Kamera Laptop Tidak Berfungsi, Ini Cara Mengatasinya

Kamera Laptop Tidak Berfungsi
Ilustrasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi. Foto : Net/Ist

Kamera laptop yang tidak berfungsi tentu akan bikin panik. Terlebih saat ini yang masih dalam pandemi Covid-19, banyak sekali agenda yang mengharuskan untuk rapat atau kegiatan lainnya secara virtual.

Sehingga, apa jadinya ketika kamera laptop yang begitu penting saat ini, mendadak error bahkan tidak bisa Anda gunakan. Rasa bingung tentu pasti ada, bahwa jika mendadak mengalami hal seperti itu akan bikin panik.

Belum lagi, rapat atau kegiatan lainnya seperti belajar yang begitu sangat penting akan menjadi terganggu.

Solusi Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Kebanyakan saat ini, laptop sudah built-in dengan web Camera atau Webcam atau nama lain dari kamera.

Kamera yang terpasang pada laptop ini sering pengguna gunakan untuk broadcast video. Namun saat ini, webcam tersebut sering dipakai untuk rapat secara daring atau zoom meeting.

Lantas apakah kamera laptop tersebut bisa bermasalah meski jarang digunakan? Tentunya webcam sama dengan komponen lainnya yang ada pada laptop, yang sama juga akan mengalami masalah.

Baca Juga : Aplikasi Kamera Webcam untuk Laptop Terbaik, Hasil Jernih

Namun, letak permasalahan tersebut ada yang berbeda. Ada yang dari software atau perangkat lunak sampai permasalah hardware atau dari fisik kamera itu sendiri.

Lalu, apa solusinya untuk mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi? Berikut tips yang akan HR Online bagikan.

Pastikan Webcam Aktif

Sebelum melangkah lebih jauh, langkah pertama yang paling mudah adalah memastikan apakah kamera laptop Anda sudah aktif.

Sebagai informasi, bahwa untuk mengaktifkan atau mematikan webcam tersebut, ada tombol khusus yang terdapat pada keyboard laptop, atau nama lainnya Hot Key.

Jadi solusi pertama untuk mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi, adalah Anda harus memastikan terlebih dulu apakah webcam aktif atau tidak.

Karena bisa saja Anda secara tidak sengaja menekan Hot Key atau tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan kamera pada laptop.

Sedangkan langkah guna mengaktifkan kembali kamera tersebut, Anda hanya menekan tombol “Fn +” pada laptop. 

Setelah itu, cek “Settings” kemudian “Privacy” lalu “Camera” dan terakhir “Camera access for this device”. Pastikan bahwa kamera laptop sudah on atau aktif.

Instal Ulang Driver Kamera

Solusi selanjutnya jika kamera laptop masih tidak berfungsi adalah dengan menginstal ulang driver-nya.

Sama halnya seperti VGA eksternal atau hardware lainnya, webcam juga memiliki driver khusus sesuai dengan tipenya.

Baca Juga : Membuat HP Jadi Webcam Kualitas Terbaik, Berikut Metode Praktisnya!

Sementara untuk drivernya sendiri, ada yang sudah bisa langsung kompetibel dengan sistem operasi Windows, ada juga yang harus mencarinya.

Salah satu tanda driver belum terinstal adalah pada “Device Manager” tidak terdapat webcam, atau jika adapun akan ada tanda seru, yang berarti driver tersebut tidak cocok.

Agar kamera laptop bisa berkembali berfungsi, maka Anda harus mencari driver terbaru dari webcam tersebut.

Sementara untuk mencari driver jika Anda tidak punya baku atau software-nya, maka bisa mencari di Google yang sesuai dengan tipe dan serinya.

Update Driver Webcam

Driver yang belum update bisa saja mengakibatkan kamera laptop tidak bisa berfungsi. Pasalnya, ada beberapa merek kamera laptop yang sering melakukan update driver-nya.

Sementara cara untuk mengetahui perangkat tersebut sudah kompetibel dengan Windows atau belum adalah dengan mengecek lewat website resmi.

Sedangkan untuk meng-update driver tersebut bisa lewat Device Manager. Setelah melakukan proses update, langkah selanjutnya adalah merestart laptop.

Update atau Instal Ulang Windows

Cara selanjutnya untuk mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi yaitu dengan meng-update Windows. Langkah ini adalah untuk memperbarui patch paling baru dari versi Windows laptop.

Sehingga, jika patch keamanan sudah diperbarui, maka kemungkinan besar bisa kompabilitas hardware dengan software.

Jangan lupa untuk merestart laptop jika sudah memperbarui Windows terbaru.

Akan tetapi, jika sudah update sistem Windows kamera laptop masih tidak berfungsi, maka langkah selanjutnya adalah menginstal ulang Windows tersebut.

Bisa saja file sistem perangkat webcam pada laptop Anda ada yang error atau rusak. Sehingga, kamera laptop menjadi tidak bisa menyala.

Jika laptop Anda mendukung Windows yang lebih tinggi, maka sebaiknya instal ulang ke tingkat lebih tinggi. Sebab, makin tinggi Windows maka driver-nya juga akan lebih komplet.

Ganti Hardware Webcam

Akan tetapi jika Anda sudah melakukan update driver, menginstal ulang Windows namun kamera laptop masih belum juga berfungsi, maka kemungkinan bisa jadi hardware atau fisik dari kamera sudah rusak.

Jika memang betul webcam rusak, tidak ada cara lain untuk mengganti dengan yang baru. Tapi kami sarankan saat mengganti kamera laptop, sebaiknya serahkan kepada yang ahli.

Namun, jika Anda tergesa-gesa untuk memakai kamera laptop tersebut, maka alternatif lainnya adalah dengan memakai webcam eksternal.

Penggunaan dari kamera laptop eksternal ini tidak sulit dan tidak ribet. Anda cukup memasangnya, karena sudah plug and play atau tidak perlu menginstal driver kamera tersebut.

Semoga dari cara-cara di atas bisa mengatasi permasalahan kamera laptop yang tidak berfungsi. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto