Jenis Hewan Amfibi Memiliki Kemampuan Hidup di Dua Alam

Jenis Hewan Amfibi Memiliki Kemampuan Hidup di Dua Alam
Ilustrasi Jenis Hewan Amfibi. Foto: Ist/Net

Jenis hewan amfibi yang dapat hidup di dua alam. Hewan amfibi termasuk hewan yang unik.  Dengan memiliki kemampuan untuk hidup di dua alam. Keunikannya juga dapat Anda temukan pada berbagai ciri khasnya.

Melansir Wikipedia, amfibi atau amfibia (amphibia), termasuk dalam definisi hewan bertulang belakang atau vertebrata. Hewan tersebut dapat beradaptasi untuk hidup air dan darat. Perkembangan metamorfosis hewan yang sempurna. 

Inilah Beberapa Jenis Hewan Amfibi

Hewan amfibi yang ada hingga kini tentunya berbagai macam. Untuk itu ketahui beberapa jenis hewan yang dapat hidup di dua alam berikut ini.

Kodok (Buso sp)

Kodok dalam bahasa latin Buso sp termasuk salah satu hewan yang mudah Anda temukan. Jenis kodok yang memiliki kuku dan selaput pada bagian kakinya. Bagian tersebut yang akan digunakan kodok untuk berenang.

Apabila kodok sedang hidup dalam air. Sedangkan kaki kodok yang panjang membantunya untuk melompat pada jarak yang jauh.

Katak Sawah (Rana sp)

Katak sawah memiliki bahasa latinnya Rana sp. Jenis katak ini salah satu hewan amfibi yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil. Apabila membandingkan tubuhnya dengan kodok. Seperti namanya, katak ini mudah menemukannya pada area persawahan. Warna dari katak ini tampak mencolok kehijauan.

Baca Juga: Jenis Hewan Vertebrata yang Paling Populer di Dunia

Katak Pohon (Hyla sp)

Katak pohon yang memiliki bahasa latinnya Hyla sp. Jenis katak ini termasuk salah satu amfibi yang ukurannya lebih kecil dari katak sawah. Warnanya yang mencolok dan terdapat lendir beracun.

Sesilia/Apoda (Caecilia sp)

Sesilia atau Apoda termasuk salah satu amfibi yang cukup langka. Hewan ini umumnya bertempat tinggal pada tempat yang lembab. Tubuhnya yang tampak menyerupai ular, namun bertubuh kecil. Lebih tepatnya seperti cacing tanah.

Olm (Proteus anguinus)

Olm yang memiliki bahasa latinnya Proteus anguinus. Salah satu jenis hewan amfibi ini yang asalnya dari Eropa Selatan. Lebih tepatnya di negara Italia hingga Kroasia. Hewan unik ini dapat Anda temukan pada wilayah tanah berkapur. Biasanya memiliki merah muda seperti halnya kulit manusia.

Salamander (Salamander sp)

Salamander dalam bahasa latinnya yaitu Salamander sp. Sebagai salah satu hewan amfibi yang berbentuk tampak seperti cicak atau tokek. Memiliki habitat aslinya sekitar daerah rawa.

Axoloti (Ambystoma mexicanum)

Amfibi lainnya yaitu axolotl, meskipun amfibi biasanya hidup di dua alam. Namun amfibi ini lebih menikmati hidupnya di air daripada di tanah. Jenis hewan amfibi ini memiliki penyebutan dengan Salamander Meksiko. Axoloti ini memiliki tubuh imut dengan warna putih.

Baca Juga: Contoh Kingdom Animalia dan Klasifikas dalam Kerajaan Makhluk Hidup

Common Mudpuppy (Necturus maculosus)

Common Mudpuppy sebagai salah satu hewan amfibi. Hewan ini yang asalnya dari bagian timur laut Amerika Serikat.  Amfibi asal benua Amerika ini biasanya tinggal pada tempat yang lembab. Dengan kedalaman air 90 kaki untuk dapat bersembunyi.

Bahkan hewan ini memiliki umur cukup panjang, sekitar 20 tahun. Makanan utama dari amfibi ini seperti serangga, ikan, dan telur ikan.

Neuse River Waterdog (Necturuslevis)

Hewan satu ini termasuk jenis amfibi yang asalnya dari dua sungai California Utara Amerika Serikat. Dalam bahasa Indonesia hewan ini memiliki arti anjing air. Neuse River Waterdog pejantan memiliki ukuran tubuhnya yang lebih besar.

Apabila membandingkannya dengan betina. Anjing air menyukai tempat tinggal pada wilayah air. Dengan tanah liat atau kasar yang tertutup dedaunan. Hal itu sebagai tempat untuk berlindung dan mencari makan.

Suriname Horned Frog (Ceratophrys Cornuta)

Suriname Horned Frog termasuk amfibi yang asalnya dari negara Afrika wilayah Suriname.  Cara reproduksinya tidak dalam alam liar. Namun dalam penangkaran untuk menjaganya tetap lestari. Menurut penelitian, jenis katak ini juga memangsa katak bertanduk lainnya.

Purple Frog (Nasikabatrachus sahyadrensis)

Purple frog termasuk amfibi dalam jenis katak yang asalnya dari India. Katak satu ini juga memiliki keunikan sendiri.  Katak ini memiliki suaranya yang berbeda dengan katak lainnya. Tentunya keunikan Purple Frog ini yang memiliki suaranya seperti ayam.

Anda dapat mengetahui beberapa jenis hewan amfibi. Amfibi merupakan hewan yang dapat hidup dengan dua alam. Hewan tersebut dapat beradaptasi untuk hidup air dan darat. (R10/HR Online)

Editor: Jujang