steel kelas premium ASTM A240, dan interlock system. 

Metal Galvalum Steel

Genteng ini memiliki bahan utama karbon atau baja besi yang berlapis paduan aluminium serta seng dengan nama galvalum steel.

Genteng ini sering berguna untuk bangunan perkotaan. Lembarannya lebih mirip dengan seng dan penanamannya pada balok gording rangka. 

Semua jenis genteng metal ini memiliki kelebihan berupa daya tahan tinggi dan lebih awet. Selain itu, juga memberikan keuntungan energi. Apalagi ketahanan genteng ini lebih baik terhadap angin secara maksimum. Begitu juga dengan efisiensi energi dengan menjaga rumah menjadi lebih terasa dingin. (R10/HR-Online)

Editor : Eva