Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya, Kenali Ciri-cirinya!

Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya, Kenali Ciri-cirinya!

Jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui, termasuk ciri-cirinya. Sehingga, ketika kamu mengalami masalah tersebut bisa segera mengatasinya dengan cara yang tepat.

Merangkum dari berbagai sumber, ada 6 jenis masalah pada kulit yang bernama jerawat. Masalah tersebut paling umum terjadi yang dialami banyak orang.

Namun, masih banyak pula orang yang tidak mengetahui kalau ternyata ada 6 jenis jerawat dan masing-masing memiliki cara penanganan berbeda-beda.

Apa saja 6 jenis jerawat itu, dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Langsung simak saja ulasan berikut ini!

Kenali Jenis-jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Papula

Baca Juga : Jenis Bedak Wardah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat Terbaik

Papula merupakan benjolan merah dan memiliki ukuran kecil. Benjolan ini terbentuk saat sel kulit yang mati atau minyak menyumbat pori-pori. Kemudian bercampur dengan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit.

Bakteri ini menciptakan lesi terinflamasi, tapi papula tidak bernanah. Untuk membantu mengatasinya bisa menggunakan skincare over the counter yang memiliki kandungan benzoyl peroxide. Cara ini masih terbilang cukup efektif.

Namun, jika ingin mendapatkan pengobatan lebih efektif, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter kulit.

Pustula

Jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya yang penting untuk kamu ketahui, salah satunya jenis jerawat pustula. Jerawat ini berupa benjolan kecil dan pada bagian tengahnya terdapat bintik putih. Bagian kulitnya juga memerah yang terinflamasi pada area sekitarnya.

Adapun perbedaannya dengan jenis jerawat papula yaitu jerawat pustula terdapat cairan putih kekuning-kuningan atau nanah.

Baca Juga : Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok

Kamu jangan mencoba memencet jerawat jenis pustula lantaran bakteri yang berasal dari nanah dapat menyebar, lalu menyebabkan munculnya jerawat baru. Untuk penanganan jerawat pustula ini sama seperti penanganan papula.

Whiteheads

Whiteheads termasuk dalam jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya pun berbeda dengan jerawat jenis lainnya.

Jerawat whiteheads atau closed comedones muncul saat pori-pori pada kulit wajah tersumbat hingga ke bagian luar. Lalu muncul benjolan berwarna putih berukuran kecil pada bagian kulit wajah.

Kamu jangan mencoba-coba memencetnya sendiri, karena nantinya bisa meninggalkan luka pada kulit. Rekomendasinya, gunakan produk skincare over the counter yang memiliki kandungan salicylic acid, sulfur atau benzoyl peroxide. Cara ini dapat membantu mengatasi munculnya whiteheads.

Blackheads

Jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya yang berikutnya yaitu jerawat jenis whiteheads. Berbeda dengan whiteheads, tonjolan blackheads terlihat hitam pada bagian permukaan kulit.

Selain itu, Blackheads juga dikenal sebagai open comedones lantaran pada ujung pori-porinya tetap terbuka, walaupun bagian dalamnya tersumbat.

Baca Juga : Jenis Bruntusan dan Cara Mengatasinya yang Wajib Kamu Ketahui!

Cara mengatasinya, jangan gunakan pore strip ketika kamu ingin mengangkat jerawat blackheads. Sebab dapat merusak lapisan bagian atas kulit.

Untuk penanganan jerawat jenis blackheads ini kamu bisa melakukannya seperti halnya penanganan jerawat whiteheads.

Nodul

Nodul juga menjadi salah satu jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya yang dapat kamu lakukan dengan tepat. Jerawat jenis ini berupa benjolan berwarna merah atau ada juga yang merah tua. Letaknya berada dalam lapisan kulit.

Selain itu, jerawat nodul juga biasanya disebabkan oleh bakteri yang menimbulkan infeksi dalam pori-pori.

Produk dari over the counter sebetulnya tidak efektif untuk mengatasi jerawat nodul, sebab produk-produk tersebut bekerja pada lapisan permukaan kulit saja.

Dokter kulit dapat membantu mengatasi masalah jerawat jenis nodul ini dengan memberikan resep obat atau melalui prosedur seperti peeling atau laser.

Cystic Acne

Jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan untuk cystic acne, yaitu jenis jerawat paling parah. Cystic acne merupakan hasil infeksi pada bagian kulit lapisan dalam.

Ciri-ciri jerawat jenis cystic acne ini berukuran besar, berwarna merah, terinflamasi, berisi nanah, dan terasa sakit.

Untuk mengatasi jerawat ini paling sulit. Namun, dokter kulit dapat membantu mengatasinya dengan prosedur seperti halnya penyuntikan, atau jenis obat-obatan khusus.

Itulah ulasan mengenai 6 jenis jerawat yang pastinya terasa mengganggu penampilan kamu, berikut dengan cara mengatasinya. (R3/HR-Online)

- Advertisment -